Friday, August 17, 2018

Laptop Lenovo Terbaru IdeaPad 330 14IGM, Pas Untuk Komputasi Sehari-hari

Laptop Lenovo Terbaru IdeaPad 330 14IGM, Pas Untuk Komputasi Sehari-hari - Laptop yang dibanderol dengan harga murah semakin hari semakin banyak variannya, ada yang dijual dengan hanya sekitar Rp 2 jutaan hingga Rp 3 jutaan. Menurut info yang Admin dapatkan, laptop harga murah tersebut masih menempati urutan penjualan terbesar di tanah air, bahkan lebih dari 50%. Selain ramah di kantong, faktor lain yang mungkin mempengaruhi adalah rata-rata orang Indonesia memang hanya membutuhkan laptop berspesifikasi standar, sebab hanya dipakai untuk mengerjakan komputasi ringan sehari-hari dan multimedia.

Review Lenovo IdeaPad 330 14IGM
Beberapa bulan lalu, Lenovo sebagai salah satu produsen laptop murah telah meluncurkan satu model baru dalam jajaran produknya. Tipe laptop yang dimaksud adalah Lenovo IdeaPad 330 14IGM. Secara umum spesifikasi yang diusung tergolong standar dan pastinya pas sekali kalau digunakan untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari seperti mengetik dokumen, browsing internet, menonton film dan lain sebagainya.

Pengguna yang cocok memakai laptop ini diantaranya pelajar, mahasiswa, karyawan kantoran yang biasa mengerjakan dokumen dan data, serta pengguna umum yang tidak akan memakai laptopnya untuk menjalankan program-program berat. Jika kamu memiliki budget di bawah Rp 4 juta, membeli IdeaPad 330 14IGM ini tentu bisa jadi pilihan yang bijak, karena harga jual IdeaPad 330 14IGM sendiri hanya berkisar Rp 3,7 jutaan saja. Bagaimana spesifikasi dan fitur yang dibenamkan ke dalamnya? Silahkan simak reviewnya berikut ini.

Desain dan Layar


Meskipun termasuk model baru, ternyata IdeaPad 330 14IGM tidak banyak mengalami perubahan dari segi desain, bahkan mirip dengan laptop IdeaPad Lenovo yang dipasarkan tahun 2017 yang lalu. Termasuk juga dimensi yang dimiliki, lebih kurang sama dengan laptop keluaran tahun sebelumnya. Hanya satu hal yang membedakan, yakni dari segi bobot yang lebih ringan, yaitu hanya sekitar 1,65 kg saja.

Panjang bodi laptop IdeaPad 330 14IGM adalah 34,3 cm, lebar 24,7 cm dan ketebalan lebih kurang 2,2 cm. Dari ukuran dimensi tersebut dapat dilihat memang tidak ada perbedaan yang signifikan kalau dibandingkan dengan laptop Lenovo Ideapad keluaran tahun 2017 atau 2016 yang lalu.
Lenovo IdeaPad 330 14IGM tampak atas
Di sektor layar, Lenovo masih menyematkan teknologi anti-glare pada produk baru besutannya ini. Teknologi ini akan meredam pantulan cahaya dari sekitar laptop diletakkan, sehingga secara tidak langsung akan berpengaruh kepada tampilan warna serta kejernihan layar, khususnya kalau mengoperasikan laptop di bawah sinar matahari atau tempat bercahaya terang lainnya. Resolusi layar laptop Lenovo 330 14IGM adalah 1366 x7868 piksel atau yang dikenal juga dengan istilah HD.

Pada sisi kiri dan kanan laptop terdapat berbagai pilihan konektivitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna, yang diantarnya adalah Port USB 3.0, USB Type-C, HDMI, card reader, colokan jack audio 3,5 mm dan Kensington Lock. Sebagai info tambahan, USB Type-C merupakan jenis port USB yang tergolong baru dan berukuran lebih kecil dari USB model lama seperti USB 3.0 atau 2.0. Kecepatan tansfer datanya lebih besar serta bisa dipasang bolak-balik tanpa kwatir akan terbalik saat pemasangan.

Performa


Seperti yang telah Admin singgung di atas, Lenovo 330 14IGM cocok dipakai untuk kegiatan komputasi ringan sehari-hari karena prosesor yang dibenamkan sebagai dapur pacunya adalah tipe Intel Celeron dual core, namun merupakan tipe yang paling baru (saat tulisan ini dibuat) yakni Intel Celeron N4000. Kelebihan CPU tipe ini diantaranya konsumsi daya yang lebih hemat serta peningkatan performa dan speed clock. Jadi kalau hanya sekedar digunakan untuk browsing atau menonton video Youtube pada Lenovo 330 14IGM akan berjalan lancar tanpa kendala.
Lenovo IdeaPad 330 14IGM dengan tampilan wallpaper lain
Sementara itu dukungan RAM yang akan membantu beban kerja prosesor termasuk lega, meskipun tidak bisa dibilang besar. Kapsitas RAM pada Lenovo 330 14IGM adalah sebesar 4 GB jenis DDR4. Proses multitasking tentunya akan bisa berjalan dengan lancar berkat kehadiran RAM dengan spesifikasi seperti yang telah disebutkan itu.

Untuk pengolah grafis, Lenovo 330 14IGM hanya dibekali dengan GPU bawaan prosesor yaitu Intel UHD Graphics 600 yang temasuk ke dalam kategori GPU shared. GPU jenis ini juga merupakan tipe baru dan telah mengalami peningkatan performa di sektor grafis yang berhubungan dengan video.

Bagaimana kalau dipakai untuk menjalankan game beresolusi HD atau game berat misalnya, apakah laptop ini akan cukup kuat? Jawabannya untuk pertanyaan tersebut sebenarnya relatif, karena tergantung juga kepada jenis game yang dijalankan serta pengaturan resolusi game yang dimainkan. Kalau seandainya game disetel ke resolusi rendah, kemungkinan untuk beberapa game populer masih bisa berjalan dengan mulus, namun perlu diingat bahwa laptop ini bukan dibuat khusus untuk bermain game dan oleh karenanya kalau tetap dipaksakan bermain game dengan intensitas yang cukup sering, bisa jadi nanti laptop akan cepat bermasalah.

Di sisi ruang penyimpanan pada laptop Lenovo 330 14IGM bisa dibilang tidak ada yang istimewa, karena HDD jenis SATA yang disematkan sebagai ruang penyimpanan hanya sebesar 500 GB saja. HDD sebesar itu terbilang standar untuk model laptop yang beredar di pasaran saat ini. Bagi kamu yang bukan kolektor film dan game, tentu ukuran sebesar itu termasuk besar dan lega.

Ringkasan Spesifikasi Lenovo 330 14IGM


Harga: Mulai Dari Rp 3,7 Jutaan
Prosesor: Intel Celeron N4000
Clockspeed: 1.1 GHz, Fitur Burst sampai dengan 2.6 GHz
RAM: 4GB DDR4
HDD: 500 GB SATA 5400RPM
Layar: 14" Resolusi HD 1366x768 Piksel
Graphics: Intel UHD Graphics 600
Port Konektor: USB Type-C, USB 3.0, Jack 3.5mm, Card Reader dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: 30 Whrs
Audio: Stereo
Dimensi: 343 x 247 x 22 milimeter
Webcam: VGA
Sistem Operasi: Windows 10 Home 64 Bit
Pilihan Warna: Platinum Grey dan Hitam

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo 330 14IGM


Kelebihan:

1. Prosesor merupakan tipe terbaru Intel Celeron N4000.
2. Sudah ada port USB Type-C dengan kecepatan transfer data yang cepat.
3. Di dalam paket pembelian sudah terinstal OS Windows 10 Home original.

Kekurangan:

1. Resolusi webcam masih VGA.

Kesimpulan


Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Lenovo 330 14IGM memang hanya cocok digunakan oleh pelajar, maasiswa atau orang awam yang ingin menggunakan laptopnya nanti untuk mengerjakan tugas-tugas yang berhubungan dengan dokumen, browsing internet, serta berbagai kegiatan ringan lainnya. Sebaliknya kurang cocok kalau dipakai untuk menjalankan program atau game yang membutuhkan sumber daya prosesor yang tinggi, kalaupun tetap dipaksakan, beberapa program atau game mungkin akan berjalan lancar, namun itu akan berdampak kepada umur laptop yang semakin singkat, sebab laptop dipaksa dan diberi dengan tugas yang bukan 'makanannya'. Dengan harga yang tidak sampai Rp 4 juta, Admin rasa masih merupakan satu pilihan yang bagus kalau membeli laptop Laptop Lenovo IdeaPad 330 14IGM ini.


EmoticonEmoticon