Monday, July 9, 2018

Review Asus X441NA-PQ401T, Laptop Berprosesor Quad Core Murah Hanya 4,1 Jutaan

Laptop yang beredar di pasaran saat ini terdiri dari berbagai pilihan merk, harga dan model. Untuk pasar Indonesia ada brand Asus, Acer, Lenovo, Apple, HP, Dell, Axioo dan masih banyak lagi. Hampir semua produsen laptop memiliki produk versi murah yang menyasar kalangan menengah ke bawah serta versi mahal yang menargetkan calon pembeli dari kalangan atas. Salah satu merk yang memiliki banyak peminat di tanah air adalah Asus. Asus sendiri merupakan produsen laptop dan smartphone asal Taiwan.

Dantara produk laptop Asus yang cukup laris di pasaran adalah X441NA-PQ401T. Laptop ini dibanderol dengan harga lumayan murah, yakni sekitar Rp 4,1 jutaan saja.
Ilustrasi Review Asus X441NA-PQ401T
 Nah, bagi kamu yang saat ini sedang mencari sebuah laptop dengan spesifikasi di atas rata-rata laptop murah, Asus X441NA-PQ401T ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. Seperti apa performa serta fitur-fitur yang dibenamkan ke dalamnya? Silahkan langsung saja simak review lengkapnya di bawah ini.

Desain dan Layar

Asus X441NA-PQ401T termasuk ke dalam jajaran produk yang oleh Asus sendiri diberi dengan kode model Asus VivoBook Max. Diantara ciri khas yang termasuk dalam kategori ini adalah daya speakernya yang lebih besar dan ditempatkan pada pagian atas bodi laptop, tepatnya antara papan ketik dengan engsel layar. Daya yang dimiliki kedua speakernya tersebut tepatnya adalah 3 Watt. Spek speaker seperti itu pastilah cocok kalau dipakai untuk mendengarkan musik atau menonton film di laptop, karena suara 'lebih alami' dari speaker laptop kebanyakan yang umumnya mempunyai daya lebih rendah.

Desainnya sendiri tergolong premium meskipun dibalut dengan balutan material plastik. Panjang bodi laptop Asus X441NA-PQ401T adalah sekitar 348 mm, lebar 242 mm serta ketebalan 27,6 milimeter. Sementara itu bobotnya cukup ringan, lebih kurang 1,7 kg saja.
Laptop Asus X441NA-PQ401T Tampak Depan
Pada bagian sisi depan, terdapat satu buah slot SD card yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk memindahkan foto dari kamera digital misalnya. Sementara itu pada bagian sisi kiri dan kanan terdapat pula 1 port USB Type-C, USB Type-A, USB 2.0, colokan LAN RJ-45, port jack audio 3,5 mm, VGA-out dan colokan kabel HDMI.

Di sektor layar, Asus telah membekali laptop besutannya ini dengan panel LCD TN-Display seluas 14 inci. Resolusi layar itu sendiri cukup tinggi yakni HD 1366 x 768 piksel. Resolusi layar laptop seperti itu tentunya akan bisa menampilkan objek dan tulisan di layar dengan kualitas cukup memuaskan.

Ada juga fitur peredam radiasi sinar biru yang akan melindungi mata pengguna, yang dinamai dengan Asus EyeCare. Kehadiran fitur bermanfaat tersebut pastilah akan membuat mata pengguna Asus X441NA-PQ401T lebih nyaman karena radiasi sudah dihalang sampai dengan 33%. Jadi, walaupun berjam-jam menatap layar laptop, mata tidak akan cepat lelah.

Performa

Seperti yang telah disinggung di awal tulisan di atas, Asus X441NA-PQ401T memiliki spesifikasi di atas laptop murah kebanyakan. Itu bisa dilihat dari jenis prosesor yang disematkan sebagai dapur pacunya. CPU yang dimaksud adalah Intel Pentium N4200 yang termasuk ke dalam kategori prosesor quad core alias memiliki 4 inti. Intel Pentium N4200 diketahui memang memiliki kinerja yang lebih baik daripada prosesor kelas entry level lainnya.

Di sisi memori, Asus menyematkan RAM berkapasitas 4 GB jenis DDR3L. RAM jenis ini dikenal memiliki konsumsi daya yang lebih rendah, sehingga secara tidak langsung akan membuat daya tahan baterai menjadi sedikit lebih lama daripada laptop yang masih memakai RAM DDR3 versi lama.
Asus X441NA-PQ401T
Untuk urusan olah grafis, sudah terintegrasi GPU tipe Intel HD Graphics 505 yang sudah cukup kuat untuk meng-handle program-program editor foto spesifikasi standar. Bermain game online tentunya akan bisa dilakukan dengan lancar, dengan catatan menyesuaikan pengaturan game menjadi medium terlebih dahulu. Begitu pula dengan game-game ringan, pastilah akan berjaan dengan lancar.

Ruang penyimpanan yang ada pada laptop Asus X441NA-PQ401T terbilang besar, yakni 500 GB. HDD itu sendiri merupakan jenis SATA yang sudah cukup lega untuk menampung file-file milik pengguna. Jika kamu merupakan seorang kolektor film, mungkin kapasitas tersebut terasa kurang, tapi masih bisa diakali dengan menambahkan HDD eksternal yang banyak dijual di pasaran. Jika hanya sebatas penyimpanan file berupa foto, dokumen atau musik MP3 bisa dipastikan kapasitas HDD setengah Tera Byte tersebut tidak akan kekurangan.

Fitur Lainnya


Selain fitur-fitur yang telah dituliskan di atas, pada laptop Asus X441NA-PQ401T masih terdapat berbagai fitur lain yang tak kalah bermanfaatnya seperti Asus ICEpower, Asus Splendid, Asus SonicMaster dan Asus Tru2Life Video.

Asus ICEpower merupakan satu fitur pengontrol panas berlebih yang terdapat di dalam X441NA-PQ401T sehingga suhu laptop tetap dingin. Sementara Asus Splendid adalah fitur pada layar yang memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan layar sesuai dengan seleranya. Lain lagi dengan Asus Tru2Life Video, fitur ini khusus untuk mengatur tampilan video agar lebih hidup dan nyaman di mata.

Asus SonicMaster adalah sistem pengolah audio digital yang terdapat pad hampir semua laptop merk Asus keluaran terbaru. Melalui fitur ini pengguna bisa mengatur setelah suara sesuai dengan yang dikehendaki. Ketika kamu beralih dari setelah musik ke film misalnya, akan mudah dilakukan hanya dengan satu kali klik saja.

Ringkasan Spesifikasi Laptop Asus X441NA-PQ401T

Harga: Mulai Dari Rp 4,1 Jutaan
Prosesor: Intel Pentium N4200
Clockspeed: 1.1 GHz, Fitur Burst sampai dengan 2.5 GHz
RAM: 4GB DDR3L
HDD: 500 GB SATA 5400RPM
Layar: 14" Resolusi HD 1366x768 Piksel
Graphics: Intel HD Graphics 505
Port Konektor: VGA, USB Type-C, USB Type-A, USB 2.0, Jack 3.5mm, LAN RJ-45, Card Reader dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: 36 Whrs - 3 Cells
Optical Drive: DVD-RW
Audio: Asus SonicMaster
Dimensi: 34,8 x 24,2 x 2,76 cm
Webcam: VGA
Sistem Operasi: Windows 10 Home 64 Bit
Warna: Gold campur abu-abu gelap

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Asus X441NA-PQ401T

Kelebihan:

1. Prosesor merupakan tipe Intel Pentium quad core yang memiliki kinerja di atas laptop murah kebanyakan
2. Ada fitur Asus EyeCare untuk melindungi mata dari radiasi blue light yang dipancarkan layar.
3. Pilihan konektivitas termasuk lengkap.
4. Sudah ada port USB tipe terbaru .
5. Dalam paket pembelian telah disertakan OS Windows 10 Home original.

Kekurangan:

1. Resolusi webcam masih VGA.


Kesimpulan


Dari review di atas dapat ditarik kesimpulam bahwa laptop Asus X441NA-PQ401T ini cocok sekali untuk pengguna yang akan menggunakan laptop nantinya untuk kegiatan komputasi standar, namun mengingingkan kinerja sedikit lebih bagus dari laptop murah pada umunya, misalnya yang masih memakai Intel Celeron N3060.

Sudah disertakannya sistem operasi Windows 10 asli di dalam paket pembelian sedikit banyak akan membantu pembeli dalam hal penyiapan sistem operasi agar laptopnya bisa dioperasikan. Akhir kata, kalau kamu memiliki budget di angka Rp 4,4 jutaan, membeli Asus X441NA-PQ401T adalah langkah yang tepat.


EmoticonEmoticon