Thursday, August 2, 2018

Asus A442UR-GA044T, Laptop Kekinian Yang Cocok Untuk Desain Grafis

Asus A442UR-GA044T, Laptop Kekinian Yang Cocok Untuk Desain Grafis - Tiap bulan ada saja model laptop baru yang dikeluarkan oleh berbagai vendor. Setiap model baru yang keluar rata-rata memiliki kelebihan dari model sebelumnya apakah itu dari segi hardware prosesor, GPU atau yang lain. Harga jualnya pun sangat beragam mulai dari Rp 2 jutaan sampai dengan puluhan juta Rupiah. Ya, beda spesifikasi laptop, maka berbeda pula target pasarnya. Seperti laptop gaming yang memang ditujukan untuk pencinta permainan game, memiliki harga yang cukup fantastis, sementara laptop 'biasa' ditargetkan untuk pengguna kantoran atau pelajar.

Asus A442UR-GA044T dalam posisi akan ditutup
Beberapa waktu lalu, Asus sebagai produsen laptop yang sudah terkenal di Indonesia telah meluncurkan satu model yang terbilang model baru. Hal itu bisa dilihat dari jenis prosesor yang dibenamkan. Laptop yang dimaksud dijual dengan harga cukup terjangkau, mulai dar Rp 7,4 jutaan saja. Tipe laptop tersebut adalah Asus A442UR-GA044T.

Seperti yang telah Admin singgung pada bagian judul, laptop besutan pabrikan asal Taiwan tersebut sangat cocok dipakai oleh para desainer muda yang membutuhkan sebuah alat komputasi yang bukan hanya handal dalam mengerjakan tugas-tugas, akan tetapi juga mempunyai bentuk fisik atau desain yang stylist. Nah, bagi kamu yang memang saat ini kebetulan mencari laptop yang handal untuk mengerjakan tugas-tugas yang berhubungan dengan desain, tampaknya Asus A442UR-GA044T ini pas sekali untuk kamu miliki. Seperti apa kinerja dan fitur yang terdapat pada Asus A442UR-GA044T ini? Silahkan langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Desain dan Layar


Asus A442UR-GA044T mempunyai desain yang tak banyak bedanya dengan laptop dalam jajaran seri Asus VivoBook yang lain. Sekilas memang terlihat elegan dan tentunya enak dipandang. Ukuran bodinya sendiri tergolong pas dan seperti laptop dengan layar 14 inci lainnya. Panjang bodi yang dimiliki laptop ini tepatnya adalah sekitar 34,8 cm, lebar 24,2 cm serta ketebalannya lebih kurang 2,53 cm. Sementara itu berat laptop secara keseluruhan sudah dihitung baterai juga adalah 1,90 kg saja.

Banyak pilihan port dan colokan yang dapat ditemukan pada sisi kiri, depan dan kanan laptop Asus A442UR-GA044T ini, diantaranya port VGA-out, HDMI, USB 3.0, USB 2.0, USB terbaru Type-C, colokan jack audio combo, port LAN dan slot kartu SD. Di bagian sebelah atas, bercokol satu webcam dengan resolusi masih VGA. Meskipun resolusinya kecil, tentu tetap bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya melakukan video call dengan orang lain di tempat yang jauh melalui aplikasi yang mendukung seperti Skype.
Laptop Asus A442UR-GA044T
Di sektor layar, Asus hanya membekali laptop besutannya yang satu ini dengan layar jenis TN-Display yang beresolusi HD 1366 x 768 piksel. Tampilan grafis gambar atau objek desain yang lain sudah pasti akan tetap detail dan bagus, karena ada banyak teknologi pendukung untuk memaksimalkan layarnya itu. Contoh teknologi yang Admin maksudkan adalah Asus Splendid yang di dalamnya terdapat fitur EyeCare sebagai pelindung mata dari radiasi sinar biru yang dipancarkan layar, sehingga meskipun berlama-lama di depan laptop tidak akan membuat mata cepat lelah, seterusnya ada pula Asus Tru2Life video untuk memaksimalkan tampilan video dan berbagai fitur bermanfaat yang lain.

Satu hal yang berbeda pada laptop terbaru Asus ini adalah frame layar yang lebih tipis daripada laptop Asus terdahulu. Ini tentu saja akan bisa membuatnya tampil dengan gaya kekinian serta berbeda dengan laptop mainstream yang lain. Bagi kamu yang kurang menyukai bingkai layar yang lebar, tentu Asus A442UR-GA044T bisa menjadi solusi yang pas.

Performa


Ada yang baru pada laptop Asus A442UR-GA044T ini yakni generasi prosesor yang dibenamkan sebagai dapur pacunya. Jenis prosesor tersebut tak lain adalah Intel Generasi ke-8, tepatnya Intel Core i5-8250U. CPU tipe ini memiliki memori cache yang jauh lebih besar dari generasi ketujuh, yaitu sebesar 6 MB. Besarnya kapasitas memori cache tersebut secara tidak langsung akan mempercepat kinerja prosesor dalam mengeksekusi setiap program yanh terinstal di laptop. Di samping itu clockspeed juga tergolong tinggi yakni mencapai 3.40 GHz.

Dari segi RAM, Asus baru membekali dengan RAM jenis DDR4 berkapasitas 4 GB saja, namun tersedia opsi untuk melakukan penambahan kapasitas RAM lewat slot RAM khusus yang disediakan. Slot RAM tersebut pada saat membeli masih kosong dan jika sewaktu-waktu ingin melakukan upgrade, bisa ditambah sampai dengan 8 GB, jadi total RAM-nya nanti bisa menjadi 12 GB. Tersedianya opsi ini pastinya akan membuat Asus A442UR-GA044T semakin unggul, karena tidak semua model laptop disediakan opsi untuk menambah kapasitas RAM, terutama laptop model baru.
Asus A442UR-GA044T tampak belakang
Soal olah grafis, telah terintegrasi GPU Intel UHD Graphics 620 sebagai pengolah grafis bawaan prosesor dan Nvidia GeForce GT 930MX berkapasitas 2 GB sebagai GPU dedicated yang pasti sangat pas untuk menjalankan program-program desain yang umum dipakai. Selain itu, aktivitas bermain gamer pun akan terasa lancar, meskipun pastinya tidak sehandal laptop tipe Asus ROG yang memang dibuat khusus untuk bermain game.

Nah, sebagai tempat untuk menyimpan file-file milik pengguna, Asus menyediakan HDD berkapasitas lumayan besar yakni 1 TeraByte. Jenis HDD itu sendiri adalah SATA dengan spesifikasi rotasi 5400 RPM. Dengan kapasitas HDD sebesar itu, kamu akan lebih leluasa menyimpan banyak berkas apakah itu film, foto, video dan yang lainnya.

Ringkasan Spesifikasi Asus A442UR-GA044T


Harga: Mulai Dari Rp 7,4 Jutaan
Prosesor: Intel Core i5-8250U
Clockspeed: 1.6 GHz, Fitur Boost sampai dengan 3.4 GHz
RAM: 4GB DDR4
HDD: 1 TB SATA 5400RPM
Layar: 14" Resolusi HD 1366x768 Piksel
Graphics: Intel HD Graphics 505 + Nvidia GeForce GT930MX 2 GB
Port Konektor: VGA, USB Type-C,USB 3.0, USB 2.0, Jack 3.5mm, LAN RJ-45, Card Reader dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: 37 Whrs - 2 Cells Lithium Polymer
Optical Drive: DVD-RW
Audio: Asus SonicMaster
Dimensi: 34,8 x 24,2 x 2,53 cm
Webcam: VGA
Sistem Operasi: Windows 10 Home 64 Bit
Warna: Putih - Tersedia warna lain seperti grey, merah dan gold

Kelebihan dan Kekurangan Asus A442UR-GA044T


Kelebihan:

1. Prosesor merupakan Intel Core i5-8250U yang memiliki memori cache besar dan speedclock yang tinggi.
2. Baterai menggunakan jenis Lithium Polymer yang memiliki masa pakai yang lebih lama.
3. Terdapat dedicated GPU Nvidia GeForce GT930MX sebesar 2 GB.
4. Kapasitas RAM bisa ditambah dengan ketersediaan slot RAM eksternal.
5. Sudah ada Windows 10 Home original dalam paket pembelian.
6. Sudah mengadopsi port USB tipe terbaru.

Kekurangan:

1. Resolusi webcam masih VGA tapi bisa diakali dengan menambahkan webcam eksternal yang resolusinya lebih tinggi.

Kesimpulan


Asus A442UR-GA044T cocok sekali buat kamu yang menginginkan sebuah laptop dengan hardware dan prosesor tipe terbaru, karena laptop ini memang menggunakan beberaoa jenis hardware yang tergolong masih baru. Di samping itu ketersediaan slot RAM eksternal yang berguna untuk menambah kapasitas RAM bawaan yang cuma 4 GB tersebut, secara tidak langsung akan membuatnya lebih unggul dari laptop tipe lain. Selain untuk kegunaan desain grafis, Asus A442UR-GA044T juga cocok untuk bermain game apakah yang versi online maupun game offline, meskipun mungkin terbatas pada resolusi dan pengaturan game tertentu.


EmoticonEmoticon