Thursday, February 22, 2018

Katak Pohon, Katak Terbang Yang Jago Memanjat Pohon.



Katak Terbang, makhluk ciptaan Allah yang sungguh bisa menjadi pertanda akan kebesaranNya. Saya yakin tidak banyak dari kita yang pernah bertemu langsung apalagi menyaksikan katak yang jago terbang ini tengah beraksi. Kata terbang sebeanrnya tidak terbang seperti burung yang bersayap. Dia hanya meluncur dari satu pohon ke pohon lain. Selain bisa terbang, katak ini juga jago memanjat. Karena tentu dia harus memanjat pohon lebih dulu sebelum meluncur pindah dari dahan ke dahan lain atau ke pohon lain.





Katak Pohon  atau Katak Terbang (Rhacophorus pardalis) adalah  satu jenis  yang bisa terbang dan dapat ditemukan di hutan primer dan sekunder di berbagai tempat di Asia Tenggara. Katak ini tergolong cukup besar untuk ukuran katak pohon, ukuran katak jantan dewasa sekitar 50 mm, sedangkan yang betina sepanjang 60-70 mm. Ukuran yang cukup besar, tangan dan kaki yang jari-jarinya yang saling terhubung lewat semacam sirip berwarna merah terang, garis kuning di tubuhnya yang dihiasai titik-titik hitam, membuat katak pohon terbang Kalimantan ini cukup mudah untuk diidentifikasi.

Seperti halnya katak darat yang selalu berusaha menjaga agar kulit tubuhnya tetap lembab, katak pohonpun selalu bersuaha menemukan tempat yang lembab atau memiliki banyak air.  Sirip yang menghubungkan jari-jari di tangan dan kakinya memungkinkannya meluncur dari pohon ke pohon hingga mencapai jarak 15 meter. Selaput di antara jari-jari di tangan dan kakinya mampu menghasilkan daya ungkit selama meluncur.

Sayangnya IUCN (International Union for Conservation of Nature), telah memasukkan  katak dalam kategori “Least Concerned” karena deforestasi telah menyebabkan populasinya cenderung menurun. Katak yang  menghabiskan waktunya di pohon-pohon tinggi, sudah sulit untuk ditemui. Karena itu, beruntunglah kita yang sudah pernah bertemu langsung dengannya, meskipun hanya sekali. 


Kata Bijak Paguntaka
"Jangan seperti katak dalam tempurung!"


EmoticonEmoticon