Sunday, January 28, 2018

3 Cara Membuat Furniture Dari Barang Bekas Mudah Dicoba

Memiliki furniture yang lengkap dan memadai tentu saja menjadi impian banyak orang. Hanya saja, banyak orang terkendala memiliki furniture yang lengkap dikarenakan dana kurang. Padahal, furniture rumah tangga tak selalu harus beli yang baru. Anda bisa mengasah sisi kreatifitas dalam diri anda dengan membuat furniture dari barang bekas yang sudah tak terpakai. Cara membuat furniture dari barang bekas ini cukup mudah dilakukan, tak terkecuali untuk pemula.


Selain hemat budget, furniture dari barang bekas masih memiliki beragam keunggulan lainnya. Membuat furniture dari barang bekas juga membantu menyelamatkan lingkungan. Khususnya untuk barang bekas yang sulit mengalami pembusukan, seperti plastik, kaleng, dan lain sebagainya. Untuk anda yang tertarik dengan furniture dari barang bekas, anda simak saja beberapa cara membuat furniture dari barang bekas yang kami bagikan berikut ini.

Cara Membuat Furniture Dari Barang Bekas


Berikut adalah beberapa cara membuat furniture dari barang bekas selengkapnya untuk anda.

1. Sofa


Anda bisa membuat sofa dari ban mobil bekas yang tak terpakai. Caranya, anda baluti semua permukaan ban dengan tali tambang. Setelah itu, anda letakkan kayu tepat di atas bulatan ban tersebut, dan rekatkan menggunakan paku. Selanjutnya, tambahkan bantalan busa empuk yang telah dilapisi dengan kain di atas ban. Namun sebelum cara ini anda praktekkan, pastikan anda menggunakan potongan kayu berbentuk bulat.

2. Sapu


Siapkan 3 botol minuman bekas berukuran 1 liter. Anda pilih 1 botol tersebut. Selanjutnya, buang bagian alas tutup botolnya dengan bantuan cutter. Anda gunting bagian badan botol secara memanjang serta kecil-kecil. Bagian ini digunakan untuk menjadi bagian sapu yang menyentuh lantai. Ambil botol yang belum anda potong.

Kemudian potong buang bagian atas kepala botol serta buang juga bagian dasar botol. Setelah itu, potong secara memanjang serta kecil-kecil bagian badan botol. Satukan botol ini dengan botol yang telah anda gunting sebelumnya. Gunting satu lagi tutup botol dan gunakan sebagai penguat bagian atas sapu ijuk. Langkah terakhir, satukan ketiga botol tersebut menggunakan tongkat.

3. Lemari


Lemari bisa anda buat dengan memanfaatkan koran yang sudah tak dibaca. Caranya, anda gulung koran dengan bentuk memanjang seperti halnya pipa. Supaya bisa lebih kokoh ketika berdiri, anda bisa gunakan beberapa lembar koran untuk dijadikan satu gulungan berbentuk pipa. Setelah terbentuk banyak gulungan, anda lubangi pada bagian atas, tengah, serta bawah setiap gulungan.

Kemudian sambung tiap gulungan dengan kawat atau tali. Anda juga bisa olesi tiap gulungan koran dengan lem agar lebih rekat. Setelah itu, susun gulungan-gulungan koran sampai membentuk sebuah lemari. Langkah terakhir, lapisi permukaan luar lemari menggunakan koran ataupun kertas kado supaya terlihat lebih menarik.


EmoticonEmoticon