Tuesday, April 17, 2018

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh


Pasti banyak diantara kita yang menyukai makanan yang satu ini, Cokelat. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang menggemari makanan manis ini? Tapi tahukah Anda bahwa cokelat hitam atau dark chocolate ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan?

Cokelat hitam ini ternyata adalah salah satu sumber antioksidan terbaik, bahkan dalam beberapa penelitian, cokelat hitam terbukti dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan dapat menurunkan resiko Anda untuk kena penyakit Jantung.

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Cokelat Hitam

manfaat coklat bagi tubuh

Jika Anda ingin mengkonsumsi cokelat yang dapat meningkatkan kesehatan, maka pastikan cokelat yang Anda konsumsi itu cokelat yang berkualitas. Maksud cokelat yang berkualitas adalah cokelat dengan kandungan kadar kakaonya sampai 70% sampai dengan 85%. Di dalam 100 gram cokelat tersebut terdapat kandungan
  1. 11 gram serat
  2. zat besi
  3. magnesium
  4. tembaga
  5. mangan
  6. selain itu juga terdapat kalium, fosfor, seng, kalsium, dan juga terdapat vitamin K, serta selium.

Cokelat hitam dengan jenis ini juga mengandung 600 kalori dan gula yang terbilang sedang dan tidak membahayakan untuk berat badan Anda. Di dalam cokelat juga terdapat asam lemak yang baik untuk tubuh. Kafein dan Theobromine yang terkandung di dalam cokelat juga baik untuk tubuh, selain itu jumlahnya pun tidak terlalu besar sehingga tidak akan menimbulkan efek sulit tidur.

Antioksidan Terbaik

Salah satu kemampuan unggulan yang dimiliki oleh cokelat adalah kemampuan untuk menangkal radikal bebas. Di dalam cokelat terdapat antioksidan yang cukup tinggi, dan antioksidan ini adalah senyawa yang bisa menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita.

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam cokelat hitam sendiri adalah polifenol dan flavonoid. Hal ini tentu saja sangat baik untuk Anda dan tubuh Anda.

Cokelat Dapat Mencegah Kanker

Menurut beberapa penelitian, antioksidan yang terkandung dalam cokelat bisa mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Namun hal ini tidak bisa kita jadikan acuan karena masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.


EmoticonEmoticon