Wednesday, August 15, 2018

Review Acer A314-32-C09W, Laptop Teranyar Dengan HDD 1 TB

Review Acer A314-32-C09W, Laptop Teranyar Dengan HDD 1 TB - Acer adalah salah satu produsen laptop yang mempunyai banyak sekali peminat di Indonesia. Hal itu mungkin karena Acer ini sudah dari dulu dikenal alias termasuk salah satu merek lama, bahka lebih dulu 'ada' dibandingkan dengan merk Asus atau Lenovo. Admin masih ingat, sekitar tahun 2010 silam, Acer masih merajai pasar laptop dan notebook di tanah air. Begitu banyak varian laptop dan notebook yang bisa dipilih oleh pelanggan saat itu.

Review Acer A314-32-C09W
Di tahun 2018 ini Acer masih sering mengeluarkan model-model laptop yang pastinya mengikuti perkembangan hardware komputer yang sedang trend. Salah satu model yang beberapa bulan lalu diluncurkan ke pasaran adalah tipe Acer Aspire 3 A314-32-C09W. Laptop berwarna merah ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 3,9 jutaan. Banyak fitur-fitur menarik yang dibenamkan oleh Acer ke dalam laptop andalannya ini. Apa sajakah itu? Silahkan langsung saja simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Desain dan Layar


Bicara soal desain, setiap merek laptop tentu memiliki ciri khas tersendiri, begitu juga dengan produk-produk miliki pabrikan asal Taiwan tersebut. Desain yang dimiliki Acer Aspire 3 A314-32-C09W tak jauh berbeda dengan laptop Acer pada umumnya yang terkesan agak kotak namun telah diramu dengan sentuhan seni yang bagus sehingga tetap enak jika dipandang.
Acer A314-32-C09W tampak samping
Untuk ukuran laptop berlayar 14 inci berharga murah, Acer Aspire 3 A314-32-C09W tergolong biasa dari segi dimensi bodi, dengan panjang sekitar 34,3 cm, lebar 24,5 cm serta ketebalan lebih kurang 1,9 cm. Satu hal yang menarik dari Acer Aspire 3 A314-32-C09W ini adalah bobotnya yang tergolong ringan, cuma 1,6 kg. Membawa laptop Acer ini bepergian tentu tidak akan merepotkan seperti laptop lawas yang memiliki berat rata-rata 2 kg.

Pada bagian sisi kiri dan kanan laptop, bercokol berbagai pilihan port dan colokan yang siap dimanfaatkan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan masing-masing, sebut saja port HDMI, USB 3.0, USB 2.0, jack 3,5 mm audio combo serta port LAN dan slot SD card. Tersedianya berbagai pilihan konektivitas fisik tersebut tentu saja akan memudahkan user dalam memakai laptop serta menyambungkannya dengan perangkat lain seperi smartphone. Oh ya, ada satu lagi fiturnya yaitu Kensington Lock yang berguna untuk mengunci laptop agar tidak diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Di sektor layar, seperti yang telah Admin singgung di atas memiliki luas 14 inci. Resolusi layarnya tersebut adalah 1366 x 768 piksel yang termasuk ke dalam kategori HD. Resolusi itu memang sudah umum digunakan oleh kebanyakan laptop berharga murah saat ini dan untuk tampilan warna dan kehalusan grafis, tetap bagus dan terlihat dengan jelas, khususnya objek yang berupa teks. Sementara itu untuk jenis panelnya sendiri adalah TN-Display serta memiliki jenis layar LCD dengan backlight LED. Tipe layar seperti itu diketahui lebih hemat konsumsi dayanya sehingga secara tidak langsung akan membuat baterai lebih tahan lama.

Di bagian atas frame layar, terdapat pula webcam yang pasti berguna apabila ingin melakukan video call dengan orang lain. Tapi menurut info yang Admin dapatkan, resolusi webcam Acer Aspire 3 A314-32-C09W masih VGA yakni memiliki resolusi maksimal 640 x 480 piksel. Kabar baiknya, pengguna tidak usah kwatir soal resolusi webcam yang rendah tersebut karena masih tersedia opsi untuk menggunakan webcam eksternal dengan memanfaatkan port USB sebagai konektornya.

Performa


Laptop Acer Aspire 3 A314-32-C09W sudah menggunakan prosesor Intel paling baru saat tulisan ini dibuat, yaitu Intel Celeron N4000 yang memiliki berbegai keunggulan dibandingkan dengan CPU Intel Celeron generasi terdahulu. Perbedaan mencolok terutama bisa dilihat dari kapasitas memori L2 cache-nya yang dua kali lebih besar yaitu 4 MB. Kapasitas memori cache yang lumayan lega tersebut akan memperlancar kerja prosesor.

Di sisi RAM, baik jenis maupun kapasitas bisa dibilang sudah lebih dari cukup, sebab kapasitas RAM-nya sendiri adalah sebesar 4 GB tipe DDR4. Tidak diketahui apakah RAM tersebut masih bisa ditingkatkan, namun kalau dilihat laptop baru model atau merek lain, RAM-nya tidak bisa ditambah karena sudah ditanam langsung dengan mainboard.
Acer A314-32-C09W tampak belakang
Untuk urusan olah grafis, Acer Aspire 3 A314-32-C09W tidak dibekali dengan dedicated GPU dan itu berarti performanya hanya 'biasa saja' serta tidak akan cocok kalau dipakai untuk menjalankan program-program atau game berat yang memang membutuhkan spesifikasi VGA yang tinggi. GPU yang dimiliki adalah bundle dari prosesornya yakni Intel UHD Graphics 600. Tipe pemroses grafis tersebut termasuk jenis shared graphics.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Acer A314-32-C09W adalah kapasitas media penyimpanan yang tergolong besar; 1 TB. Bukan hanya besar saja, tapi menariknya tersedia opsi untuk mengganti dengan HDD jenis SSD kalau suatu saat memang ingin menggantinya. Seperti diketahui, SSD mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan HDD SATA, salah satunya adalah akan dapat meningkatkan performa laptop karena jenis media penyimpanan itu tidak menggunakan cakram berputar layaknya HDD konvensional.

Ringkasan Spesifikasi Acer Aspire 3 A314-32-C09W


Harga: Mulai Dari Rp 3,9 Jutaan
Prosesor: Intel Celeron N4000
Clockspeed: 1.1 GHz, Fitur Burst sampai dengan 2.6 GHz
RAM: 4GB DDR4
HDD: 1 TB SATA 5400RPM - Bisa diganti dengan jenis SSD M2
Layar: 14" Resolusi HD 1366x768 Piksel
Graphics: Intel UHD Graphics 600
Port Konektor: USB 3.0, USB 2.0, Jack 3.5mm, LAN RJ-45, Card Reader dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: 4810 mAh - 2 Cells jenis Lithium Polymer
Optical Drive: Tidak Ada
Audio: Stereo
Dimensi: 34,3 cm x 24,5 cm x 1,99 cm
Webcam: VGA
Sistem Operasi: Windows 10 Home 64 Bit
Warna: Merah

Kelebihan dan Kekurangan Acer Aspire 3 A314-32-C09W


Kelebihan:

1. Prosesor merupakan tipe terbaru saat ini yang memiliki memori L2 cache lebih besar.
2. Tipe GPU adalah Intel UHD Graphics 600 yang mengalami peningkatan performa terutama untuk olah video.
3. Bobot tergolong ringan cuma 1,6 kg saja.
5. Kapsitas HDD bawaan tergolong besar 1 TB.
6. Sudah ada sistem operasi Windows 10 dalam paket pembelian.

Kekurangan:

1. Tidak ada DVD-RW.
2. Resolusi webcam masih VGA.

Kesimpulan


Acer Aspire 3 A314-32-C09W memiliki banyak sekali keunggulan seperti yang bisa dilihat di atas, meskipun terdapat juga beberapa kekurangan seperti belum tersedia fasilitas DVD-RW. Namun tentunya itu tidak akan jadi soal, sebab DVD saat ini sudah mulai digantikan dengan USB yang jelas lebih aman daripada optical drive. Kalaupun benar-benar diperlukan, pengguna bisa membeli sebuah DVD elsternal dan nantinya akan disambungkan via port USB.

Pengguna yang paling pas untuk membeli laptop Acer satu ini misalnya pelajar, mahasiswa, karyawan kantoran serta masyarakat umum yang ingin memiliki laptop yang akan dipakai untuk aktivitas komputasi standar nantinya. Akhir kata, semoga review Acer Aspire 3 A314-32-C09W bermafaat untuk semua ya :-) .

1 comments so far

apakah bisa instal windows 10 pro?


EmoticonEmoticon