Thursday, March 29, 2018

Olahraga Termurah dan Termudah Yang Paling Sering Kita Hindari

Siapa bilang olahraga itu mahal?
Karena kita semua bisa berolahraga hanya dengan melakukan kegiatan ringan tanpa biaya, jalan kaki!

Tapi kalau olah raga memiliki nilai tinggi memang betul. Bagaimanapun juga olah raga sangat berkaitan dengan kesehatan kita. Tak ada kesehatan yang tak berkaitan dengan olah raga.

Saat ini kita memang dimanjakan oleh banyak hal. Bahkan karena kemudahan bidang transportasi pun menjadikan kita manja dengan menghindari berjalan kaki ketika kita hendak pergi ke suatu tempat meski jarak tak sampai 100 meter. Rasa malas untuk berolahraga juga menjadi faktor lain penyebab hal tersebut terjadi. Padahal, berjalan kaki setidaknya selama 30 menit sehari memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh kita. Jalan kaki adalah olah raga termurah bin paling gampang yang memiliki banyak manfaat. Mau tau?!

1. Kesehatan jantung

Berjalan setiap hari dapat meningkatkan detak jantung kita. Hal ini bisa meningkatkan sirkulasi darah, mengendalikan tekanan darah, menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh, dan meningkatkan kolesterol baik.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Berjalan kaki selama 30 menit dalam satu hari bisa merangsang sistem pencernaan dalam tubuh. Hal ini ternyata sangat membantu untuk pencernaan makanan secara lengkap dan meningkatkan metabolisme kita.

3. Mencegah osteoporosis

Kegiatan jalan kaki bisa membantu memperkuat tulang. Selain itu, berjalan di bawah sinar matahari mendorong tubuh kita memproduksi vitamin D3, yang digunakan untuk penyerapan kalsium secara efektif pada tubuh.

4. Membantu Pembentukan Otot
 Berjalan setiap hari juga bisa membantu mengencangkan otot dan meningkatkan rasio otot-lemak pada tubuh. Berjalan selama 30 menit dapat membuat lengan, paha dan bokong yang kencang tanpa harus berlatih keras di gym.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berjalan setiap hari selama 30 menit juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mendorong tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah putih. Orang yang rutin berjalan kaki diketahui lebih jarang terkena penyakit flu.

6. Dapat Merangsang Otot Pada Otak

Berjalan dapat meningkatkan aktivitas di sel otak kita. Hal ini dapat mencegah hilangnya jaringan otak, yang secara langsung berhubungan dengan hilangnya ingatan dan kepikunan pada usia tua. Berjalan setiap hari diketahui dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit seperti alzheimer.

7. Menjaga Tubuh Tetap Aktif
Berjalan setiap hari selama 30 menit dapat menyingkirkan berbagai penyakit. Dengan begitu, tubuh akan menjadi semakin sehat dan aktif baik secara mental maupun fisik. Rutin berjalan juga meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan oksigen pada darah. Lebih banyak oksigen pada setiap sel dapat menghasilkan tingkat energi yang tinggi.

8. Membantu Proses Detoksifikasi Pada Tubuh

Ketika semua otot pada tubuh bergerak, organ-organ pun mulai membuang racun-racun yang ada. Termasuk juga usus besar menjadi lebih aktif. Hal ini bisa membuat buang air besar menjadi lebih tetatur. Ketika tubuh sudah terbebas dari racun, efisiensinya pun akan meningkat.




 Masih malas berjalan kaki, olah raga termurah dan paling mudah dilakukan setiap hari?
Jika kita tidak mau kehilangan delapan manfaat diatas, silahkan!

Kata Bijak Paguntaka
"Olahraga memang tak bisa mengobati penyakit. Tapi olahraga rutin mampu menghentikan sebagian besar penyakit."


EmoticonEmoticon