Tuesday, August 21, 2018

Review Laptop Baru Asus X441M Varian Intel Pentium N5000 Quad Core

Review Laptop Baru Asus X441M Varian Intel Pentium N5000 Quad Core - Pada akhir tahun 2017 yang lalu tepatnya di bulan Desember, Intel sebagai produsen prosesor yang merajai pasar global telah meluncurkan jenis prosesor baru yang diberi dengan kode model Geminy Lake. Arsitektur CPU ini merupakan yang tipe 14 nm dan pastinya telah mengalami peningkatan fitur dan yang lainnya. Prosesor yang Admin maksudkan adalah Intel Celeron Silver N4000 dan satu lagi Intel Pentium Silver N5000.

Review Laptop Asus X441M
Kebiasaannya, kalau Intel menelurkan prosesor tipe baru, maka akan banyak produsen laptop, komputer dan notebook yang memakai seri baru tersebut dalam produk mereka. Untuk yang tipe Intel Celeron N4000, merek-merek besar telah meluncurkan produknya dengan CPU tersebut, contohnya Asus, Acer, HP dan Lenovo. Sementara itu untuk tipe prosesor Intel Pentium N5000 pun sama, sudah tersedia berbagai model laptop dari berbagai merek terkenal yang bisa dibeli di pasaran saat ini. Salah satu laptop yang telah menyematkan prosesor Intel Pentium jenis baru tersebut adalah Asus X441M.

Harga jual untuk laptop Asus X441M bisa dibilang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 4,5 jutaan. Begitu harga yang ditawarkan oleh banyak toko online tanah air berdasarkan pantauan Admin beberapa hari yang lalu. Mungkin saja ada toko offline yang menjual lebih murah daripada itu dan tentunya perlu dicari tahu kalau memang ingin membeli dengan harga yang lebih bersahabat. Seperti apa fitur dan kinerja laptop Asus X441M tersebut? Langsung saja simak reviewnya di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Desain dan Layar


Desain yang dimiliki oleh laptop Asus X441M tampaknya tidak berbeda jauh dari laptop seri Asus VivoBook Max seperti Asus X441NA. Bisa dikatakan hampir sama baik secara fsik, dimensi maupun bobot. Jika kamu pernah melihat laptop Asus sero X441NA apakah punya teman yang telah membeli atau pada tempat yang lain, desain serta bentuknya lebih kurang hampir sama.

Untuk layar, ukurannya adalah seluas 14 inci dengan resolusi HD 1366 x 768 piksel. Resolusi layar seperti itu akan bisa menampilkan tulisan, gambar dan video dengan cukup bagus dan jelas. Rata-rata laptop dengan bentang layar 14 inci saat ini memang menggunakan resolusi HD tersebut dan sepertinya sudah menjadi standar yang tidak resmi bagi kalangan produsen laptop murah.
Laptop Asus X441M warna silver
Resolusi boleh sama, namun fitur layar yang ditambahkan antara merek yang satu dengan yang lain tentu berbeda. Pada Asus X441M ini kamu akan menemui banyak sekali fitur layar yang tidak akan ditemui pada laptop merek lain. Sebagai salah stau contoh adalah fitur Asus EyeCare yang akan bisa menghambat pancaran radiasi blue-light dari panel layar, sehingga mata tidak akan perih ataupun berair meskipun menatap layar laptop dalam jangka waktu yang lama. Ada pula fitur lain yang tak kalah bermanfaatnya seperti Asus Splendid, Asus Tru2Life video dan lain-lain.

Pada bagian sisi kanan, kiri dan depan laptop, terdapat banyak pilihan port serta colokan yang siap dimanfaatkan oleh user, diantaranya port VGA, HDMI, USB Type-C, USB 3.0, USB 2.0, SD card reader, LAN dan jack auduo 3,5 mm. Tersedia pula Kensington Lock sebagai lobang tempat mengunci laptop.

Performa


Seperti yang telah dijelaskan di atas, laptop Asus X441M ini sudah menyematkan tipe prosesor Intel jenis baru yang pasti memiliki keunggulan daripada laptop berprosesor lebih lama. CPU tipe baru tersebut adalah Intel Pentium N5000. Prosesor ini memiliki jumlah inti 4 buah dan otomatis disebut dnegan prosesor quad core. Prosesor jenis ini pastilah akan memiliki kinerja yang lebih bagus daripada versi dual core, karena jumlah intinya saja lebih banyak. Frekuensi dasar yang dimiliki adalah sebesar 1,1 GHz, dan disempurnakan lagi dengan fitur burst hingga 2,7 GHz. Sementara itu kapasitas memori L2 cache-nya cukup besar yakni 4 MB.
Laptop Asus X441M warna gold
Meskipun memiliki kinerja yang lebih kencang daripada prosesor tipe dual core semisal Intel Celeron N4000, namun karena 'kelasnya' masih entry-level, maka laptop ini hanya akan cocok dipakai untuk kegatan komputasi ringan saja. Untuk menjalankan program berat sudah pasti akan 'ngos-ngosan' alias tidak akan kuat.

Di sektor RAM, Asus membekali produk baru besutannya ini dengan RAM tipe DDR4 berkapasitas 4 GB. Di sisi GPU belum ada dedicated graphics, hanya menggunakan GPU Intel UHD Graphics 605 yang tergolong ke GPU shared. Secara umum kinerja laptop Asus satu ini memang akan lebih baik daripada pendahulunya yang telah lebih dulu diluncurkan ke pasaran, terutama kalau digunakan untuk menjalankan browser tipe terbaru, program office jenis baru dan menonton video.

Menariknya lagi, Asus tidak tanggung-tanggung dalam menyediakan ruang penyimpanan, itu dibuktikan dengan HDD SATA berkapasitas 1 TB untuk media penyimpanan utama yang dipakai. Kapasitas sebesar itu pastina akan membuat pengguna lebih bebas untuk menyimpan jenis file apa saja, termasuk film-film Full HD yang biasanya memiliki ukuran cukup besar.

Ringkasan Spesifikasi Asus X441M Pentium N5000


Harga: Mulai Dari Rp 4,5 Jutaan
Prosesor: Intel Pentium N5000
Clockspeed: 1.1 GHz, Fitur Burst sampai dengan 2.7 GHz
RAM: 4GB DDR4
HDD: 1 TB SATA 5400RPM
Layar: 14" Resolusi HD 1366x768 Piksel
Graphics: Intel HD Graphics 605
Port Konektor: VGA, USB Type-C, USB 3.0, USB 2.0, Jack 3.5mm, LAN, SD Card Reader dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: 36 Whrs - 3 Cells
Audio: Asus SonicMaster
Webcam: VGA
Sistem Operasi: Windows 10 Home 64 Bit

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Asus X441M Pentium N5000


Kelebihan:

1. Prosesor merupakan seri terbaru Intel Pentium N5000.
2. Harga relatif terjangkau.
3. Media penyimpanan termasuk besar.
4. Sudah terdapat OS Windows 10 Home asli dalam paket pembeliannya.

Kekurangan:

1. Resolusi webcam masih menggunakan VGA.

Kesimpulan


Nah, sekarang sampailah kita pada bagian kesimpulan. Laptop Asus X441M Pentium N5000 ini menurut Admin sangat cocok digunakan oleh pengguna yang akan menggunakan laptopnya untuk mengerjakan aktivitas komputasi ringan, tapi dengan kinerja laptop yang lebih cepat daripada laptop harga Rp 3 jutaan seperti yang memakai prosesor jenis Intel Celeron N4000. Jumlah core-nya yang mencapai 4 buah tentu sudah bisa dijadikan petunjuk kalau performanya di atas versi laptop dengan CPU masih dual core.

Dengan harga yang Rp 4,5 jutaan, Admin rasa masih cukup rasional, mengingat jenis hardware yang terdapat pada laptop Asus X441M Pentium N5000 banyak yang baru. Rata-rata laptop dengan hardware jenis baru itu memiliki satu keunggulan umum yaitu konsumsi dayanya lebih rendah sehingga secara tidak langsung akan memperpanjang daya tahan baterai dalam sekali pengecasan. Akhir kata, dengan merogoh kocek sebesar Rp 4,5 jutaan, kamu tidak akan rugi membeli Asus X441M Pentium N5000 ini, sebab mempunyai banyak keunggulan dan fitur seperti yang telah Admin terangkan di atas.


EmoticonEmoticon