Saturday, August 4, 2018

Review HP X360 11-AB035TU, Notebook Layar Sentuh Murah Cocok Untuk Kebutuhan Mobilitas Tinggi

Review HP X360 11-AB035TU, Notebook Layar Sentuh Murah Cocok Untuk Kebutuhan Mobilitas Tinggi - Setiap orang pastilah memiliki kebutuhan alat komputasi yang berbeda antara satu dengan yang lain, ada yang membeli laptop atau komputer untuk bermain game, untuk desain grafis, mengetik dokumen dan lain sebagainya. Begitu pula dengan tipe penggunanya, bisa dibilang sangat beragam, misalnya ada yang cuma untuk dipakai di rumah, kemudian mungkin pula ada yang untuk di sekolah dan tentunya terdapat pula user yang harus membawa suatu peralatan komputasi di lapangan alias harus membawa laptop atau notebook bepergian. Kalau kamu termasuk kategori pengguna yang terakhir Admin sebutkan itu, notebook HP X360 11-AB035TU mungkin cocok untuk kamu miliki.

Tampilan HP X360 11-AB035TU
Notebook HP X360 11-AB035TU memang memiliki bentuk fisik serta desain yang pas untuk dibawa ke mana-mana, sebut saja bobotnya yang relatif ringan, ketersediaan fungsi layar sentuh, layar yang bisa diputas 360 derajat serta masih banyak keunggulan yang lainnya. Apabila kebetulan saat ini kamu sedang mencari sebuah notebook untuk di bawa bekerja di lapangan, memilih HP X360 11-AB035TU Admin rasa adalah satu langkah yang tepat.

Nah, kalau kamu tertarik dengan notebook produksi perusahaan asal Amerika Serikat ini, sebaiknya kamu ketahui dulu seperti apa spesifikasi dan fitur yang dibenamkan ke dalamnya. Silahkan lihat review dari Admin tentang notebook yang memiliki RAM berkapasitas 4 GB tersebut, seperti yang bisa dilihat di bawah ini.

Desain dan Layar


Seperti yang telah Admin singgung di atas, layar HP X360 11-AB035TU sesuai dengan kode modelnya yang ada "X360" bisa diputar sampai mentok dengan sisi belakang alias 360 derajat. Jadi sewaktu-waktu kalau mau dijadikan sebagai sebuah tablet, notebook satu ini bisa melakukan. Luas layarnya sendiri terbilang sangat pas sebagai alat komputasi mobile yakni 11,6 inci. Resolusi layarnya sendiri adalah HD 1366 x 768 piksel dan itu sudah cukup bagus untuk menampilkan setiap objek dan tulisan di layarnya. Layarnya tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur anti-glare yaitu satu lapisan yang mampu meredam pantulan cahaya dari sekitar notebook diletakkan, sehingga mata tidak silau oleh pantulan sinar yang ada di sekeliling. Selain itu anti-glare tersebut secara tidak langsung akan membuat tampilam layar menjadi lebih jelas serta kaya warna.

Pada bagian sisi dan kanan notebook terdapat berbagai macam pilihan konektivitas yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan, ada port USB 3.1, USB 2.0, port HDMI, slot SD card dan jack audio cpmbo 3,5 mm. Jack audio itu disebut dengan istilah combo karena dalam satu colokan telah digabungkan antara slot earphone ditambah microphone. Kalau kamu pernah memiliki komputer atau laptop yang memiliki model yang sudah agak lama, pastilah colokan mic dan headphonenya terpisah.
HP X360 11-AB035TU dalam kondisi dilipat 360 derajat
Di sisi ukuran bodi tergolong agak langsing dan tidak akan terlalu banyak makan tempat saat diletakkan di dalam tas saat dibawa. Panjang bodinya cuma lebih kurang 30,6 cm, lebar 20,8 cm serta ketebalan sekitar 1,9 cm saja. Sementara itu untuk bobot keseluruhan sudah termasuk baterai adalah sekitar 1,4 kg. Dilihat dari bobot dan ukuran fisiknya itu, jelaslah kalau notebook HP satu ini pas sekali untuk dibawa ke mana saja.

Di bagian atas layar, terdapat satu unit webcam yang beresolusi cukup memuaskan. Resolusi webcamnya tersebut adalah 1 MP dan HP melengkapinya dengan banyak fitur berguna untuk keperluan video call atau sekedar mengambil foto. Oleh karena layarnya bisa diputar, maka pengambilan video atau foto tentu akan lebih mudah dibandingkan dengan notebook atau laptop konvensional.

Performa


Notebook HP X360 11-AB035TU termasuk kategori entry-level atau pemula dan oleh karenanya hanya pas kalau dipakai untuk mengerjakan aktivitas komputasi ringan saja. Itu karena prosesor yang dipakai masih tipe dual core Intel Celeron N3060. CPU jenis ini memang banyak ditemui pada laptop berharga murah di pasar tanah air dan jika hanya akan digunakan untuk mengolah dokumen, browsing atau kegiatan yang berhubungan dengan multimedia yang lain, tentu saja HP X360 11-AB035TU bisa menghandle dengan baik dan lancar.

Meskipun tipe prosesor yang dibenamkan sebagai dapur pacu utama kelas entry-level, tapi dukungan RAM-nya bisa dibilang cukup bagus, sebab RAM yang disematkan berkapasitas 4 GB. RAM dengan kapasitas sebesar itu tentunya akan sangat membantu pengguna saat melakukan proses multitasking ketika mengoperasikan. Kalau kamu belum tahu apa itu multitasking, baiklah Admin akan jelaskan ya :) , Multitasking adalah satu proses dalam mengoperasikan komputer atau notebook di mana banyak program yang dibuka dalam satu waktu. Kalau RAM sebuah notebook kecil, besar kemungkinan multitasking tidak akan berjalan dengan lancar.
Review HP X360 11-AB035TU
Bagaimana dari sisi olah garfis? Notebook HP X360 11-AB035TU belum ada dedicated GPU seperti AMD Radeon atau Nvidia GeForce tapi cuma menggunakan GPU bawaan prosesornya yaitu jenis Intel HD Graphics 400. Sekedar menghandle program-program olah gambar seperti Adobe Photoshop, notebook yang tampil dengan warna hitam ini bisa menjalankan dengan baik, begitu juga dengan game-game ringan, bisa dijalankan dengan lancar pada notebook HP ini.

Untuk memenuhi kebutuhan user dalam hal penyimpanan file-file, telah terintegrasi HDD berkapasitas cukup lega yakni sebesar 500 GB. Hard disk tersebut merupakan jenis SATA dengan kecepatan rotasi 5400 per menit (RPM). Soal ruang penyimpanan tampaknya tidak ada masalah, apalagi jenis file hanya berupa foto dan dokumen saja.

Ringkasan Spesifikasi HP X360 11-AB035TU


Harga: Mulai Dari Rp 3,9 Jutaan
Prosesor: Intel Celeron N3060
Clockspeed: 1.60 GHz, Fitur Burst sampai dengan 2.48 GHz
Jumlah Core: Dual Core
RAM: 4 GB DDR3L
HDD: 500GB SATA 5400RPM
Layar: 11.6" Resolusi HD 1366x768 Piksel
Graphics: Intel HD Graphics 400
Port Konektor: USB 3.1, USB 2.0, Jack 3.5mm Combo, Slot Kartu SD dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: 41 Whrs - 3 cells
Optical Drive: Tidak Ada
Webcam: Resolusi 1 MP
Audio: DTS Studio Sound
Sistem Operasi: Windows 10 Home 64 Bit
Warna: Hitam, tersedia pilihan warna lain seperti silver atau merah.

Kelebihan dan Kekurangan HP X360 11-AB035TU


Kelebihan:

1. Layar sentuh bisa diputar 360 derajat sehingga jika sewaktu-waktu ingin dijadikan seperti tablet, bisa.
2. Kapasitas RAM tergolong lega 4 GB.
3. Bobot cukup ringan, cuma 1,4 kg.
4. Kapasitas baterai cukup besar, 41 WHrs.
5. Resolusi webcam 1 MP.
6. Sudah terinstal OS Windows 10 original dalam paket pembelian.

Kekurangan:

1. Belum ada DVD Drive.

Kesimpulan


Notebook HP X360 11-AB035TU seperti yang bisa dilihat di atas sangat cocok untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, pertama karena layarnya bisa diputar 360 derajat yang membuatnya bisa dijadikan berbentuk tablet, dan yang kedua dari sisi bobot tidaklah berat seperi laptop pada umumnya. Layar sentuh juga akan memudahkan dalam bernavigasi dan itu pastinya akan sangat membantu terutama di saat dalam perjalanan misalnya.


EmoticonEmoticon