Wednesday, June 27, 2018

Tips Membangun Bisnis Waralaba Agar Bisa Berjalan Lancar

Bisnis waralaba atau franchise saat ini terus mengalami pertumbuhan yang pesat, terlebih lagi  di Indonesia ini. Tersedia banyak jenis bisnis franchise yang ditawarkan kepada para investor. Diantaranya dari mulai kuliner, mini market, cafe, kursus, salon sampai pada restaurant. Bisnis waralaba atau Franchise ini  juga sangatlah menarik jika dilakukan beberapa kalangan. Terutama untuk mereka yang menginginkan penghasilan tambahan selain dari gaji bulanan yang diperolehnya.

Tak hanya efektif untuk dijadikan sebagai wadah investasi yang produktif, berbisnis franchise juga dinyatakan cukup simple. Sebab untuk para investor tidak perlu direpotkan lagi dengan beberapa hal yang pada umumnya harus dilakukan ketika memulai usaha. Diantaranya seperti peningkatan brand, bahan baku, sumber daya manusia, manajemen perusahaan dan juga peningkatan standar produk.

Pada umumnya, franchisor juga telah menyediakan semua hal tersebut untuk para investornya. Dengan demikian para investor hanya cukup menyediakan modal sesuai dengan paket yang diperlukan dan juga tinggal menjalankan sistem kerja yang sudah dijadikan sebagai standar perusahaan franchise itu.

Tips Membangun Bisnis Waralaba



Tentukan Minat dan Passion Anda


Tips membangun bisnis waralaba yaitu anda harus menentukan minat terlebih dahulu. Dalam berbisnis, anda sebaiknya bisa menyesuaikan pilihan investasi anda pada bidang usaha yang benar – benar anda minati dan juga bisa anda kuasai.  Entah itu dari segi pengetahuan, target pasar dan juga rencana promosi dan juga pengelolaannya. Menjalankan bisnis sebaiknya dinikmati menjadi bagian dari aktifitas yang dirasa menyenangkan. Selain itu uga dijadikan sebagai wadah bagi anda untuk menuangkan ide – ide kreatif.

Persiapkan Modal Sesuai Franchise yang Dipilih 


Terdapat banyak pilihan franchise yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk berinvestasi. Dari mulai yang paling kecil modalnya sampai dengan yang memiliki modal paling besar. Akan tetapi anda pahami jika idak selamanya kesuksesan di dalam berbisnis franchise ditentukan oleh besar kecilnya dari modal. Namun harus dipastikan oleh kreatifitas dan inovasi.  Oleh sebab itu cobalah untuk menentukan jenis usaha yang unik, yang jarang dijumpai namun banyak dibutuhkan.

Kenali Brand, Ketentuan Fee dan Sistem Franchise Dengan Seksama 


Dalam membuka bisnis waralaba banyak hal yang diperhatikan. Jika waralaba tersebut semakin ketat dan baik system, maka yang demikian itu layak untuk anda pilih.  Tak hanya sistem, pertimbangan lainnya dalam memilih franchise yaitu masalah fee.  Umumnya setiap franchisor mempunyai aturan tersendiri dalam hal pembagian fee. Supaya tidak merasa dirugikan anda harus bisa teliti dalam mempelajari sistem pembagian fee itu.

Tentukan Lokasi


Tips membangun bisnis waralaba selanjutnyan yaitu menentukan lokasi yang pas. Ketentuan di dalam memilih tempat usaha sebaiknya harus  disesuaikan dengan jenis usaha, target pasar dan potensi bisnis yang ada di wilayah tersebut.


EmoticonEmoticon