Saturday, July 28, 2018

Review Lenovo Ideapad 320 A9-9420, Laptop Murah Dengan HDD Besar

Review Lenovo Ideapad 320 A9-9420, Laptop Murah Dengan HDD Besar - Lenovo dikenal secara rutin mengeluarkan beberapa varian laptop tiap tahunnya. Target pasarnya sendiri sangat beragam, mulai dari untuk kalangan entry level, sampai kepada kalangan kelas atas yang biasanya memiliki spesifikasi premium. Untuk pengguna pemula atau entry level, harga murah tentu saja tetap menjadi pilihan yang pas, sebab selain harganya yang terjangkau, juga mungkin disebabkan hanya akan dipakai untuk kegiatan komputasi standar saja.

Plihan warna Lenovo Ideapad 320 A9-9420
Diantara sekian banyak model laptop pemula dari Lenovo adalah salah satu yang diberi dengan kode model Lenovo Ideapad 320. Tipe ini sebenarnya terdiri dari banyak varian lagi misalnya yang berprosesor Intel atau AMD. Pada kesempatan ini Admin hanya akan membahas yang versi AMD saja. Sebagai info tambahan, untuk yang menggunakan CPU AMD sendiri terdiri dari berbagai macam pula, contohnya yang berprosesor AMD E-series dan AMD A-series. Artikel ini akan pembahasannya akan mengerucut lagi pada model Lenovo Ideapad 320 yang memakai AMD A9-9420, sesuai dengan judul.

Harga jual laptop Lenovo satu ini bisa dibilang cukup terjangkau, hanya di kisaran Rp 4 juta lebih sedikit. Harga tersebut diambil dari referensi salah satu toko online besar tanah air. Bisa saja masih ada toko-toko lain yang menjual dengan harga yang lebih murah. Bagaimana spesifikasi secara keseluruhan dari laptop besutan vendor asal Tiongkok tersebut? Silahkan simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Desain dan Layar


Lenovo IP 320 A9-9420 memiliki desain khas laptop Lenovo. Untuk bobot tergolong ringan, hanya sekitar 2,1 kg saja sudah termasuk baterai. Bobot seperti itu tentunya tidak akan terlalu memberatkan saat dibawa bepergian. Sementara itu panjang bodi adalah sekitar 33,8 cm, lebar 2,4 cm serta ketebalannya lebih kurang 2,27 cm. Kamu dapat memilih 4 pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan warna favorit kamu. Adapun keempat warna yang disediakan adalah Platinum Grey, Onyx Black, Blizzard White dan Denim Blue.
Lenovo Ideapad 320 A9-9420 tampak depan
Pada bagian sisi dan kanan laptop, kamu akan menemukan berbagai jenis konektivitas yang termasuk lengkap. Sebut saja ada port USB3.0, USB-Type C yang merupakan tipe USB baru, port HDMI, port LAN RJ-45 dan slot kartu SD. Jika kamu ingin menyambungkan laptop dengan koneksi internet melalui jaringan LAN di rumah atau di kantor, tentu saja Lenovo IP 320 A9-9420 sudah mendukung, karena sudah tersedia colokan kabel LAN-nya.

Lenovo sendiri menyebutkan bahwa laptop besutannya ini telah dilengkapi dengan lapisan khusus yang dapat melindungi laptop dari goresan pada bodi. Di samping itu terdapat pula material karet pada bagian bawah laptop yang berguna untuk memperlancar sistem ventilasi udara, sehingga laptop tidak akan cepat panas. Kahadiran fitur anti gores bodi seperti yang telah disebutkan tadi pastilah akan sangat bermanfaat untuk melindungi bodi laptop dari goresan-goresan dalam pemakaian sehari-hari.

Selain untuk penggunaan biasa, laptop Lenovo IP 320 A9-9420 cocok pula dipakai untuk menonton video, karena selain layarnya yang terbilang lega 14 inci, fitur yang dibenamkan di layar juga termasuk bagus. Salah satu fitur layar tersebut adalah anti glare. Anti glare adalah satu fitur yang akan meredam pantulan cahaya dari sekitar layar laptop, sehingga tidak bikin mata silau dan tentu saja tampilan warna akan lebih baik.

Resolusi layarnya sendiri masih HD 1366 x 768 piksel. Meskipun begitu, mengingat bentang layar cuma 14 inci, setiap tampilan objek akan tetap lumayan halus dan tajam apakah itu teks, foto atau yang lainnya. Layar TV LED yang seluas 32 inci saja masih kelihatan bagus dengan resolusi HD, apalagi ini yang cuma 14 inci :-) .

Performa


Bicara soal performa, tentu akan banyak faktor yang mempengaruhi. Namun dari sekian faktor yang akan mempengaruhi kinerja sebuah laptop, jenis prosesor merupakan yang paling utama. Semakin tinggi spesifikasi CPU sebuah laptop, maka akan semakin bagus juga performanya. Nah, untuk Lenovo IP 320 A9-9420 sendiri, memakai prosesor dari AMD dengan tipe AMD A9-9420. Prosesor tersebut merupakan jenis CPU baru darui AMD takni yang generasi ketujuhnya. Turbo clock speed AMD A9-9420 mencapai 3.6 GHz, termasuk tinggi.

Beralih ke memori, Lenovo IP 320 A9-9420 dibekali dengan RAM jenis DDR4 berkapasitas 4 GB. Pada situs resmi Lenovo disebutkan bahwa memori RAM tersebut dapat diupgrade sampai dengan 8 GB. Asusmsi Admin slot RAM yang dimiliki oleh Lenovo IP 320 A9-9420 mungkin cuma satu, oleh karenanya hanya bisa ditingkatkan sampai 8 GB saja.
Tampilan Lenovo Ideapad 320 A9-9420 dnegan OS Windows 10
Di sisi GPU, telah terintegrasi GPU AMD Radeon R5 yang sudah cukup kuat untuk meng-handle tugas-tugas yang berhubungan dengan desain grafis atau editing video, meskipun masih terbatas pada program-program yang tidak berat saja. Bagaimana untuk kenutuhan bermain game? Kemungkinan besar laptopLenovo in sudah dapat memainkan game-game HD, tapi diperlukan penyesuaian pengaturan agar bisa berjalan tanpa hambatan.

Untuk ruang penyimpanan, Lenovo telah membekali dengan HDD berkapasitas cukup besar yakni 1 TB. Kapasitas itu kalau dirasa masih kurang, bisa ditambah sampai dengan 2 TB maksimal. Jadi kalau kamu suka mengoleksi film-film HD misalnya, tentu kapasitas sebesar itu akan bisa menampung banyak film ataupun video milikmu.

Fitu Lainnya


Apabila kamu berminat dengan laptop Lenovo Ideapad 320 A9-9420, kamu akan memiliki dua jenis pilihan sistem operasi; pertama yang masih DOS alias belum memiliki sistem operasi apapun dan yang kedua dengan OS Windows 10 Home. Jika ingin harga yang murah, pilih saja yang DOS atau masih kosongan tersebut, namun nantinya harus diisi dulu dengan OS baru laptopnya bisa dipergunakan. Sementara itu kalau kamu tidak ingin repot dalam hal penyiapan OS untuk laptop, sebaiknya beli saja tipe yang sudah ada OS Windows 10.

Untuk urusan suara, Lenovo IP 320 A9-9420 menggunakan pemroses audio digital Dolby Audio. Sementara itu sebagai output suara, memakai dua buah speaker stereo dengan daya sebesar 2 kali 1,5 Watt. Suara musik akan terdengar jernih karena penggunaan Dolby Audio dan speakernya yang berdaya lumayan besar itu.

Ringkasan Spesifikasi Lenovo Ideapad 320 A9-9420


Harga: Mulai Dari Rp 4,1 Jutaan
Prosesor: AMD A9-9420
Clockspeed: 2.0 GHz, dilengkapi fitur turbo clock speed hingga 3.6 GHz
RAM: 4 GB DDR4
HDD: 1 TB SATA 5400RPM
Layar: 14" Resolusi HD 1366x768 Piksel
Graphics: AMD Radeon R5 Graphics
Port Konektor: USB 3.0, USB Type-C, Jack 3.5mm Combo, LAN, Slot SD Card dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: 30 Whrs
Webcam: Resolusi VGA
Audio: Dolby Audio
Sistem Operasi: DOS atau Windows 10 Home 64 Bit
Warna: Platinum Grey, Onyx Black, Blizzard White dan Denim Blue

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Ideapad 320 A9-9420


Kelebihan:

1. Harga termasuk murah.
2. Ruang penyimpanan HDD besar 1 TB.
3. Kapasitas RAM dapat ditingkatkan (berdasarkan apa yang disampaikan di laman resmi Lenovo).
4. Banyak pilihan warna menarik.

Kekurangan:

1. Resolusi webcam masih menggunakan VGA.

Kesimpulan

Dari review Lenovo Ideapad 320 A9-9420 di atas dapat diambil kesimpulan bahwa laptop ini cocok sekali digunakan untuk anak sekolah, mahasiswa atau desainer yang akan menggunakan laptopnya untuk mengerjakan pekerjaan desain dengan program yang tidak berat. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon