Friday, February 9, 2018

Desain Kamar Mandi Dibawah Tangga yang Nyaman dan Aman

Rumah minimalis adalah salah satu tipe rumah yang saat ini banyak dipilih. Rumah minimalis ini sangat pas untuk anda yang memiliki lahan tidak terlalu luas. Meski minimalis, rumah bisa dibangun dengan kesan luas dan mewah menggunakan konsep rumah 2 lantai. Dalam membangun rumah minimalis 2 lantai, anda tentu saja membutuhkan tangga. Untuk menampilkan kesan luas, anda harus menata interior sebaik mungkin, salah satunya penempatan kamar mandinya. Ada bisa pilih desain kamar mandi dibawah tangga yang memang menginspirasi banyak orang.


Walaupun didesain dibawah tangga, kamar mandi tetap nyaman dan aman digunakan. Desain kamar mandi ini justru tengah trend saat ini. Selain memaksimalkan interior rumah, desain kamar mandi ini juga kekinian. Mengenai modelnya, saat ini telah banyak model kamar mandi dibawah tangga yang bisa anda jadikan pilihan. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja ide dan trik desain kamar mandi dibawah tangga berikut ini.

Desain Kamar Mandi Dibawah Tangga


Pada umumnya, kamar mandi yang didesain dibawah tangga mempunyai posisi yang tidak sejajar. Hal ini dikarenakan ada bagian yang tinggi dan rendah. Maka dari itu, anda membutuhkan cara dan teknik khusus dalam merancang kamar mandi bawah tangga ini supaya terasa nyaman. Pada bagian kamar mandi yang tidak sejajar tersebut, anda sebenarnya bisa menyiasatinya dengan meletakkan rak penyimpanan peralatan serta berbagai kebutuhan mandi.

Selanjutnya, anda perhatikan langit-langitnya. Anda ukur ketinggian langit-langit di area bawah tangganya. Pastikan anda bisa berdiri tegak di dalamnya. Adapun ketinggian ideal minimalnya sebesar 2,2 meter. Perhatikan pula sirkulasi udaranya. Usahakan terdapat akses udara yang masuk dari luar ke dalam. Dengan begitu, kamar mandi tidak akan lembab dan sesak. Anda juga bisa membuat bukaan berupa lubang angin berkisi-kisi supaya udara bisa masuk namun binatang kecil terhalang.

Trik berikutnya, anda perhatikan sisi pencahayaan. Pencahayaan memang memegang peranan penting, tak terkecuali pada kamar mandi. Pastikan ada penerangan buatan di dalam kamar mandi. Anda bisa membuat jalan masuk cahaya alami, seperti halnya kaca yang terhubung ke luar rumah. Selain itu, pastikan juga instalasi pencahayaan lampu tersebar secara merata ke seluruh ruangan. Anda atur sebaik mungkin supaya tidak terlalu terang. Untuk ukuran kamar mandi yang mungil, anda hanya perlu menggunakan lampu biasa saja.

Mengingat letaknya di bawah tangga, maka tidak semua fungsi kamar mandi bisa terakomodasi. Hal yang paling penting bagi kamar mandi ialah adanya kloset dan wastafel. Selebihnya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dari segi keamanan, pastikan anda mendesain kamar mandi bawah tangga ini dengan kokoh. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi.


EmoticonEmoticon