Thursday, March 22, 2018

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Efektif dan Baik

Surat lamaran kerja merupakan salah satu syarat yang harus anda penuhi ketika melamar suatu pekerjaan. Surat lamaran kerja ini bisa anda tulis sendiri (manual) dengan tangan ataupun mengetiknya di laptop atau komputer. Hanya saja, untuk anda yang mampu menulis secara rapi dan baik, ada baiknya anda membuat surat lamaran pekerjaan dengan tulisan tangan. Adapun cara membuat surat lamaran pekerjaan itu sendiri cukup mudah dilakukan.


Pada umumnya, surat lamaran pekerjaan yang ditulis dengan tangan mampu memberi kesan tersendiri. Hanya saja, pastikan anda menggunakan bahasa baku dengan ejaan yang tepat. Selain itu, gunakan kata-kata yang mudah dimengerti, singkat, sopan, dan jelas. Disamping itu, pastikan kertas yang anda gunakan bersih dan tidak ada bekas lipatan. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja cara membuat surat lamaran pekerjaan berikut ini.

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan


Dalam membuat surat lamaran pekerjaan, anda harus sertakan tempat dan tanggal penulisan surat. Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan kalimat kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau nama perusahaan yang dituju dan alamat lengkap perusahaan. Berikan juga salam hormat dan kata pengantar atau pembukaan. Dalam kata pengantar ini, anda bisa cantumkan dimana anda memperoleh informasi mengenai lowongan kerja dan sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang ingin anda lamar kerja.

Selanjutnya, anda sertakan biodata pribadi. Cantumkan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau handphone, e-mail, dan pendidikan. Setelah itu, anda sertakan pengalaman kerja dan kemampuan anda. Jika sudah, anda bisa tulis kalimat penutup. Dalam penutup ini, anda tulis keinginan kuat supaya diterima di perusahaan tersebut. Anda juga jangan sampai lupa untuk mengucapkan terima kasih.

Langkah selanjutnya, anda sertakan lampiran berkas tertentu. Adapun lampiran ini bisa anda isi pas foto (foto terbaru), fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir, daftar riwayat hidup, dan fotokopi sertifikat kompetensi (jika punya). Langkah terakhir, anda imbuhkan hormat saya dengan keterangan berupa tanda tangan dan nama lengkap anda. Baik anda menulis dengan tangan ataupun mengetiknya di komputer, hal-hal diatas penting untuk anda perhatikan.

Saat anda ingin membuat surat lamaran pekerjaan ini, pastikan anda mengetahui persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Selain itu, anda juga harus memahami ketentuan yang berlaku. Jangan sampai anda memaksakan diri melamar pekerjaan dengan kualifikasi yang tidak ada pada diri anda. Karena hal ini akan percuma dan membuang-buang waktu saja. Nantinya anda juga perlu mengetahui apakah lamaran pekerjaan ini dipungut biaya atau tidak. Pasalnya, ada beberapa oknum yang tidak bertanggungjawab memungut biaya yang pada dasarnya gratis. Hal ini jelas merugikan diri anda.


EmoticonEmoticon