Tuesday, March 20, 2018

6 Cara Memotivasi Karyawan Agar Semangat Bekerja

Tak bisa dipungkiri bahwa tuntutan kerja membuat karyawan merasa lelah ataupun bosan sehingga kurang bersemangat. Menurunnya tingkat produktivitas karyawan ini tentu saja mempengaruhi usaha yang anda jalankan. Maka dari itu, anda harus lakukan berbagai cara memotivasi karyawan supaya bersemangat kerja lagi.


Cara Memotivasi Karyawan


Untuk anda yang merasa bingung menghadapi karyawan yang kurang semangat kerja, ada baiknya anda simak beberapa cara memotivasi karyawan berikut ini.

1. Memberi Pengakuan


Salah satu cara memotivasi karyawan untuk semangat kerja ialah memberinya pengakuan. Karena sejatinya, pengakuan inilah yang membedakan karyawan dengan mesin. Jika mesin pastinya tidak butuh pengakuan. Dalam hal ini, anda bisa mulai menjalin hubungan baik dengan berbicara face to face ataupun dengan memberikan penghargaan berupa hadiah.

2. Rencanakan Karier Karyawan


Cara lain yang bisa anda lakukan untuk memotivasi karyawan ialah membantu merencakan karier karyawan. Setiap karyawan pastinya ingin naik jabatan sehingga kariernya bisa lebih baik. Mak dari itu, lakukan penilaian kinerja karyawan secara efektif. Anda rencanakan pelatihan yang sesuai untuk peningkatan keterampilan karyawan. Perencanaan karier karyawan ini bisa menjadikan karyawan tidak jenuh dengan posisinya karena suatu saat ia akan naik jabatan jika kinerjanya terus meningkat.

3. Aktivitas di Luar Pekerjaan


Pemimpin atau bos yang membangun kedekatan dengan karyawannya umumnya mempunyai karyawan-karyawan yang lebih setia jika dibandingkan dengan perusahaan. Anda bisa membuat rencana liburan, jadwal berolahraga, atau bersama-sama menjadi sukarelawan dalam kegiatan bakti sosial. Anda lakukan hal-hal menyenangkan bersama karyawan di luar jam kantor.

4. Kegiatan Team Building


Kegiatan team building dapat diadakan di luar waktu bekerja atau selama kerja. Anda bisa menyisihkan waktu untuk melakukan kegiatan ini. Anda bisa adakan permainan game team building yang memancing kreatifitas. Salah satu manfaat permainan game team building ini ialah untuk memperlihatkan karyawan yang berpikir lebih kreatif dan bekerja lebih giat. Selain itu, cara ini mampu meningkatkan kemampuan kerjasama antar karyawan. Salah satu bentuk kegiatan tema building ini ialah outbound.

5. Apresiasi Peningkatan Kinerja


Ada baiknya anda memperhatikan setiap peningkatan kinerja karyawan anda. Anda harus mengapresiasi sekecil apa pun hal positif ataupun peningkatan keterampilan yang sudah diusahakan oleh karyawan. Anda jangan hanya menuntut karyawan untuk meningkatkan keterampilan di bidangnya. Karena akan terasa percuma apabila anda meminta karyawan belajar, akan tetapi tidak ada yang memberi evaluasi akan implementasi dari hal yang sudah dipelajari.

6. Wawasan Literasi Keuangan


Sebagai pemimpin yang baik, anda harus memberikan pengetahuan mengenai cara mengelola keuangan. Karena karyawan akan merasa bahwa perusahaan telah memperhatikan kesejahteraan mereka. Dalam hal ini, anda bisa membuat jadwal waktu khusus.


EmoticonEmoticon