Wednesday, July 18, 2018

Review Lenovo IdeaPad 320-15ABR, Laptop RAM 8GB Hanya Rp 6 Juta

Seperti diketahui, rata-rata laptop yang beredar di pasaran saat ini hanya memiliki kapasitas RAM 2 GB atau 4 GB saja, kecuali tentunya laptop gaming yang biasanya memang telah dibekali dengan RAM cukup besar. Nah, kalau kamu menginginkan sebuah laptop yang mempunyai kapasitas RAM besar, misalnya 8 GB, kamu bisa memilih laptop Lenovo yang akan dibahas secara mendalam pada postingan kali ini. Tipe laptop yang dimaksud adalah Lenovo IdeaPad 320-15ABR.

Laptop Lenovo IdeaPad 320-15ABR

Laptop yang mempunyai kapasitas RAM besar memang memiliki banyak keunggulan, yang pertama adalah aktivitas multitasking akan berjalan lancar tanpa kendala, yang kedua akan memperlancar kinerja laptop terutama ketika menjalankan program yang memang membutuhkan spesifikasi hardware tinggi contohnya video editor atau desain grafis. Masih banyak kelebihan lainnya yang dimiliki oleh laptop yang mempunyai kapasitas RAM besar tersebut.

Seperti yang telah disinggung pada awal paragraf di atas, salah satu laptop yang memiliki RAM cukup besar adalah laptop besutan Lenovo dengan kode model Lenovo IdeaPad 320-15ABR. Harga jualnya tergolong murah, cuma sekitar Rp 6 juta saja. Bagi kamu yang memiliki budget sebesar itu dan berencana untuk membeli laptop dengan kapasitas RAM besar, laptop merk Lenovo satu ini bisa dijadikan pilihan yang pas. Lalu, seperti apa performa, desain dan fitur-fitur yang terdapat pada laptop besutan pabrikan asal China tersebut? Silahkan langsung saja simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Desain dan Layar


Lenovo IdeaPad 320-15ABR memiliki desain unibody yang terlihat elegan saat dipandang. Tersedia dalam dua pilihan warna menawan yakni Onyx Black dan Platinum Grey. Material pembuatnya adalah bahan yang cukup tangguh dan pastinya akan nyaman saat dipegang. Begitu juga dengan papan ketiknya, sangat nyaman untuk digunakan terutama yang telah biasa memakai produk laptop Lenovo.

Ketebalannya sendiri bisa dibilang standar yakni hanya sekitar 22,9 cm saja. Sementara itu panjang bodi dari ujung ke ujung lebih kurang 37,8 cm serta lebar 26 cm. Ukuran bodi tampaknya memang agak sedikit bongsor, itu karena dipengaruhi oleh ukuran layarnya yang juga tergolong lega yaitu 15,6 inci.
Lenovo IdeaPad 320-15ABR AMD
Ukuran layarnya tersebut selain sudah besar, resolusinya pun termasuk mantap yaitu Full HD 1920 x 1080 piksel. Resolusi layar yang sebesar itu pastinya akan mampu menampilkan setiap objek semisal teks, gambar, video dan lainnya dengan halus dan tajam. Mengenai resolusi layarnya tersebut, memang di atas rata-rata laptop dengan harga yang setara, yang biasanya cuma memiliki resolusi HD 1366 x 768 piksel. Hal ini sekaligus menjadi nilai lebih dari produk Lenovo satu ini.

Pada bagian sisi kanan dan kiri laptop, terdapat berbagai macam pilihan konektivitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, diantaranya adalah port USB 3.0, USB 2.0, port HDMI, colokan jack audio 3,5 mm combo serta slot SD card reader. Teradapat pula colokan pengecas dari charger yang berbentuk ktak memanjang, khas produk Lenovo. Bentuk colokan pengecas tersebut memang berbeda dengan laptop pada umunya yang berbentuk bulat.

Performa


Sesuai dengan yang telah disinggung pada judul, laptop Lenovo IdeaPad 320-15ABR mempunyai RAM berkapasitas besar 8 GB. Jenis RAM-nya itu sendiri merupakan tipe baru yakni DDR4 1866 MHz. RAM jenis baru ini selain memiliki kinerja yang lebih bagus dari RAM DDR3, juga lebih hemat konsumsi dayanya.

Di sektor CPU, Lenovo membekali produk andalannya ini dengan prosesor cukup tangguh yaitu AMD A12-9720P. Kinerja prosesor ini tentu tidak usah diragukan lagi, apalagi didukung oleh kapasitas RAM besar, sudah barang tentu akan bisa meng-handle program-program level menengah seperti untuk editing video, desain dan sejenisnya. Speedclock yang dimiliki CPU ini tergolong tinggi di mana frekuensi dasar sebesar 2.7 GHz dan mendukung fitur Turbo Speed hingga 3.6 GHz.
Lenovo IdeaPad 320-15ABR Tampak Atas
Di sisi pengolah grafis pun tak kalah bagusnya karena telah terintegrasi GPU jenis AMD Radeon R7 M265 yang berkapasitas 2 GB. Spesifikasi GPU seperti itu memang akan belum mampu menjalankan program atau game berat dengan lancar, tapi sekedar program dan game yang tidak terlalu membutuhkan spek hardware tinggi tentu saja bisa dieksekusi dengan baik.

Hebatnya lagi, bukan hanya spesifikasi layar, RAM, GPU dan prosesor saja yang cukup tinggi pada Lenovo IdeaPad 320-15ABR ini, namun juga di sisi ruang penyimpanan. Kapasitas HDD yang dibenamkan bisa dikatakan besar dan berada di atas rata-rata kapasitas HDD kebanyakan laptop yaitu sebesar 1 TeraByte. Meskipun kamu merupakan seorang kolektor film, akan banyak sekali jenis film yang bisa ditampung, selain file-file jenis lain tentunya.

Fitur Lainnya


Laptop Lenovo IdeaPad 320-15ABR telah disempurnakan lagi dengan pilihan konektivitas wireless yang pasti akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Konektivitas nirkabel yang dimaksud adalah Wifi 802.11 AC dan bluetooth tipe terbaru 4.1.

Nah, untuk urusan audio juga tak bisa dipandang sebelah mata, karena Lenovo sendiri telah menyematkan Dolby Audio sebagai fitur suara yang akan memanjakan telinga penggunanya. Di dukung pula dengan dua buah speaker yang memiliki daya cukup besar 1,5 Watt.

Untuk urusan spesifikasi baterai sayangnya Lenovo tidak menuliskan secara jelas berapa kapasitas yang dimiliki, hanya dituliskan sampai dengan 4,5 jam with MobileMark 2014 saja di situs resminya. Asusmsi Admin sih, mungkin lebih kurang 32 Whrs lah. Ingat, ini hanya asumsi saja ya :) . Kalau kamu ingin mengetahui bih detail, sebaiknya tanyakan langsung kepada customer service Lenovo Indonesia.

Satu lagi keunggulan yang dimiliki oleh laptop Lenovo IdeaPad 320-15ABR adalah dari sisi webcam, di mana resolusi yang dimiliki juga berada di atas rata-rata laptop merk lain yaitu mencapai 720p. Resolusi webcam sebesar itu akan membuat aktivitas seperti video call via Skype contohnya, akan bisa menghasilkan gambar yang berkualitas lebih baik daripada yang masih mengadopsi webcam resolusi VGA.

Ringkasan Spesifikasi Lenovo IdeaPad 320-15ABR


Harga: Mulai Dari Rp 6 Juta
Prosesor: AMD A12-9720P
Clockspeed: 2.7 GHz, Turbo Speed sampai dengan 3.7 GHz
Jumlah Core: Quad Core
RAM: 8 GB DDR4
HDD: 1 TB SATA 5400RPM
Layar: 15.6" Resolusi Full HD 1920x1080 Piksel
Graphics: AMD Radeon R7 M265 2 GB
Port Konektor: USB 3.0, USB 2.0, Jack 3.5mm Combo, Slot SD Card dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: Sampai Dengan 4,5 jam
Optical Drive: DVD RW
Webcam: Resolusi 720p
Audio: Dolby
Sistem Operasi: Windows 10 Home
Pilihan Warna: Onyx Black dan Platinum Grey

Demikianlah review tentang laptop Lenovo IdeaPad 320-15ABR seperti yang bisa dilihat di atas. Jadi kesimpulannya kalau kamu memiliki budget sekitar Rp 6 juta dan akan digunakan untuk editing video atau desain menggunakan program-program level medium, membeli laptop besutan Lenovo ini bisa dipertimbangkan untuk dipilih.


EmoticonEmoticon