Saturday, July 21, 2018

Review Dell Inspiron 3467 i3-6006U, Laptop Murah Dengan HDD 1TB

Beberapa waktu lalu, Dell telah meluncurkan satu produk berupa laptop yang diberi dengan kode model Dell Inspiron 3467. Sebenarnya banyak varian dari model tersebut, mulai dari yang berharga Rp 3 jutaan dengan prosesor dual core sampai ke yang berharga mahal dengan CPU Intel Core i7. Diantara yang mungkin pas untuk 'pengguna biasa' adalah tipe yang memakai Intel Core i3 ini. Orang yang cocok menggunakan laptop dari Dell ini diantaranya karyawan kantoran, pelajar, mahasiswa dan orang awam lainnya yang menginginkan kinerja laptop yang bisa diandalakan untuk mengerjakan tugas sehari-hari.

Dell Inspiron 3467 i3-6006U Hitam
Laptop Dell Inspiron 3467 i3-6006U sendiri termasuk tipe baru di tahun 2018 ini, itu bisa dilihat dari generasi prosesor yang digunakan serta jenis RAM yang telah mengadopsi tipe paling baru; DDR4. Oleh karena masih terbilang model baru, maka secara tidak langsung hardware serta fitur akan memakai yang tipe baru juga.

Bagi kamu yang sebelumnya sudah pernah meanggunakan laptop dengan prosesor dual core misalnya, namun merasa kurang puas dengan kinerjanya, kamu bisa memilih laptop Dell yang ini karena bisa dipastikan akan memiliki performa yang jauh lebih baik daripada laptop yang masih memakai prosesor standar seperti Intel Celeron atau pun Intel Pentium.

Lalu, berapa budget yang harus dikeluarkan untuk membawa pulang laptop besutan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut? Harga jualnya tidaklah terlalu mahal dan masih terjangkau. Tidak jauh bedanya dengan laptop berprosesor Intel Core i3 yang lain yang dibanderol di kiasaran Rp 5 jutaan, tapi untuk laptop Dell ini sedikit lebih murah yakni Rp 5,2 jutaan saja. Seperti apa performa dan fitur lain laptop yang tampil dengan balutan warna hitam ini? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Desain dan Layar


Laptop Dell Inspiron 3467 i3-6006U memiliki desain yang agak kotak, khas laptop merk Dell. Hampir semua permukaan bodinya apakah bagian samping kiri, samping kanan, atas, bawah dan keyboard semuanya berwana hitam. Bagi kamu yang memang menyukai wara tersebut, tentu saja akan pas sekali jika membelinya.
Dell Inspiron 3467 i3-6006U
Pada sisi kiri dan kanan laptop kamu akan bisa menemukan berbagai macam port dan colokan yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan fungsi masing-masing. Port dan colokan yang dimaksudkan adalah colokan pengecas, port USB 3.0, USB 2.0, HDMI, slot kartu SD, Kensington Lock dan port LAN card RJ-45. Terdapat pula fentilasi udara sebagai tempat pembuangan panas di sisi sebelah kiri.

Panjang bodinya sekitar 34,5 cm, lebar 24,3 cm serta ketebalan lebih kurang 2,4 cm. Tergolong standar untuk ukuran laptop masa kini. Kalau dibawa bepergian nantinya, kemungkinan besar tidak akan terlalu merepotkan, sebab bobot yang dimiliki secara keseluruhan sudah termasuk baterai adalah sekitar 1,7 kg saja.

Luas layar laptop Dell Inspiron 3467 i3-6006U adalah 14 inci dengan resolusi HD 1366 x 768 piksel. Resolusi tersebut juga tergolong standar, karena kebanyakan laptop saat ini memang banyak yang memakai resolusi layar sebesar itu. Dell sendiri menyebut jenis layar laptop besutannya itu dengan istilah Truelife LED-Backlit Display. Itu berarti layarnya jenis LCD, namun pencahayaan belakang memakai lampu LED yang dikenal sangat hemat konsumsi listriknya.

Performa


Seperti yang terdapat pada kode modelnya, laptop Dell Inspiron 3467 i3-6006U menggunakan prosesor Intel Core i3 generasi keenam sebagai dapur pacunya. Jenis prosesor tersebut tepatnya adalah Intel Core i3-6006U. Huruh "U" di akhir kode CPU menunjukkan bahwa ia merupakan jenis prosesor yang hemat daya yang secara tidak langsung akan membuat daya tahan baterai laptop semakin lama. CPU ini memiliki kapasitas cache sebesar 3 MB dan speedclock sebesar 2.0 GHz.

Sementara itu untuk dukungan RAM bisa dikatakan biasa yakni memakai RAM berkapasitas 4 GB jenis DDR4 2133 MHz. RAM DDR4 dikenal memiliki kinerja yang lebih bagus daripada DDR3 dan juga lebih hemat daya. Nah, di sektor olah grafis belum ada GPU dedicated, tapi hanya memakai GPU bawaan prosesor yang kinerjanya lumayan bagus terutama kalau hanya untuk menjalankan program ringan. Tipe GPU tersebut adalah Intel HD Graphics 520.
Laptop Dell Inspiron 3467 i3-6006U
Di sisi ruang penyimpanan, lebih besar daripada laptop layar 14 inci kebanyakan yang masih menggunakan HDD berkapasitas 500 GB. Kapasitas HDD laptop Dell Inspiron 3467 i3-6006U adalah 1 Tera Byte dan merupakan jenis HDD SATA dengan rotasi 5400 RPM. Spesifikasi HDD yang dimiliki memang termasuk lega, dan tentunya bisa dipakai untuk menyimpan berbagai jenis file dalam jumlah besar.

Fitur Lain


Dalam paket pembeliannya, Dell berbeda dengan merk laptop yang lain di mana biasanya kalau tidak memakai sistem operasi Windows 10, atau masih kosongan. Laptop Dell yang ini menyertakan sistem operasi open source gratis Ubuntu yang merupakan OS dalam keluarga Linux. Kalau kamu seorang pengguna OS Ubuntu sebelumnya, kehadiran OS tersebut pastinya bisa jadi merupakan kabar gembira. Akan tetapi kalau kamu tidak terbiasa memakai OS gratis itu, kamu tetap bisa menggantinya dengan OS sejuta umat: Windows.

Untuk keperluan video call, Del telah membekali laptop produksinya tersebut dengan webcam dengan kamera beresolusi cukup tinggi yaitu 720p. Aktivitas seperti video call atau sejenis pastinya akan bisa berjalan lancar berkat hadirnya webcam beresolusi 720p tersebut.

Sementara sumber tenaga pada Dell Inspiron 3467 i3-6006U menggunakan baterai jenis 4 cells dengan kapasitas sebesar 40 Whrs. Kalau digunakan dalam kondisi normal, seharusnya baterai akan bisa bertahan sampai dengan 7 jam. Untuk memperpanjang masa pakai baterai, kamu bisa mengakalinya dengan menurunkan brightness layar, mematikan wifi dan bluetooth saa tidak digunakan serta hindari menjalankan banyak program dalam waktu bersamaan.

Mengenai garansi after sales, Dell termasuk brand laptop yang bisa memanjakan para pelanggannya, sebab Dell sendiri menyediakan layanan garansi "on-site" yang berarti ketika masih dalam masa garansi dan laptop bermasalah, teknisi resmi dari Dell bisa dipanggil ke rumah customer. Bagaimana kalau masa garansi telah habis? Tetap bisa dipanggil teknisinya ke rumah pelanggan, tapi mungkin akan dikenakan biaya dalam jumlah tertentu.

Ringkasan Spesifikasi Dell Inspiron 3467 i3-6006U


Harga: Mulai Dari Rp 5,2 Jutaan
Prosesor: Intel Core i3-6006U
Clockspeed: 2.0 GHz
RAM: 4 GB DDR4
HDD: 1 TB SATA 5400RPM
Layar: 14" Resolusi HD 1366x768 Piksel
Graphics: Intel HD Graphics 520
Port Konektor: USB 3.0, USB 2.0, Jack 3.5mm Combo, Slot SD Card dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: 40 Whrs
Webcam: Resolusi 720p
Audio: Stereo
Sistem Operasi: Linux Ubuntu
Warna: Hitam

Sekian ulasan mengenai review laptop Dell Inspiron 3467 i3-6006U. Semoga tulisan di atas dapat memberikan kamu gambaran bagaimana kinerja dan fitur yang dimiliki oleh laptop dengan luas layar 14 inci tersebut. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon