Saturday, July 14, 2018

Review Asus X441UA-WX322T, Laptop Core i3 Dengan HDD 1TB Harga Murah

Bagi sebagian orang yang kurang nyaman memakai laptop yang rada lambat, membeli laptop dengan prosesor Intel Core i3 adalah salah satu solusinya, apalagi kalau budget yang disediakan hanya berkisar di angka Rp 5 jutaan saja. Seperti diketahui, performa laptop atau netbook yang berharga sekitar 3 jutaan memang kurang memuaskan, terutama yang cuma memiliki kapasitas RAM 2GB.

Nah, bagi kamu yang merasa kurang puas dengan laptop berharga murah seperti yang telah digambarkan di awal paragraf di atas, alternatif terbaik adalah membeli laptop Asus X441UA-WX322T.

Ilustrasi Review Asus X441UA-WX322T
 Laptop besutan pabrikan asal Taiwan ini telah menggunakan jenis prosesor yang sedikit lebih kencang daripada laptop berharga murah pada umumnya. Seperti apa fitur dan spesifikasi yang terdapat pada laptop berharga Rp 5 jutaan tersebut? Silahkan simak review selengkapnya di bawah ini.

Desain dan Layar

Laptop Asus X441UA-WX322T
Laptop Asus X441UA-WX322T tampil dengan balutan warna silver pada hampir seluruh permukaan bodinya. Desainnya sendiri cocok untuk kegiatan komputasi sehari-hari. Dari segi bobot termasuk ringan dari laptop 14 inci kebanyakan, yaitu berkisar 1,75 kg saja. Panjang bodi laptop ini adalah sekitar 34,8 cm, lebar 24,2 cm serta ketebalan lebih kurang 2,76 cm.

Di sisi sebelah kanan, terdapat berbagai macam port dan colokan yakni port Kensington Lock, port USB Type-C, port kabel LAN RJ-45, VGA-out, port HDMI, USB 3.0, USB 2.0 dan colokan jack audio 3,5 mm combo. Colokan audio combo ini maksudnya adalah hampir sama dengan earphone pada smartphone di mana sudah terintegrasi mic dan speaker bersamaan. Laptop keluaran baru memang kebanyakan menggunakan colokan audio combo ini, berbeda dengan laptop model lama yang mash terpisah antara colokan audio dengan mic-nya.

Kehadiran port VGA-out sedikit banyak akan membantu pengguna dalam hal ketersediaan konektivitas, karena tidak perlu membeli kabel konverter lagi secara terpisah. Perlu diingat, tidak semua laptop mempunyai port VGA-out tersebut. Salah satu kegunaannya adalah untuk memudahkan penyambungan laptop dengan proyektor model lama yang mungkin belum memiliki input dari kabel HDMI.

Di sektor layar, Asus membekali produk besutannya yang satu ini dengan layar seluas 14 inci beresolusi HD 1366 x 768 piksel. Resolusi layar sebesar itu memang banyak dipakai oleh laptop masa kini, namun teknologi pendukungnyalah yang akan membedakan. Jenis panel layarnya sendiri merupakan tipe TN-Panel yang memiliki sudut pandang sempit. Keuntungan layar bersudut pandang sempit tersebut salah satunya adalah privasi akan lebih terjaga karena tidak bisa dilihat dari arah samping.

Beberapa teknologi yang disematkan oleh Asus pada Asus X441UA-WX322T adalah Asus Eye Care dan Asus Tru2Life Video. Asus Aye Care berfungsi untuk meredam pancaran radiasi blue light, sedangkan Tru2Life Video berguna untuk meningkatkan kontras layar sampai 150% sehingga tampilan layar pun menjadi semakin bagus.

Performa


Intel Core i3-6006U yang menjadi otak utama laptop Asus X441UA-WX322T merupakan prosesor yang lumayan bagus kinerjanya. CPU ini memiliki clockspeed sebesar 2GHz dan 3 MB SmartCache. TDP-nya sendiri cuma 15 Watt dan itu berarti cukup hemat pemakaian dayanya. Sementara itu dukungan memori pun tergolong lega yakni sebesar 4GB. Jenis RAM yang terdapat pada Asus X441UA-WX322T ini adalah tipe terbaru DDR4 yang diketahui memiliki kinerja lebih bagus dari tipe DDR3 dan juga hemat komsumsi daya.

Di bagian olah grafis, hanya memakai GPU bawaan prosesor yaitu Intel HD Graphics 520. Belum ada GPU dedicated untuk model yang ini seperti Nvdia Geforce atau AMD Radeon. Tapi meskipun masih memakai GPU bawaan prosesor, sekedar menjalankan program editing video atau game yang tidak berat, laptop ini masih bisa meng-handle.

Nah, untuk ruang penyimpanan file-file milik pengguna, tersedia HDD jenis SATA berkapasitas 1TB. Kapasitas ini tentunya berada di atas rata-rata hard disk laptop pada umunya yang hanya 500 GB. Ruang penyimpanan besar tersebut akan membuat pengguna lebih leluasa menyimpan berkas-berkasnya seperti video, foto, musik dan lain-lain.

Fitur Lainnya

Laptop Asus X441UA-WX322T Yang Termasuk Ringan
Dalam paket pembelian, Asus telah membekali Asus X441UA-WX322T dengan sebuah sistem operasi original Windows 10 Home. Adanya OS original ini tentu akan bisa mengurangi sedikit kerepotan pembeli dalam hal penyiapan sistem operasi sebelum laptop bisa dioperasikan. Hal itu secara tidak langsung akan mengurangi biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh pembeli.

Di sektor baterai, Asus X441UA-WX322T telah menggunakan jenis baterai terbaru yaitu Lithium Polymer yang disempurnakan lagi dengan teknologi Asus SuperBatt. Gabungan antara dua teknologi tersebut akan meningkatkan masa pakai menjadi 3 kali lebih lama dibandingkan dengan jenis baterai model lama.

Kelebihan lain yang bisa ditemui pada laptop Asus X441UA-WX322T ini adalah dari segi audio, di mana speakernya mempunyai daya yang lebih besar daripada laptop kebanyakan. Ditambah dengan teknologi Asus SonicMaster, kualitas suara yang dihasilkan tidak usah diragukan lagi tentunya.

Ringkasan Spesifikasi Asus X441UA-WX322T

Harga: Mulai Dari Rp 5,5 Jutaan
Prosesor: Intel Core i3-6006U
Clockspeed: 2.0 GHz
RAM: 4GB DDR4
HDD: 1TB SATA 5400RPM
Layar: 14" Resolusi HD 1366x768 Piksel
Graphics: Intel HD Graphics 520
Port Konektor: VGA-out, USB Type-C, USB 3.0, USB 2.0, Jack 3.5mm, LAN RJ-45, Card Reader dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: 36 Whrs - 3 Cells
Optical Drive: DVD-RW
Audio: Asus SonicMaster
Dimensi: 34,8 x 24,2 x 2,76 cm
Webcam: VGA
Sistem Operasi: Windows 10 Home 64 Bit
Warna: Silver

Kelebihan dan Kekurangan Asus X441UA-WX322T

Kelebihan:

1. Prosesor Intel Core i3-6006U yang termasuk hemat daya
2. Jenis RAM DDR4 terbaru
3. Terdapat fitur layar seperti Asus Eye Care yang akan melindungi mata dari pancaran radiasi blue light
4. Kualitas suara yang dihasilkan cukup bagus
5. Sudah ada OS Windows 10 original dalam paket pembelian
6. Pilihan Konektivitas lengkap

Kekurangan:

1. Resolusi webcam masih VGA

Kesimpulan


Setelah melihat ulasan di atas, sampai di sini dapat disimpulkan bahwa laptop Asus X441UA-WX322T ini pas sekali untuk kamu yang sedang mencari laptop yang memiliki kinerja di atas laptop berharga murah lainnya, seperti yang masih memakai prosesor Intel Pentium atau Intel Celeron. Desain yang terlihat bagus serta bobot yang termasuk ringan untuk kategori laptop layar 14 inci merupakan nilai lebih dari laptop Asus yang satu ini.

Akhir kata, kalau kamu tertarik dengan Asus X441UA-WX322T, silahkan siapkan dana sekitar Rp 5,5 juta, karena harga pasaran laptop ini memang berada di angka tersebut. Mungkin saja ada toko lain yang menjual dengan harga lebih murah dari itu. Kalau kamu kurang sreg dengan warna silver, masih tersedia warna lain seperti gold, merah, hitam dan putih, namun dengan kode model yang berbeda, misalnya untuk warna merah kode modelnya akan menjadi Asus X441UA-WX323T.


EmoticonEmoticon