Monday, August 6, 2018

Review Lenovo IdeaPad 310S-11IAP, Notebook Murah Untuk Pelajar

Review Lenovo IdeaPad 310S-11IAP, Notebook Murah Untuk Pelajar - Pelajar saat ini tidak lagi seperti zaman dahulu yang cukup dengan buku-buku pelajaran, pulpen dan buku tulis, akan tetapi sudah jauh berbeda. Salah satu perbedaan yang Admin maksudkan adalah bahwa pelajar sekarang sudah banyak yang diwajibkan untuk menggunakan laptop atau notebook guna menunjang kelancaran proses belajar mengajar. Bahkan menurut info yang Admin terima, ada beberapa sekolah yang bahkan mewajibkan para siswanya untuk memiliki laptop atau notebook yang bisa dibawa bolak-balik antar rumah dan sekolah.

Lenovo IdeaPad 310S-11IAP
Kemajuan teknologi memang telah terbukti banyak mengubah budaya hidup manusia itu sendiri, termasuklah dalam kegiatan menuntut ilmu. Nah, kalau kamu seorang pelajar saat ini sedang membutuhkan sebuah peralatan komputasi untuk memenuhi kegiatan belajar-menagajar, kamu bisa memilih salah satu notebook merk Lenovo yang dihargai cukup murah, yakni sekitar Rp 2,6 jutaan saja. Harga tersebut sebenarnya sudah jauh turun jika dibandingkan dengan masa awal peluncurannya, di mana saat itu dibanderol dengan harga Rp 3,5 juta. Tipe notebook yang Admin maksudkan adalah Lenovo IdeaPad 310S-11IAP. Meskipun model ini sudah agak lama (tahun kemaren), tapi jangan kwatir akan diledek oleh teman-temanmu, sebab dari sisi desain cukup keren, begitu pula dengan kinerjanya yang bisa dibilang cukup tangguh.

Apabila kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang notebook Lenovo IdeaPad 310S-11IAP ini, silahkan langsung saja simak review selengkapnya berikut ini.

Desain dan Layar


Notebook Lenovo IdeaPad 310S-11IAP tampil dengan berbagai pilihan warna menarik, diantaranya hitam dan putih. Kalau kamu menyukai warna putih silahkan tinggal dicari, begitu pula dengan warna hitam dan yang lainnya. Dari segi ukuran, Lenovo IdeaPad 310S-11IAP ini lebih kurang sama dengan notebook layar sentuh HP X360 11-AB035TU yang telah Admin review sebelumnya di sini. Panjang bodi yang dimiliki tepatnya adalah 2,9 cm, lebar 20,5 cm serta ketebalan lebih kurang 2,04 cm. Mengenai bobot cukup ringan, hanya sekitar 1,3 kg saja.

Di sisi kiri dan kanan notebook terdapat banyak pilihan port dan konektor yang bisa dimanfaatkan oleh user sesuai dengan kebutuhannya. Port dan konektor itu diantarannya USB 3.0, USB 2.0, HDMI, card reader, port LAN RJ-45 dan colokan jack audio 3,5 mm. Sebagai informasi tambahan saja, tidak semua notebook saat ini ada colokan kabel LAN-nya, sehingga apabila ingin menyambungkan notebook dengan koneksi internet di rumah melalui kabel LAN pastinya tak akan bisa.
Lenovo IdeaPad 310S-11IAP dalam kondisi tertutup
Di sektor layar, Lenovo IdeaPad 310S-11IAP dibekali dengan layar jenis LED seluas 11,6 inci dengan resolusi HD 1366x768 piksel. Pada layarnya tersebut Lenovo sudah meyematkan pula anti-glare yang akan membuat tampilan layar lebih jelas serta mampu meredam pantukan cahaya dari sekitar notebook diletakkan. Mata kamu tidak akan silau meskipun membuka laptop di tempat yang terang sekalipun.

Oh ya, tombol power notebook Lenovo yang ini tidak diletakkan di bagian atas antara keyboard dan layar, tetapi ada pada bagian samping kanan. Ini tentu akan membuatnya tampil beda sekaligus bisa memberikan pengalaman baru bagi kamu sebagai pengguna, terlebih kalau sudah terbiasa memakai laptop atau notebook yang tombol powernya menyatu dengan keyboard atau berada di atas papan ketik.

Performa


Lenovo IdeaPad 310S-11IAP hanya dibekali dengan prosesor jenis Intel Celeron N3160 dan otomatis menjadikannya notebook kategori entry-level. Sama dengan notebook atau laptop buat pemula yang lain, notebook besutan Lenovo ini hanya cocok kalau dipakai untuk aktivitas komputasi ringan seperti streaming video Youtube, menonton film, mengetik dokumen, browsing dan lain-lain.
Lenovo IdeaPad 310S-11IAP
Tipe prosesor Intel Celeron N3160 merupakan jenis prosesor quad core yang berarti mempunyai 4 inti di dalamnya. Kinerjanya tentu sedikit lebih baik daripada laptop atau notebook lain yang masih menggunakan CPU Intel Celeron tipe dual core seperti N3060 atau N3350. Kalau kamu sempat mencoba mengoperasikan notebook Lenovo satu ini, kamu akan merasakan perbedaan dengan yang tipe dual core.

Di sisi kapasitas RAM tergolng pas-pasan, sebab hanya dibekali dengan RAM tipe DDR3L sebesar 2 GB saja. Akan tetapi berdasarkan referensi yang ditulis ada laman web resmi Lenovo, RAM bawaanya tersebut bisa ditingkatkan sampai dengan maksimal 8 GB. Perkiraan Admin, slot RAM Lenovo IdeaPad 310S-11IAP cuma ada satu saja dan memang 8 GB lah kapasitas maksimal RAM yang bisa ditambahkan untuk jenis DDR3L tersebut.

Untuk urusan olah garfis, Lenovo IdeaPad 310S-11IAP hanya mengandalkan GPU bawaan prosesor yakni Intel HD Graphics. GPU ini adalah tipe shared dan tentunya memiliki kinerja yang terbatas. Bagaimana kalau dipakai untuk meian game online? Jawabannya adalah relatif, karena game online itu juga banyak jenisnya, kalau gamenya cukup ringan, tentu saja akan bosa diekseskusi dengan baik.

Ringkasan Spesifikasi Lenovo IdeaPad 310S-11IAP


Harga: Mulai Dari Rp 2,6 Jutaan
Prosesor: Intel Celeron N3160
Clockspeed: 1.60 GHz, Fitur Burst sampai dengan 2.24 GHz
Jumlah Core: Quad Core
RAM: 2 GB DDR3L
HDD: 500GB SATA 5400RPM
Layar: 11.6" Resolusi HD 1366x768 Piksel
Graphics: Intel HD Graphics
Port Konektor: USB 3.0, USB 2.0, Jack 3.5mm Combo, Slot SD Card dan HDMI
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: 30 Whrs - 2 cells
Optical Drive: Tidak Ada
Webcam: Resolusi VGA
Audio: Stereo
Sistem Operasi: DOS atau tersedia juga versi OS Windows 10 dengan harga yang sedikit lebih mahal
Warna: Hitam, tersedia pilihan warna lain seperti putih.

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo IdeaPad 310S-11IAP


Kelebihan:

1. Harga Murah di kelasnya.
2. Prosesor tipe quad core.
3. Kapasitas RAM bisa ditingkatkan sampai dengan 8 GB (berdasarkan keterangan yang ditulis di situs resmi Lenovo).
4. Desain lumayan tipis dan ringan.

Kekurangan:

1. Belum ada DVD Drive.

Kesimpulan


Dari review Lenovo IdeaPad 310S-11IAP di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa notebook ini memang cocok untuk dipakai oleh pelajar. Harganya yang cukup murah, tentunya bisa dijadikan pertimbangan selanjutnya untuk tetap membeli notebook merk Lenovo satu ini, sebab rata-rata notebook dengan layar 11,6 inci masih dibanderol dengan harga Rp 3 jutaan.

Mengenai sistem operasi, yang untuk harga Rp 2,6 jutaan memang masih kosongan alias DOS dan itu berarti setelah melakukan pembelian, kamu harus memasukkan sebuah sistem operasi (misalnya Windows) ke dalam notebook, baru notebook tersebut bisa dioperasikan. Jika toko tempat kamu membeli misalnya bisa menginstal OS ke dalamnya, hal itu tentu tidak akan jadi masalah, tapi apabila toko temoat kamu membeli nantinya tidak menyediakan, maka mau tidak mau kamu harus mengisinya sendiri. Selain OS Windows, ada alternatif lain OS yang bisa kamu pasang yakni Linux. OS Linux semisal Ubuntu adalah sebuah OS gratis yang bebas untuk digunakan oleh siapa saja karena sifatnya yang open source.


EmoticonEmoticon