Thursday, July 5, 2018

Review Axioo MyBook 11 NBAX1710KN, Netbook Harga 2 Jutaan Yang Cocok Untuk Pelajar

Review Axioo MyBook 11 NBAX1710KN, Netbook Harga 2 Jutaan Yang Cocok Untuk Pelajar - Saat ini bukan hanya orang kantoran saja yang membutuhkan peralatan komputasi, tapi kalangan pelajar dan mahasiswa juga memerlukannya. Hal itu karena sistem pendidikan yang telah berubah beberapa tahun belakangan. Di satu sisi anakan alat komputasi seperti laptop atau netbook akan memperlancar proses belajar-mengajar, namun di sisi lain akan sedikit memberatkan orang tua siswa karena harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membelinya.

Di pasaran banyak sekali pilihan laptop dan netbook yang bisa dibeli oleh orang tua untuk anaknya. Kisaran harga juga bervariasi, mulai dari harga yang paling murah sekitar Rp 2 jutaan sampai dengan di atas Rp 10 juta. Nah, jika saat ini anda membutuhkan sebuah peralatan komputasi yang murah untuk menunjang kelancaran belajar anak kesayangan, anda bisa memilih netbook Axioo MyBook 11 NBAX1710KN.

Axioo MyBook 11 NBAX1710KN Tampak Depan
Netbook Axioo MyBook 11 NBAX1710KN ini sudah bisa memenuhi semua kebutuhan belajar anak, misalnya mengetik dokumen, browsing, mendengarkan musik atau menonton video yang berhubungan dengan pelajaran mereka. Pembahasan lengkap mengenai netbook besutan vendor lokal ini silahkan simak di bawah ini.

Desain dan Layar

Axioo MyBook 11 NBAX1710KN
Axioo MyBook 11 NBAX1710KN hadir dengan desain yang elegan dan lumayan tipis. Tersedia 3 pilihan warna menarik untuk dipilih pelanggan yaitu hitam, brown dan blue navy. Ketersediaan banyak pilihan warna tersebut pastinya akan memudahkan anak menyesuaikan dengan warna kesukaannya.

Pada sisi sebelah kanan netbook terdapat port USB 2.0, slot kartu Micro SD dan colokan charger. Sementara itu pada bagian kanan ada port USB 3.0, colokan jack audio 3.5 mm combo dan port Mini HDMI.

Di sektor layar, Axioo menyematkan layar seluas 11,6 inci pada laptop besutannya ini. Resolusi layar itu sendiri adalah HD 1366 x 768 piksel. Jika dilihat perbandingan antara luas layar dan resolusi yang dimiliki, seharusnya tampilan objek di layar akan terlihat halus, detail dan tidak pecah-pecah. Aktivitas seperti membaca dokumen akan lebih terasa nyaman dan menyenangkan.

Di bagian atas layar bercokol satu webcam dengan resolusi cukup besar yakni 2 MP. Webcam ini bisa dimanfaatkan oleh anak untuk berbagai kebutuhan, misalnya melakukan video call lewat aplikasi Skype dan sejenisnya. Selain itu jika ingin berselfie-ria di depan netbook, tentu saja dapat dilakukan.

Performa

Netbook Axioo MyBook 11 NBAX1710KN
Netbook Axioo MyBook 11 NBAX1710KN ini termasuk salah satu netbook yang ditujukan untuk pemula dan oleh karenanya spesifikasi yang diusung secara umum terbilang 'biasa saja'. Prosesor yang dibenamkan sebagai otak utama netbook Axioo satu ini adalah CPU jenis Intel Celeron N3350. Prosesor tersebut termasuk dalam keluarga dual core yang berarti memiliki 2 inti. Besar memori cache-nya sekitar 2 MB dan speedclock mencapai 2,40 GHz.

Di sisi RAM, terdapat memori tipe DDR3 sebesar 2 GB. Kapasitas RAM sebesar itu tergolong sudah cukup bagus untuk membantu beban kerja prosesor. Agar kondisi RAM tidak penuh saat dipakai, anak bisa mengakalinya dengan tidak membuka banyak program sekaligus dalam waktu bersamaan, atau tidak banyak membuka tab browser ketika berselancar di internet.

Bagaimana untuk GPU-nya, apakah sudah bisa dipakai untuk bermain game? Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah relatif, karena tergantung dari game apa yang akan dimainkan pada netbook. Kalau hanya sebatas game-game ringan, sudah pasti bisa berjalan dengan lancar. Begitu juga dengan game-game online berspesifikasi rendah, seharusnya akan bisa berjalan lancar juga. Untuk game berat yang membutuhan spesifikasi hardware yang tinggi, netbook Axioo ini belum mendukung.

Sementara itu untuk ruang penyimpanan file-file milik anak, terdapat HDD jenis SATA dengan kapasitas cukup lega yakni 500 GB. HDD tersebut akan bisa menampung puluhan ribu foto dan MP3 beserta file-file lainnya. Jadi, soal ruang penyimpanan, Axioo MyBook 11 NBAX1710KN termasuk bagus dan memuaskan serta bisa menampung koleksi file anak dalam jumlah besar.

Fitur Lainnya

Beberapa fitur lain yang bisa ditemui pada netbook Axioo MyBook 11 NBAX1710KN antara lain konektivitas nirkabel yang lengkap, yaitu Bluetooth dan Wifi. Tersedianya Wifi dan Bluetooth itu tentunya akan sangat membantu anak dalam mengakses hotspot wifi serta melakukan transfer file dari perangkat lain. Khusus untuk Bluetooth, bisa pula dipakai untuk melakukan streming audio ke perangkat yang sesuai.

Sebagai sumber tenaga, Axioo MyBook 11 NBAX1710KN dibekali dengan baterai berkapasitas 10000 mAh. Baterai tersebut diklaim akan mamu bertahan sampai dengan 6 jam lebih dalam kondisi pemakaian normal. Hal ini sebenarnya bisa dimaklumi mengingat jenis CPU yang teradapat pada Axioo MyBook 11 NBAX1710KN merupakan tipe prosesor yang sangat hemat konsumsi daya. Untuk urusan audio, Axioo menyematkan dua buah speaker yang masing-masing memiliki daya 1 Watt sebagai output suara netbook. Kualitas suara yang dihasilkan cukup memuaskan karena sudah stereo.

Dalam paket pembeliannya, Axioo MyBook 11 NBAX1710KN belum disertai dengan sebuah sitem operasi, sehingga jika anda membeli netbook ini, masih diperlukan instalasi OS agar netbook bisa digunakan. Jika misalnya anda kesulitan akan hal tersebut, anda bisa meminta penjual untuk menginstal OS semacam Windows ke dalamnya.

Ringkasan Spesifikasi Axioo MyBook 11 NBAX1710KN

  • Harga: Mulai Dari Rp 2,6 Jutaan
  • Prosesor: Intel Celeron N3350
  • Clockspeed: 1.10 GHz, Fitur Burst sampai dengan 2.40 GHz
  • Jumlah Core: Dual Core
  • RAM: 2 GB DDR3
  • HDD: 500GB SATA 5400RPM
  • Layar: 11.6" Resolusi HD 1366x768 Piksel
  • Graphics: Intel HD Graphics 500
  • Port Konektor: USB 3.0, USB 2.0, Jack 3.5mm Combo, Slot Micro SD dan Mini HDMI
  • Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
  • Baterai: 10000 mAh
  • Optical Drive: Tidak Ada
  • Webcam: Resolusi 2 MP
  • Audio: Stereo
  • Sistem Operasi: DOS
  • Pilihan Warna: Hitam. Brown dan Blue Navy

Kelebihan dan Kekurangan Axioo MyBook 11 NBAX1710KN

Kelebihan:

  1. Harga murah
  2. Prosesor merupakan tipe hemat daya
  3. Pilihan konektivitas wireless cukup lengkap
  4. Desain lumayan bagus dan bobot tidak berat
  5. Jika dibawa bepergian tidak akan terlalu makan tempat dalam tas

Kekurangan:

  1. Belum ada DVD Drive
  2. Belum ada sistem operasi Windows dalam paket pembelian

Kesimpulan

Dilihat dari spesifikasi yang dimiliki oleh netbook Axioo MyBook 11 NBAX1710KN di atas bisa dilihat bahwa netbook satu ini memang pas sekali untuk pelajar maupun mahasiswa. Harganya yang terbilang sangat murah merupakan nilai tambah lainnya dari netbook Axioo satu ini. Dengan budget kecil sudah membawa pulang netbook yang bisa memenuhi kebutuhan komputasi anak.

Sebagai catatan tambahan, dalam paket pembeliannya,  Axioo MyBook 11 NBAX1710KN masih berupa kosongan alias tanpa sistem operasi, dan oleh karenanya agar netbook bisa dioperasikan, harus diinstal OS terlebih dahulu ke dalamnya. Namun itu bukalnlah satu perkara besar, sebab pembeli bisa meminta penjual untuk menginstal netbook tersebut.


EmoticonEmoticon