Thursday, April 19, 2018

Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh - Kebal Dari Penyakit!


Manfaat vitamin A – Vitamin, tubuh kita tentu saja sangat membutuhkan berbagai jenis asupan vitamin yang bisa kita dapatkan dari beragam jenis makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Salah satu vitamin yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh adalah Vitamin A atau retinol.

Vitamin A atau retinol atau asam retinoik ini sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia terutama dalam penglihatan, pertumbuhan tubuh, pembelahan sel, kesehatan sistem reproduksi, dan membantu menunjang kekebalan tubuh manusia.

Vitamin A sendiri ada 2 jenisnya dan bisa dibedakan dari mana vitamin A tersebut berasal. Seperti contohnya adalah retinoid merupakan vitamin A yang berasal dari produk hewani dan Beta karoten merupakan vitamin A yang berasal dari tumbuhan.

Vitamin A memiliki sifat antioksidan. Antioksidan sendiri adalah zat yang bisa melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Antioksidan ini sangat dan dibutuhkan oleh tubuh karena radikal bebas bisa memicu timbulnya penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

Fungsi Vitamin A Bagi Tubuh Manusia


Beberapa fungsi Vitamin bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut.

Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A sangatlah penting untuk kesehatan mata karena vitamin A ini adalah bagian dari molekul rhodopsin ketika mata menerima sinar cahaya yang masuk ke dalam retina mata. Sementara itu beta karoten pada vitamin A berperan dalam mencegah degenerasi makula yaitu penyebab utama kebutaan karena usia.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Beberapa fungsi sistem kekebalan yang ada di tubuh kita ini sebagian besar bergantung kepada asupan Vitamin A yang diterima oleh tubuh. Beberapa gen yang ada di tubuh kita ini terlibat dalam respon kekebalan tubuh dan diatur oleh Vitamin A. Oleh karena itu vitamin A sangatlah penting agar kekebalan tubuh kita bisa melawan kondisi penyakit kanker, penyakit autoimun, atau juga penyakit kecil lain seperti flu.

Itulah beberapa fungsi dari vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika tubuh kita kekurangan asupan vitamin A, maka kita akan mudah terserang penyakit. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


EmoticonEmoticon