Tuesday, February 6, 2018

4 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi Secara Alami Paling Ampuh

Setiap rumah tentu dilengkapi dengan kamar mandi. Kamar mandi ini difungsikan sebagai tempat untuk membersihkan diri (mandi) maupun buang air besar/kecil. Mengingat pentingnya peran kamar mandi, anda harus merawatnya sebaik mungkin secara rutin. Pasalnya, jika kamar mandi jarang dirawat atau dibersihkan, maka akan timbul permasalahan, seperti berkerak. Saat hal ini terjadi, anda harus segera membersihkannya. Hanya saja, cara membersihkan kerak kamar mandi ini cukup sulit dilakukan.


Kerak biasanya timbul di keramik kamar mandi dan celah-celahnya. Ketika kerak baru timbul, kerak di keramik bisa dengan mudah dibersihkan dengan cara menggosokkan spons kasar. Namun untuk kerak yang sudah lama menempel, maka akan lebih sulit dibersihkan. Anda membutuhkan sikat kasar dan cairan pembersih. Hanya saja, cara ini dinilai kurang efektif. Oleh sebab itu, anda simak saja beberapa cara membersihkan kerak kamar mandi berikut ini.

Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi


Berikut ini kami bagikan beberapa cara membersihkan kerak kamar mandi selengkapnya untuk anda.

1. Batu Apung


Caranya, anda gosokkan batu apung pada bagian-bagian yang berkerak. Anda ciptakan warna kuning pada lantai ataupun dinding kamar mandi. Kerak yang membandel dan noda kuning bisa hilang serta menjadikan lantai kamar mandi anda putih dan bersih kembali. Setelah itu, anda bilas dengan air biasa.

2. Garam


Garam juga bisa anda jadikan bahan untuk membersihkan kerak. Caranya, masukkan 3 sendok garam dapur dalam air sekitar dua liter. Panaskan air larutan garam sampai mendidih. Dengan begitu, larutan garam-benar-benar tercampur merata. Siramkan air garam panas pada lantai kamar mandi yang berkerak. Anda sikat lantai kamar mandi bererak hingga bersih. Lalu bilas lantai kamar mandi anda menggunakan air bersih. Siram lagi dengan larutan garam panas.

3. Cuka


Campur cuka dengan air sebanyak satu banding tiga. Masukkan campuran cuka dan air tersebut ke spray. Biarkan selama 30 menit. Lap permukaan kerak dengan kain atau spons lembut. Siram permukaan kerak tersebut dengan desinfektan antai bakteri atau bisa juga menggunakan cairan pemutih pakaian berlabel desinfektan. Semprot juga bagian yang berkerak tersebut dengan larutan cuka tadi. Diamkan selama beberapa saat. Sikat dan bilas sampai bersih.

4. Lemon


Hal pertama yang perlu anda lakukan ialah mengambil jeruk lemon dan membelahnya menjadi dua bagian. Anda gosokkan jeruk lemon tersebut ke bagian keran dan pancuran air yang berkarat. Setelah selesai, anda bisa membilasnya dengan air bersih sampai benar-benar bersih. Perlu untuk anda ketahui, jeruk lemon mempunyai tingkat keasaman tinggi. Keasaman inilah yang mampu menghilangkan noda-noda karat. Dengan menggunakan bahan-bahan alami, anda tentu saja tidak dipusingkan dengan biaya yang membengkak.


EmoticonEmoticon