Monday, July 30, 2018

Review Asus A407MA-BV001T, Laptop Harga 3 Jutaan Yang Dilengkapi Fingerprint

Review Asus A407MA-BV001T, Laptop Harga 3 Jutaan Yang Dilengkapi Fingerprint - Asus memang banyak peminatnya di Indonesia, khususnya untuk produk komputer dan laptop. Laptop merek Asus diketahui memiliki masa garansi dari laptop merek lain di tanah air, yakni hingga dua tahun. Garansi tersebut bukan hanya untuk biaya service saja, akan tetapi termasuk penggantian komponen alias sparepart juga. Tentunya dengan persyaratan tidak melanggar ketentuan garansi yang telah ditetapkan oleh Asus.

Asus A407MA-BV001T Tampak Atas
Beberapa bulan yang lalu, Asus telah meluncurkan satu lagi model laptop yang harganya cukup murah, terutama kalau dibandingkan dengan spesifikasi yang diusung. Salah satu fitur keren pada laptop yang baru diluncurkan tersebut adalah adanya sensor sidik jari atau fingerprint. Fitur sensor sidik jari bisa dibilang sedang banyak digandrungi oleh konsumen saat ini, yang mungkin dipicu oleh kehadiran fingerprint pada banyak smartphone. Laptop Asus tipe baru yang dimaksud adalah A407MA-BV001T.

Disamping mengusung fitur sensor sidik jari, laptop Asus satu ini juga memiliki beberapa keunggulan lain, misalnya tipe prosesor yang sangat baru, kapasitas RAM dan HDD yang lebih besar dari produk Asus terdahulu dengan rentang harga yang sama dan berbagai keunggulan yang lain. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai laptop A407MA-BV001T tersebut? Jika ya, silahkan lihat ulasan lengkapnya di bawah ini.

Desain dan Layar


Desain yang dimiliki oleh laptop A407MA-BV001T bisa dikatakan baru, terutama dari bingkai atau frame layar yang lebih ramping dari laptop entry level kebanyakan. Bezel yang lebih tipis tersebut tentu saja akan memberikan tampilan yang fresh dan enak dipandang serta berbeda dengan laptop kebanyakan. Warna laptop besutan Asus ini adalah grey, namun tersedia juga pilihan warna lain, tapi dengan kode model yang sedikit berbeda, misalnya Asus A407MA-BV002T untuk warna gold.

Pada bagian sisi dan kanan laptop, terdapat berbagai jenis port dan colokan yang berupa port USB, colokan jack audio 3,5 mm combo, HDMI dan VGA port. Sementara itu bagian atas frame layar, bercokol satu buah webcam dengan resolusi masih CGA yang bisa dimanfaatkan untuk video chat misalnya menggunakan program yang biasa digunakan untuk video call seperti Skype.
Laptop Asus A407MA-BV001T Dilihat dari samping-belakang
Panjang bodi A407MA-BV001T adalah sekitar 32,8 cm, lebar 24,6 cm serta ketebalan lebih kurang 2,19 cm. Untuk ukuran bodi tampaknya tidak banyak perbedaan dari laptop Asus model yang lebih lama, hanya ada pengurangan panjang dan lebar laptop yang mungkin sebagai 'hasil' dari ukuran bezel layar yang lebih tipis. Yang 'mengejutkan' dari laptop Asus model baru ini adalah dari segi bobot yang ternyata jauh berkurang. Kalau biasanya laptop 14 inci Asus yang beredar di pasaran memiliki berat sekitar 1,9 kg, untuk model anyar ini hanya sekitar 1,55 kg saja. Cukup ringan bukan?

Di sektor layar, Asus membekali produk teranyarnya tersebut dengan layar jenis LCD backlight LED jenis TN-Display seluas 14 inci. Resolusi layarnya sendiri memang masih HD yaitu 1366 x 768 piksel, namun dari segi tampilan pastilah tetap jernih dan halus dalam menampilkam teks, foto atau video. Apalagi Asus juga telah menyertakan berbagai fitur mutakhir untuk menunjang layarnya itu, sebut saja Asus Spelendid, Asus Tru2Life Video dan Asus EyeCare. Fitur yang disebut terakhir berfungsi untuk melindungi mata pengguna dari radiasi sinar biru yang memang kurang bagus bagi mata.

Performa


Oleh karena modelnya masih tergolong baru, tentu saja hardware yang dibenamkan juga versi baru. prosesor yang digunakan pun tergolong paling baru yakni Intel Celeron Gemini Lake yang baru diperkenalkan oleh perusahaan Intel sekitar quartal 4 tahun 2017. Salah satu keunggulan prosesor tipe terbaru Intel ini Admin lihat adalah dari sisi memori cache yang lebih besar yaitu mencapai 4 MB. Coba bandingkan dengan CPU Intel generasi sebelumnya, yang hanya mempunyai 2 MB memori cache saja.

Jenis prosesor baru yang Admin maksudkan itu tepatnya adalah Intel Celeron N4000. Prosesor ini memang tergolong prosesor kelas entry level dan oleh karenanya dari segi kinerja hanya pas untuk mengerjakan tugas-tugas yang sifatnya ringan seperti menonton video, mendengarkan musik, browsing atau mengerjakan aktivitas yang berhubungan dengan dokumen.
Laptop Asus A407MA-BV001T dalam kondisi tertutup
Untuk kapasitas RAM , laptop Asus A407MA-BV001T tampaknya memiliki ukuran yang lebih dari cukup yakni 4 GB. Tipe RAM-nya sendiri adalah jenis DDR4 yang dikenal memiliki kinerja yang sedikit lebih bagus daripada RAM tipe DDR3. RAM tersebut menurut beberapa sumber yang dapat dipercaya, bisa diugrade hingga kapasitas 16 GB.

Nah, untuk sektor grafis sayangnya masih bawaan prosesor yang tergolong kepada tipe GPU shared. Jenis GPU-nya sendiri juga merupakan versi baru yaitu Intel UHD Graphics 600. Kinerja grafis ini tentu lebih bagus daripada GPU bawaan Prosesor Intel sebelumnya, contoh yang tipe Intel HD Grapics 500 yang dipakai oleh prosesor Intel Celeron N3350.

Menariknya lagi selain fitur-fitur dan hardware keren seperti yang telah Admin sampaikan di atas, Asus A407MA-BV001T telah dilengkapi pula dengan HDD berkapasitas 1 TB yang tentu saja cukup besar menampung berbagai jenis file milik pengguna. User akan leluasa menyimpan berkas-berkas miliknya apakah itu video, foto dan sebagainya.

Ringkasan Spesifikasi Asus A407MA-BV001T


Harga: Mulai Dari Rp 3,6 Jutaan
Prosesor: Intel Celeron N4000
Clockspeed: 1.1 GHz, Fitur Burst sampai dengan 2.6 GHz
RAM: 4GB DDR4
HDD: 1 TB SATA 5400RPM
Layar: 14" Resolusi HD 1366x768 Piksel
Graphics: Intel UHD Graphics 600
Port Konektor: VGA, USB Type-C, USB 3.0, USB 2.0, Jack 3.5mm, LAN RJ-45, Card Reader dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: 33 Whrs - 3 Cells
Optical Drive: DVD-RW
Audio: Asus SonicMaster
Dimensi: 32,8 x 24,6 x 2,19 cm
Webcam: VGA
Sistem Operasi: Windows 10 Home 64 Bit
Warna: Icecle Gold dan Grey

Kelebihan dan Kekurangan Asus A407MA-BV001T


Kelebihan:

1. Hardware dan fitur banyak yang baru.
2. Sudah ada fingerprint yang akan membuat keamanan laptop lebih maksimal.
3. Harga relatif sangat murah terutama kalau dibandingkan dengan laptop yang sudah ada sensor sidik jarinya.
4. Bodi lebih ramping dari model sebelumnya.
5. Bobot lumayan ringan, cuma sekitar 1,55 kg saja.
6. Kapsitas HDD lebih besar yakni 1 TB.
7. RAM menggunakan jenis DDR4 yang dapat ditambah kapasitasnya.

Kekurangan:

1. Resolusi webcam masih VGA.

Kesimpulan


Bagi kamu yang membutuhkan sebuah laptop berharga murah tapi memiliki desain yang kekinian seperti ukuran besel layar yang lebih tipis, Asus A407MA-BV001T bisa kamu pilih, sebab laptop Asus satu ini memang memiliki desain yang memenuhi kriteria yang telah disebutkan. Selain itu, laptop ini juga cocok untuk kamu yang menginginkan alat komputasi dengan prosesor jenis baru. Seperti biasanya, setiap ada prosesor tipe baru yang keluar, pastilah memiliki kelebihan yang tidak akan ditemui pada prosesor yang lebih dulu dirilis. Dengan harga yang tidak sampai Rp 4 juta dan sudah ada fitur fingerprint, rasanya tidak ada alasan lagi untuk menolak membeli Asus A407MA-BV001T ini.


EmoticonEmoticon