Monday, July 30, 2018

Jika Selembar Daun Enceng Gondok Dibeli Seharga Lima Ribu Rupiah

 “Jangan seperti enceng gondok, mengapung dan kesana kemari terbawa arus. Tak Punya pendirian.” Pernah mendapat nasehat seperti ini?! Sejak dulu memang sering enceng gondok dianggap negatif. Tanaman gulma yang tak memiliki guna faedah, hanya mengganggu kehidupan. Tanaman yanag awalnya dijadikan tanaman hias ini memiliki kemampuan yang luar biasa. Daya tahan hidup yang tinggi, dan perkembang biakan dengan penyebarannya yang cepat telah mengubahnya dari tanaman hias menjadi gulma perairan.  Benarkah enceng gondok atau eceng gondok  (Latin:Eichhornia crassipes) ini tidak memiliki manfaat sama sekali?  Ataukah memang belum ada peneliti yang bisa menemukan manfaat enceng gondok?


Ciri-Ciri Tanaman Enceng Gondok
1. Enceng gondok tidak memiliki batang dengan tingginya sekitar 0,4 – 0,8 meter
2. Daun tunggal, bertangkai, tersusun berjejal di atas akar (roset akar), warna hijau, panjang 7 – 25 cm, bentuk bulat telur (ovata), ujung meruncing (acuminatus), pangkal meruncing (acuminatus), tepi rata (tidak bergerigi), permukaan mengkilat (nitidus), tangkai daun menggelembung, daunnya licin dan berwarna hijau.
3. Bunga enceng gondok termasuk bunga majemuk, berbentuk bulir (spica), panjang mahkota 2 – 3 cm, daun mahkota tidak berlekatan (polypetalus),kelopaknya berbentuk tabung.
4. Buah enceng gondok memiliki bentuk yang unik yaitu kotak sejati (capsula), beruang tiga dan warna hijau, sedangkan bentuk biji bulat berwarna hitam, enceng gondok berkembang biak dengan Perbanyakan Generatif (biji)
5. Tanaman enceng gondok berakar serabut.

Gambaran Tanaman Eceng Gondok
Tanaman enceng gondok adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung, tumbuh berumpun, tinggi 4 – 8 cm, dan kadang-kadang berakar dalam tanah.
Tanaman unik ini awalnya ditemukan seorang ilmuwan terkenal; Carl Friedrich Philipp von Martius. Carl adalah ahli botani berkebangsaan Jerman yang ketika itu pada tahun 1824 tengah  melakukan ekspedisi di Sungai Amazon Brasil.

Enceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Enceng gondok dianggap sebagai tanaman yang sapat mengganggu karena pertumbuhannya yang sangat cepat dan mudah beradaptasi baik di rawa, sungai, danau, bahkan di selokan. Enceng gondok juga disebut-sebut sebagai pemicu terjadinya banjir karena tanaman yang merambat ini sering menumpuk sehingga mengakibatkan sampah menjadi tersendat. Oleh sebab itu banyak masyarakat memilih untuk membabat habis enceng gondok karena sifatnya yang dianggap sebagai tanaman pengganggu lingkungan.

Tahukah anda penyebab enceng gondok bisa tumbuh dengan sangat cepat? Penyebab utamanya adalah kandungan nutrien yang tinggi dalam air, terutama yang kaya akan nitrogen, fosfat dan potasium. Studi kasus pada kandungan garam dalam air dapat menghambat pertumbuhan eceng gondok. Di beberaa danau daerah pantai Afrika Barat,terdeteksi  enceng gondok akan bertambah sepanjang musim hujan dan berkurang saat kandungan garam naik pada musim kemarau. Meskipun enceng gondok adalah  gulma di perairan, menurut beberapa penelitian ternyata tanaman ini memiliki kemampuan menangkap polutan logam berat, dan  mampu menyerap residu pestisida.

Sayang masih belum banyak yang memanfaatkan enceng gondok secara maksimal. Padahal dari segi budi daya, tanaman ini sangat mudah untuk dikembangkan. Bahkan di banyak daerah, diperlukan satu proyek dengan dana ratusan juta  untuk membasmi tanaman yang dianggap gulma ini. Padahal, kalau bisa berandai – andai, jika saja ada ilmuwan  Indonesia yang berhasil melakukan penelitian dan kemudian menemukan manfaat enceng gondok untuk dibuat semacam serbuk bahan baku kosmetik atau farmasi sehingga selembar daun enceng memiliki harga ekonomis sebesar Rp. 5.000,-  Saya yakin ennceng gondok yang menutupi danau dan sungai akan diburu oleh masyarakat, dan dalam waktu satu atau dua tahun, tak ada lagi enceng gondok liar.  Kemudian beramai – ramailah kita membudidayakan dengan membuat kolam khusus untuk menabur benih enceng gondok di pekarangan rumah kita. Semoga setelah membaca tulisan menfaat enceng gondok ini ada melakukan penelitian dan berhasil menemukan manfaat lain enceng gondok yang belum kita ketahui. Ya,... semoga saja!


EmoticonEmoticon