Friday, June 15, 2018

Berburu Laba Laba Liar Untuk Binatang Peliharaan


Info Paguntaka - Apakah anda termasuk pengidap arachnofobia atau ketakutan berlebihan pada laba-laba? Atau ada anggota keluarga anda yang terkena arachnofobia? Jika dua - duanya anda jawab ya, tak ada salahnya anda tahu lebih banyak tentang serangga yang cukup ganas ini. Laba-laba, atau disebut juga labah-labah, adalah sejenis hewan berbuku-buku (arthropoda) dengan dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap, dan tak memiliki mulut pengunyah. Semua jenis laba-laba digolongkan ke dalam ordo Araneae; dan bersama dengan kalajengking, ketonggeng, tungau —semuanya berkaki delapan— dimasukkan ke dalam kelas Arachnida. Bidang studi mengenai laba-laba disebut arachnologi.

Saat ini ada banyak penggemar laba -laba dan menjadikannya sebagai binatang peliharaan di rumah. Anda bisa coba searching komunitas pecinta laba – laba di group facebook dan bergabung di group tersebut untuk mendapatkan informasi aktual tentang pemeliharaan laba – laba.  Kecintaan pada makhluk yang dianggap menyeramkan oleh sebagian orang ini tentu ada sebabnya. Apalagi, beberapa jenis laba-laba memang memiliki racun yang berbahaya dan bahkan mampu melumpuhkan manusia dewasa. Karena itu wajar juga jika ada orang yang segera bertindak dengan membunuh laba - laba jika melihatnya, apalagi jika laba - laba itu ada di dalam rumah.




Dalam satu penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, dari survey pada 50 rumah di North Carolina, Amerika Serikat ditemukan bahwa di 50 rumah tersebut kesemuanya ada laba - laba yang turut menjadi penghuni. Kebanyakan laba - laba yang tersebut adalah laba - laba cobweb spider dan cellar spider yang tidak berbahaya bagi kehidupan manusia dan bahkan mereka telah berjasa dengan memangsa serangga - serangga pembawa penyakit yang justru mengancam kesehatan manusia.


Baca Juga:

 
Beberapa jenis jenia laba-laba memang menyukai ruangan yang ada dalam rumah. Dan sebagian besar laba-laba yang memilih untuk tinggal di dalam rumah biasanya tidak agresif ataupun berbahaya, bahkan mereka dapat memberikan manfaat untuk rumah yang mereka tinggali. Karena itu sebaikanya jika tak ada penderita aracnofobia di rumah, kita tidak perlu membasmi binatang yang berjasa ini. Syukur lagi anda malah bersedia untuk mengadopsinya menjadi binatang peliharaan, sehingga memudahkan kita untuk mengamati dan mempelajari langsung binatang telah sangat berjasa bagi spiderman ini.

Dengan memiliki laba – laba sebagai peliharaan, kita bisa mengajak anggota keluarga, terutama anak – anak untuk memiliki kepedulian pada binatang kecil yang ternyata memiliki peran bagi kehidupan manusia. Tapi tentunya kita harus terus menjaga dan mendampingi anak -  anak kita, apalgi jika laba – laba yang kita pelihara adalah jenis Tarantula. Laba – laba paling terkenal dan memiliki racun yang cukup berbahaya bagi manusia. Jujur saya sendiri masih belum punya keberanian untuk memelihara Tarantula di rumah, selain karena bahayanya, kayanya harga seekor tarantula untuk peliharaan juga cukup lumayan, kisaran Rp 300 ribu hingga Rp 600 ribu. Pilihan laba – laba lokal hasil buruan ataupun laba – laba yang datang sendiri di rumah kita menjadi pilihan utama sebagai langkah awal bagi pemula yang baru mencoba menjadi pemelihara laba – laba. Dan ternyata memiliki laba – laba sebagai binatang peliharaan tidaklah terlalu sulit. Karena secara umum laba - laba memiliki beberapa kelebihan sebagai hewan peliharaan, diantaranya adalah:
1.Laba - laba  tidak mengeluarkan zat buangan yang kotor dan bau
2.Tidak mengeluarkan suara berisik
3.Tidak perlu sering membersihkan kandangnya (cocok bagi orang yang kurang waktu), hanya perlu dibersihkan kandangnya 6 bulan sekali.
4.Makananya murah, jangkrik, belalang, bahkan kecoak dan laba - laba hanya makan 5-7 kali per minggu ditambah air untuk minumnya.
5.Laba - laba tidak akan menyerang kalau tidak merasa terancam, kalaupun menyerang dia tidak akan melukai manusia.
6.Hanya butuh tempat yang kecil, cukup dengan tempat yang berukuran sekitar 2-3 kali tubuhnya (ujung kaki ke kaki).

Oke Paguntaker,... semoga artikel singkat tentang Laba - Laba Untuk Binatang Peliharaan ini bermanfaat, minimal jika kita tak mau memeliharanya tidak juga serta merta kita membunuhnya, mengingat ternyata binatang ini bermanfaat bagi manusia. 
Trims uda mampir, Salam Paguyino, Paguntaka Guyub dan Inovatif dan tetap semangat menghijaukan lahan kosong di kanan kiri kita!
 


EmoticonEmoticon