Thursday, February 8, 2018

Mengobati Gangguan Jiwa Dengan Puisi


Psychopoetry Satu Alternatif Bermanfaat Ganda

Kemajuan zaman sangat berpengaruh juga dengan majunya pemikiran manusia dalam hal kesehatan.  Cara – cara baru bagaimana memelihara kesehatan tubuh terus digali dan diterapkan, bahkan satu metode yang sebelumnya tidak terpikirkan sama sekali.  Kesehatan tubuh yang berkaitan erat dengan jiwa pun tak lepas dari perhatian para praktisi kesehatan. 


Sudah pernah mendengar tentang  psychopoetry?  Psychopoetry adalah satu upaya penyembuhan melalui puisi untuk orang yang mengalamai gangguan jiwa. Proses penyembuhan ini biasanya dibimbing oleh seorang ahli jiwa. Dalam prakteknya kelompok ini tidak menetapkan satu tempat khusus dalam pertemuannya, kadang mereka berkumpul di warung kopi, cafe, taman, perpus atau di rumah salah satu anggota kelompok. Kunci utama dari proses penyembuhan ini memang terletak pada adanya interaksi antar anggota sebagai bentuk kerukunan diantara mereka. 

Di negeri Paman Sam sana, psychopoetry atau poetry therapy ini puisi atau sajak merupakan sarana utama untuk kesehatan jiwa. Soebagio Sastrowardoyo  salah satu penyair Indonesia pernah pernah menyampaikan bahwa  psychopoetry termasuk satu bentuk penyembuhan melalui sebuah seni. Perlu diketahui beberapa terapi penyembuhan yang sudah ada sebelumnya adalah terapi melalui  musik, tari, drama, lukis, dan  fotografi . Meskipun demikian terapi – terapi ini tentu saja bukan merupakan mengganti praktik penyembuhan jiwa oleh para psikiater.   
Ada yang mau mencoba menerapkannya?!

Kata Bijak

Albert Einstein
“Pure mathematics is, in its way, the poetry of logical ideas”.
Matematika murni adalah ide-ide puisi yang logis.
--Albert Einstein;  Ahli fisika dari Jerman dan Amerika Serikat 1879-195--
 


EmoticonEmoticon