Tuesday, July 17, 2018

Review Acer Aspire ES1-132-C72S, Netbook Ringan Yang Cocok Dibawa Bepergian

Setiap orang pastilah memiliki kebutuhan alat komputasi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain, biasanya tergantung dari profesi atau pekerjaaan seseorang. Ada yang memerlukan peralatan komputasi yang memiliki spesifikasi tinggi seperti desainer, video editor, arsitek dan sejenisnya, namun ada pula yang tidak membutuhkan spesifikasi tinggi karena hanya untuk menjalankan program-program standar seperti MS Office dan sejenis.

Nah, jika kamu termasuk orang yang akan menggunakan peralatan komputasinya untuk menjalankan program-program biasa, kamu bisa memilih netbook Acer Aspire ES1-132-C72S. Netbook satu ini termasuk ringan dan tentunya sangat pas untuk kamu yang sering membawa alat komputasi bepergian. Admin mengatakan pas untuk dibeli karena jika kamu sering bepergian dan membeli sebuah laptop berlayar besar, misalnya 14 inci, kemungkinan kamu akan kerepotan saat membawanya karena masalah bobot, di samping itu juga akan banyak makan tempat di dalam tas.
Netbook Acer Aspire ES1-132-C72S
Lalu seperti apa spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh Acer Aspire ES1-132-C72S tersebut? Jika kamu ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan itu, silahkan langsung saja simak review Acer Aspire ES1-132-C72S di bawah ini.

Desain dan Layar


Acer ES1-132-C72S tampil dengan balutan warna hitam pada hampir semua permukaan bodinya. Warna hitam ini menjadikan netbook besutan Acer tersebut terlihat bagus dan enak dipandang. Seperti yang telah disinggung di atas, bobotnya tergolong ringan, hanya sekitar 1,2 kg saja. Sementara itu panjang bodi lebih kurang 29,1 cm, lebar 21,1 cm serta dan ketebalan sekitar 2,1 cm. Ukuran seperti itu jelas sangat pas kalau diletakkan di dalam tas.

Pada sisi kiri dan kanan netbook bisa ditemukan berbagai pilihan konektivitas seperti 1 slot USB 3.0, 2 port USB 2.0, HDMI, colokan kabel LAN RJ-45, port audio jack 3,5 mm dan slot SD card. Konektivitas termasuk lengkap dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Acer Aspire ES1-132-C72S Hitam
Di sektor layar, Acer membekali produk keluarannya ini dengan layar LED seluas 11,6 inci. Terdapat fitur ComfyView juga yang akan mengurangi pantulan cahaya dari sekitar netbook diletakkan, sehingga mata pengguna akan lebih nyaman melihatnya, di samping tampilan warna dan kontas yang akan lebih bagus. Teknologi yang oleh Acer disebut dengan ComfyView tersebut lebih kurang sama dengan teknologi anti glare pada laptop atau netbook merk lain.

Resolusi layarnya yang seluas 11,6 inci tersebut adalah HD 1366 x 768 piksel. Resolusi sebesar itu tergolong standar dan pastinya bisa menampilkan teks, gambar dan objek lainnya dengan cukup bagus. Resolusi tersebut juga memang lebih besar daripada netbook model lama yang rata-rata hanya mempunyai resolusi sebesar 1200 x 800 piksel saja.

Performa


Oleh karena Acer ES1-132-C72S menggunakan prosesor Intel Celeron N3350 tanpa adanya dukungan dedicated GPU, maka bisa disimpulkan bahwa kinerja netbook besutan pabrikan asal Taiwan ini terbilang biasa saja. Sebagai catatan, CPU ini termasuk ke dalam kategori prosesor dual core yang lebih tinggi dari CPU Intel model lama seperti Intel Celeron N3050 atau N2840. Namun kalau digunakan untuk aktivitas komputasi standar seperti menjalankan program MS Office, browser dan program standar lainnya akan bisa dihandle dengan lancar.

Untuk dukungan RAM cuma memiliki kapasitas sebesar 2 GB saja dan kalau user ingin menambah kapasitas RAM yang tergolong pas-pasan tersebut, bisa diupgrade hingga 8 GB maksimal. Tapi tentunya jika ingin menambah kapasitas RAM, pengguna harus membeli lagi slot RAM, untuk yang berkapasitas 8 GB DDR3L harganya lebih kurang Rp 700.000.

Di sisi GPU, hanya menggunakan GPU standar bawaan prosesor yaitu Intel HD Graphics 500. Sekedar untuk menjalankan game-game ringan yang tidak membutuhkan spesifikasi hardware tinggi, nebook Acer ES1-132-C72S pasti bisa menjalankan dengan sangat lancar. Begitu juga halnya dengan program editor foto seperti Photoshop, bisa dihandle dengan cukup baik.
Acer Aspire ES1-132-C72S tampak samping belakang
HDD yang disematkan sebagai ruang penyimpanan file-file milik pengguna terbilang lega, yaitu berkapasitas 500 GB. Jenis HDD tersebut adalah SATA dengan putaran 5400 RPM. Foto, video, musik, dokumen dan berbagai berkas lainnya akan bisa ditampung dengan cukup banyak.

Fitur Lain


Netbook Acer ES1-132-C72S hadir dengan dua pilihan sistem operasi bawaan yaitu Windows 10 Home dan satu lagi dengan sistem operasi Linpus Linux. Harga yang versi Linux pastilah lebih murah, hanya di angka Rp 3,1 juta saja. Sementara itu untuk yang versi Windows 10 sekitar Rp 3,4 juta. Jika kamu tidak ingin repot dalam hal penyiapan sistem operasi untuk netbook ini, sebaiknya pilihlah yang versi Windows 10 Home.

Acer ES1-132-C72S masih menggunakan baterai jenis Lithium Ion berkapasitas 3220 mAh. Baterai tersebut memiliki jumlah cells sebanyak 3 buah dan diklaim akan mampu bertahan hingga 8 jam dalam kondisi pemakaian normal. Daya tahan itu mungkin akan sedikit lebih singkat kalau menjalankan program berat atau membuat kecerahan layar pada posisi maksimal.

Tersedia dua pilihan konektivitas wireless pada netbook harga murah ini yaitu wifi dan bluetooth. Kedua jenis konektivitas nirkabel tersebut tentunya akan sangat bermanfaat sekali misalnya untuk menangkap sinyak hotspot wifi atau juga mentransfer file dari gadget lain contohnya smartphone.

Ringkasan Spesifikasi Acer ES1-132-C72S

Harga: Mulai Dari Rp 3,1 Jutaan
Prosesor: Intel Celeron N3350
Clockspeed: 1.10 GHz, Fitur Burst sampai dengan 2.40 GHz
Jumlah Core: Dual Core
RAM: 2 GB DDR3L
HDD: 500GB SATA 5400RPM
Layar: 11.6" Resolusi HD 1366x768 Piksel
Graphics: Intel HD Graphics 500
Port Konektor: USB 3.0, USB 2.0, Jack 3.5mm Combo, Slot SD Card dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: 3220 mAh
Optical Drive: Tidak Ada
Webcam: Resolusi VGA
Audio: Stereo
Sistem Operasi: Linux Linpus atau Windows 10 Home
Warna: Hitam

Kelebihan dan Kekurangan Acer ES1-132-C72S

Kelebihan:

1. Desain bagus dan bobot ringan.
2. Kapasitas RAM bisa diupgrade hingga 8 GB maksimal.
3. Harga tergolong murah.
4. Baterai diklaim bisa bertahan sampai dengan 8 jam pemakaian.

Kekurangan:

1. Belum ada drive DVD.
2. Tidak ada jenis konektivitas jenis baru seperti USB 3.1 yang banyak digunakan pada laptop/netbook terbaru.

Kesimpulan


Netbook Acer ES1-132-C72S ini cocok sekali kalau digunakan oleh pelajar atau anak kuliahan dan juga karyawan kantor yang akan menggunakan netbook ini untuk menjalankan program-program standar seperti yang telah disebutkan pada ulasan di atas. Kapasitas RAM yang bisa ditingkatkan hingga 8 GB merupakan nilai tambah lain yang patut diapresiasi, sebab tidak semua netbook/ laptop bisa diupgrade RAM-nya, terlebih pada netbook atau laptop keluaran terbaru.

Apabila kamu berminat dengan Acer ES1-132-C72S ini, jangan tunda lagi untuk segera mencarinya di toko laptop di sekitar tempat kamu tinggal atau bisa juga mengordernya melalui toko online besar yang kebanyakan masih menyediakan netbook ini untuk dibeli.


EmoticonEmoticon