Saturday, June 23, 2018

Cara Interview yang Baik, Bisa Langsung Kerja

Pastikan anda lolos wawancara supaya bisa mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan. Masalahnya, tidak semua orang bisa dengan mudah lolos wawancara. Maka dari itu, pastikan anda menyiapkan secara matang untuk menghadapi wawancara atau interview kerja. Tak perlu merasa bingung, pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan cara interview yang baik untuk membantu anda.


Cara Interview yang Baik


Berikut adalah cara interview yang baik selengkapnya untuk anda.

Perhatikan Penampilan


Penampilan anda sangatlah penting untuk diperhatikan, terutama saat akan melakukan tes interview. Hal ini dikarenakan penampilan menjadi hal pertama yang dilihat oleh orang. Maka dari itu, kami sangat menyarankan kepada anda untuk mengenakan pakaian yang formal seperti halnya kemeja dengan warna cerah. Hanya saja, pastikan warnanya tidak mencolok. Selain itu, anda sebaiknya tidak mengenakan celana jeans. Upayakan juga anda terlihat rapi, baik dari segi pakaian maupun hal lainnya.

PD (Percaya Diri) yang Tinggi


Untuk saat ini, rasa percaya diri yang tinggi sangatlah diutamakan oleh perusahaan. Terlebih jika di bidang pekerjaan yang nantinya bersinggungan dengan banyak orang, seperti halnya customer service, public relation, karyawan STAN, hotel, marketing, teller, administrasi, dan masih banyak lainnya. Apabila modal ini tak anda miliki, maka kemungkinan besar anda akan sulit lolos pada tes masuk kerja.

Dalam hal ini, percaya diri sebenarnya tak hanya untuk tujuan supaya komunikasi dengan orang lain menjadi lebih baik serta berjalan lancar, akan tetapi juga tentang kemampuan menyelesaikan tiap tugas kerja yang diberikan kepada karyawan. Semakin percaya diri, maka akan semakin mampu menuntaskan semua tugas yang dibebankan. Sebaliknya, apabila seseorang kurang PD, maka ia nantinya akan kesulitan untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Pekerjaan pun bisa terbengkalai karenanya.

Datang Lebih Awal


Anda harus berupaya untuk tiba lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan. Jangan sampai membuat pihak yang hendak melakukan wawancara kepada anda menunggu. Hal ini dikarenakan bisa mengurangi poin penilaian akan kedisiplinan. Dengan anda datang lebih awal, maka anda bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Anda juga bisa mengatur emosi, mengendalikan stres yang tak perlu, serta mengumpulkan pikiran anda supaya tetap fokus sehingga berjalan dengan baik.

Jawablah Sesuai Pertanyaan


Perlu untuk anda ketahui, orang yang menjawab pertanyaan yang diajukan secara bertele-tele justru bisa mendapatkan penilaian buruk. Pada umumnya, HRD akan melakukan tugas perekrutan karyawan baru. Maka dari itu, tak ada salahnya anda menjawab semua pertanyaan yang diajukan secara tegas. Dengan begitu, anda bisa lolos wawancara. Point yang satu ini jangan sampai anda abaikan. Anda pun bisa lolos wawancara dan diterima kerja di bidang yang anda inginkan.


EmoticonEmoticon