Thursday, July 26, 2018

Review Acer ES1-432-C1NT, Laptop Harga Murah Dengan RAM Bisa Ditambah

Review Acer ES1-432-C1NT, Laptop Harga Murah Dengan RAM Bisa Ditambah - Laptop saat ini sudah merupakan satu jenis kebutuhan yang wajib dipenuhi bagi sebagian orang, baik untuk urusan pekerjaan maupun untuk keperluan penting lainnya. Harga laptop pun sudah berangsur turun dan jauh lebih terjangkau, khususnya jika dibandingkan dengan dua puluh tahun yang lalu, di mana harga sebuah laptop bisa mencapai sepuluh jutaan. Dai segi desain pun semakin tipis dan ringan, yang secara tidak langsung akan menambah tingakat kenyamanan pengguna. Banyak merk laptop yang bisa dipilih oleh konsumen di tanah air, sebut saja misalnya Asus, Acer, HP, Lenovo dan beberapa merk lokal yang lain.

Ilustrasi Review Acer ES1-432-C1NT
 Jika kamu hanya memerlukan alat komputasi untuk mengerjakan tugas-tugas yang berhubungan dengan dokumen misalnya, membeli laptop berharga mahal tentu saja akan merugikan karena akan banyak sekali fitur dan fungsi yang mubazir alias tidak terpakai. Untuk itu kalau ingin memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan, maka sebaiknya pilihlah yang pas saja.

Diantara banyak model laptop yang cocok untuk penggunaan seharihari adalah satu model laptop Milik Acer yakni Acer ES1-432-C1NT. Secara umum laptop ini memiliki spesifikasi yang tergolong 'biasa' dan tentunya pas sekali kalau dipakai untuk mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan dokumen atau sejenisnya. Pengguna yang mungkin bisa memilih model laptop Acer tersebut adalah karyawan kantoran, pelajar, mahasiswa dan orang umum yang berencana akan memakai laptopnya untuk aktivitas seperti yang telah disebutkan.

Laptop ini memiliki banyak sekali keunggulan yang tidak dimiliki oleh laptop model lain. Lalu apa sajakah keunggulan-keunggulan yang dimaksud? Untuk lebih jelasnya, silahkan langsung saja simak review Acer ES1-432-C1NT di bawah ini.

Desain dan Layar


Laptop Acer ES1-432-C1NT memiliki desain yang tergolong ramping dan stylish. Itu terutama karena bentuknya yang memang enak dipandang serta dibalut dengan warna hitam yang disertai dengan motif garis-garis halus yang menawan. Buat kamu yang suka dengan warna tersebut, tentulah desain seperti itu akan menyenangkan.
Laptop Acer ES1-432-C1NT tampak belakang
Di sisi sebelah depan, kiri dan kanan terdapat berbagai macam port dan juga colokan seperti USB 3.0 yang ditandai dengan warna biru, lalu ada pula port USB 2.0, port HDMI, colokan jack audio 3.5 mm combo, slot kartu SD dan colokan kabel LAN. Untuk masalah ketersediaan konektivitas tampaknya laptop Acer yang satu ini lumayan lengkap dan dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Di sisi layar, Acer telah membekali produk besutannya ini dengan bentang layar cukup lega yakni 14 inci. Resolusi layarnya itu sendiri adalah HD 1366 x 768 piksel. Paduan antara resolusi dan luas layar seperti itu akan bisa menampilkan setiap objek dengan cukup halus dan jernih. Di samping itu, terdapat pula fitur yang bisa melindungi mata dari radiasi sinar biru yang diketahui kurang bagus untuk kesehatan mata manusia.

Performa


Seperti yang telah dituliskan pada awal tulisan ini, Acer ES1-432-C1NT tergolong laptop standar atau biasa. Hal itu karena prosesor yang digunakan termasuk kategori kelas entry-level yang memiliki jumlah inti dua. CPU yang dibenamkan ke dalam laptop tepatnya jenis Intel Celeron N3350. Meskipun dual core, dari sisi kinerja tidaklah terlalu mengecewakan dan sudah pasti lebih unggul dari versi Intel Celeron sebelumnya, misalnya untuk prosesor model N2840.
Laptop Acer ES1-432-C1NT pada tampilan default
Untuk kapasitas RAM bawaan dari pabrikan, cuma 2 GB saja. Kapasitas sebesar itu sebenarnya sudah cukup memadai kalau hanya dipakai untuk kerja-kerja ringan dan software yang tidak membutuhkan hardware berspesifikasi tinggi seperti program MS Office misalnya. Akan tetapi kamu tidak perlu kwatir masalah RAM, karena Acer telah menyediakan dua buah slot RAM pada laptop miliknya tersebut; satu yang sudah diisi dengan RAM bawaan sebesar 2 GB, sementara slot satu lagi masih kosong dan bisa diisi dengan memori RAM jenis DDR3L sampai dengan kapasitas 8 GB.

Jadi, kalau kamu menambah slot yang kosong tersebut dengan RAM 8 GB, maka total kapasitas RAM yang dimiliki akan menjadi 10 GB. Cukup besar bukan? Letak slot RAM tersebut juga mudah dijangkau, yakni pada bagian bawah unit.

Bagaimana gari sisi GPU? Acer ES1-432-C1NT hanya dibekali dengan pengolah grafis bawaan prosesor yakni Intel HD Graphics 500. GPU jenis ini termasuk ke dalam kategori shared graphics namun tetap handal untuk memainkan beberapa game online ataupun program olah gambar seperti Adobe Photoshop.

Sebagai sarana penyimpanan file-file kepunyaan user, telah tersedia pula HDD berkapasitas besar yakni 500 GB. Hard disk-nya sendiri merupakan tipe SATA dengan rotasi 5400 RPM. Apapun file kamu, tentu dapat disimpan di sana dengan jumlah yang lumayan banyak.

Fitur Lainnya


Di dalam paket pembelian, Acer telah memberikan sistem operasi Windows 10 Home 64 bit ke dalamnya. Sistem operasi ini merupakan jenis original, sehingga saat tersedia update dari Microsoft sebagai pemilik OS, kamu dapat dengan leluasa melakukannya. Kalau membeli secara terpisah, tentu saja akan memerlukan biaya lagi, tapi untungnya pembeli tidak usah memikirkan itu lagi.

Untuk memenuhi kebutuhan sambungan witreless, terdapat Bluetooth dan Wifi. Jadi semua kebutuhan yang berhubungan dengan dua koneksi tersebut akan bisa dipenuhi pada laptop Acer ES1-432-C1NT, misalnya streaming audio dari laptop ke speaker bluetooth.

Ringkasan Spesifikasi Acer ES1-432-C1NT


Harga: Mulai Dari Rp 3,3 Jutaan
Prosesor: Intel Celeron N3350
Clockspeed: 1.10 GHz, Fitur Burst sampai dengan 2.40 GHz
Jumlah Core: Dual Core
RAM: 2 GB DDR3L, bisa ditambah hingga total 10 GB
HDD: 500GB SATA 5400RPM
Layar: 14" Resolusi HD 1366x768 Piksel
Graphics: Intel HD Graphics 500
Port Konektor: USB 3.0, USB 2.0, Jack 3.5mm Combo, Slot Micro SD, LAN dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Optical Drive: DVD RW
Webcam: Resolusi VGA
Audio: Stereo
Sistem Operasi: Windows 10 Home 64 Bit
Warna: Hitam

Kelebihan dan Kekurangan Acer ES1-432-C1NT


Kelebihan:

1. Harga tergolong murah.
2. RAM bisa diupgrade.
3. Sudan ada OS Windows 10 Original dalam paket pembelian.

Kekurangan:

1. Resolusi webcam masih VGA.

Kesimpulan


Bagi kamu yang memerlukan sebuah laptop yang akan dipakai untuk mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan dokumen, browsing atau untuk kebutuhan multimedia seperti menonton film, mendengarkan musik dan lain-lain, memilih laptop Acer ES1-432-C1NT adalah satu langkah yang tepat, apalagi harga jualnya tidaklah mahal, masih di bawah Rp 3,5 jutaan. Ketersediaan OS Windows 10 ori juga menjadi nilai lebih laptop besutan pabrikan asal Taiwan ini.

Soal harga, Admin hanya menemukan yang terendah sekitar Rp 3,3 jutaan. Bisa saja ada toko online atau offline yang menjual dengan harga lebih rendah dari itu. Jika kamu ingin melihat dulu bentuk fisiknya, tentu saja membeli di toko offline lebih disarankan karena bisa juga langsung di test di tempat pembelian.


EmoticonEmoticon