Monday, August 13, 2018

HP 14-CK0012TU, Laptop 14 Inci Dengan Prosesor Intel Paling Baru

HP 14-CK0012TU, laptop 14 inci dengan prosesor Intel paling baru - Bagi kamu yang menyukai perangkat komputasi atau gadget yang versi terbaru, tentu di pasaran saat ini sangat banyak pilihannya. Mulai dari smartphone sampai laptop hampir setiap trilwulan ada saja model baru yang diluncurkan oleh para vendor. Di sektor pasar laptop, Hewlett Packard yang merupakan produsen asal Amerika Serikat telah meluncurkan satu tipe baru yang sudah mengadopsi hardware versi teranyar. Model laptop yang dimaksud adalah HP 14-CK0012TU.

Review laptop HP 14-CK0012TU
Seperti yang telah disinggung di bagian judul, HP 14-CK0012TU menggunakan CPU Intel yang diberi dengan kode model "Gemini Lake". Tipe prosesor tersebut tepatnya adalah Intel Celeron N4000 yang merupkan 'kakak' dari CPU kelas entry level yang telah lebih dahulu dipasarkan yakni Intel Celeron N3350. Ada banyak peningkatan yang terdapat pada prosesor teranyar dari Intel tersebut. Selengkapnya bisa disimak dalam artikel selanjutnya di bawah ini.

Laptop HP 14-CK0012TU sendiri Admin rasa cocok sekali dipakai oleh pengguna yang hanya akan menjalankan program-program komputer ringan yang tidak membutuhkan spesifikasi hardware tinggi. Pengguna yang pasti pas untuk memiliki laptop besutan HP satu ini adalah pelajar, karyawan kantoran yang sering bergelut dengan dokumen, mahasiswa dan user umum yang akan memakai laptopnya nanti untuk kegiatan komputasi ringan saja. Untuk melihat spek lengkap dari laptop berlayar 14 inci ini, silahkan langsung saja simak berikut.

Layar dan Desain


HP 14-CK0012TU termasuk kategori laptop dengan layar cukup lega yaitu seluas 14 inci. Jenis panel yang disematkan adalah panel LCD dengan back-light cahaya LED yang saat ini tengah trend, karena konsumsi dayanya yang rendah. Selain hemat daya, tipe panel tersebut juga bisa menampilkan warna yang lebih hidup daripada layar komputer model lama seperti CRT. Untuk resolusi layarnya itu sendiri adalah HD 1366 x 768 piksel.

Resolusi layar laptop seperti itu memang bisa dibilang sudah lumrah di zaman sekarang ini, karena rata-rata laptop murah yang ada di pasaran menggunakan resolusi HD tersebut sebagai layarnya. Seperti halnya produk laptop HP yang lain, pada model ini pun layarnya masih mengadopsi teknologi BrightView. Teknologi ini diklaim akan mampu menampilkan setiap objek di layar dengan warna yang lebih terang dan bagus.
Laptop HP 14-CK0012TU tampak samping kanan
Di sisi desain, tampaknya tidak banyak perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan laptop-laptop murah HP yang lain, karena desainnya yang khas laptop HP. Namun yang menggembirakan adalah bobot untuk HP 14-CK0012TU ini jauh lebih ringan daripada pendahulunya, yakni berat secara keseluruhan sudah termasuk baterai cuma 1,4 kg saja. Coba bandingkan dengan model yang sudah agak lama yang rata-rata berbobot sampai 2 kg. Bobot yang ringan tersebut tentunya akan memudahkan pengguna saat membawa bepergian. Sementara kalau ditinjau dari segi dimensi fisik, tidak banyak bedanya dengan laptop HP terdahulu. Panjang bodi laptop dari ujung ke ujung adalah lebih kurang 33,5 cm, lebar 23,4 cm serta ketebalan sekitar 1,9 cm.

Di sisi kiri dan kana laptop terdapat berbagai pilihan konektivitas yang diantaranya USB 3.1, USB 2.0, LAN, jack 3,5 mm combo, HDMI dan colokan kebel charger serta Kensington Lock. Sementara di bagian sisi depan, terdapat slot SD card yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Performa


Kinerja laptop HP 14-CK0012TU seperti yang telah disinggung pada awal tulisan ini, termasuk dalam kategori 'biasa' di mana hanya cocok dipakai untuk kegiatan komputasi ringan serta multimedia. Contoh kegiatan komputasi ringan tersebut misalnya menjalankan program olah dokumen, mengedit foto, mendengarkan musik, menonton film dan sebagainya. CPU Intel Celeron N4000 yang disematkan sebagai dapur pacunya pastilah memiliki performa yang sedikit lebih baik daripada prosesor Intel Celeron generasi sebelumnya, terutama dari segi kapasitas L2 cache yang mencapai dua kali lipat dari pendahulunya yaitu sebesar 4 MB.

Di sektor RAM pun sudah menggunakan versi baru juga yakni tipe DDR4 sebesar 4 GB. Kapasitas sebesar itu sudah lebih dari cukup kalau hanya digunakan untuk melakukan multitasking ringan. Menurut info yang tertera di situs resmi HP, slot RAM-nya tersebut hanya berjumlah satu saja dan Admin tidak mengetahui apakah kapasitas RAM-nya itu bisa ditambah atau tidak, tapi menurut biasanya, laptop model baru sekarang banyak yang menanamkan RAM langsung di mainboard, sehingga kecil kemungkinan RAM bisa ditingkatkan.
Laptop HP 14-CK0012TU tampak samping kiri
Intel Celeron N4000 'membawa' GPU yang berbeda dengan prosesor Intel Celeron generasi sebelumnya. Pengolah grafis tersebut adalah jenis Intel UHD Graphics 600 yang telah mengalami peningkatan kinerja terutama untuk sektor olah video. Lalu bagaimana untuk bermain game? Admin rasa kalau sebatas game-game ringan masih bisa berjalan dengan lancar, tapi tidak dengan game berat yang membutuhkan spesifikasi GPU yang mumpuni.

Untuk ruang penyimpanan, telah tersedia HDD tipe SATA sebesar 500 GB yang tentunya sudah cukup lapang untuk menampung file-file milik pengguna, terlebih bagi user yang hanya mengoleksi berkas-berkas berukuran kecil seperti dokumen, foto maupun musik MP3.

Sebagai sumber tenaganya, laptop HP 14-CK0012TU dibekali dengan baterai jenis Lithium Ion dengan kapasitas lumayan besar yakni 41 Whrs. Tipe baterainya sendiri termasuk ke dalam kategori baterai dengan jumlah cell 3 buah. Jika dipakai dalam mode normal, kemungkinan besar akan mampu bertahan sampai dengan 7 jam.

Perlu dicatat, fitur yang paling banyak menghabiskan sumber daya baterai adalah tingkat keterang-an layar, koneksi nirkabel seperti bluetooth dan wifi serta beban kerja prosesor. Nah, agara baterai tersebut bisa bertahan lama sekali pengecasan, usahakanlah untuk mengoperasikan laptop dengan mode hemat, contohnya ketika wifi atau bluetooth sedang tidak digunakan, matian saja fitur tersebut, kemudian layar diatur dengan tingkat terang pada posisi paling rendah.

Ringkasan Spesifikasi HP 14-CK0012TU


Harga: Mulai Dari Rp 3,5 Jutaan
Prosesor: Intel Celeron N4000
Clockspeed: 1.1 GHz, Fitur Burst sampai dengan 2.6 GHz
RAM: 4GB DDR4
HDD: 500 GB SATA 5400RPM
Layar: 14" Resolusi HD 1366x768 Piksel
Graphics: Intel UHD Graphics 600
Port Konektor: USB 3.1, USB 2.0, Jack 3.5mm, LAN RJ-45, Card Reader dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: 41 Whrs - 3 Cells
Optical Drive: Tidak Ada
Audio: Stereo
Dimensi: 335 x 234 x 19,9 milimeter
Webcam: HP TrueVision HD
Sistem Operasi: Windows 10 Home 64 Bit
Warna: Hitam

Kelebihan dan Kekurangan HP 14-CK0012TU


Kelebihan:

1. Prosesor versi paling baru saat ini; Intel Celeron N4000.
2. Memori L2 cache CPU besar 4 MB.
3. GPU juga merupakan versi baru; Intel UHD Graphics 600.
4. Resolusi webcam HD.
5. Sudah ada sistem operasi dalam paket pembelian yaitu Windows 10 Home 64 Bit.
6. Bobot ringan cuma 1,4 kg saja.

Kekurangan:

1. Belum ada DVD-RW.

Demikianlah ulasan atau lebih tepatnya review laptop HP 14-CK0012TU seperti yang bisa dilihat di atas. Jika dilihat dari harga jualnya yang cuma berkisar Rp 3,5 jutaan, Admin rasa pembeli akan diuntungkan karena akan mendapatkan laptop dengan versi hardware banyak yang baru.


EmoticonEmoticon