Friday, March 8, 2019

Bougenville, Si Bunga Kertas Yang Selalu Cantik


Cantik, cerah dan warna warni!  Bougenville memang dikenal  sebagai tanaman hias yang sangat meriah. Bunga bougenville memiliki banyak macam warna. Putih, merah, jingga, oranye, ungu adalah warna  bougenville yang paling banyak ditanam di Indonesia.  Tanaman hias ini cukup unik dan bandel. Salah satu keunikannya adalah, pada saat berbunga justru daun  hijaunya kalah jumlah dibandingkan dengan bunganya. Tanaman hias biugenville merupakan salah satu jenis tanaman yang sengaja ditanam oleh masyarakat sebagai penghias pekarangan atau area tertentu yang mereka inginkan di rumah. Berbicara tentang tanaman hias, perlu diketahui bahwa salah satu jenis tanaman yang banyak ditanam dan dibudidayakan ini memang sangat mendukung. Sifat pohonnya yang  yang tidak sulit untuk hidup dan berkembang di tanah yang kurang subur. Bougenville  di Indonesia  lebih dikenal dengan sebutan  bunga kertas. Mengapa bunga ini dinamakan dengan bunga kertas? Jawabannya karena bunga bougenville atau bunga kertas ini memiliki kemiripan dengan kertas dari segi tipis dan ringannya.



Penamaan bunga bugenville sendiri datang dari sang penemu bunga ini, yaitu Sir Louis Antoine de Bougainville. Saat ini Sir Louis Antoine de Bougainville masih bertugas sebagai salah seorang prajurit angkatan laut berkebangsaan Perancis. Selain bunga, nama bougenville juga dipakai sebagai nama pulau terbesar di Papua Nugini.



Bunga bogenvile berasal dari Amerika Selatan, yaitu mulai Brasil bagian barat menuju ke Peru serta Argentina bagian selatan. Namun, seiring dengan perkembangan waktu dan zaman, bunga bougenville atau bunga kertas ini semakin banyak tersebar di seluruh dunia.
Bunga bougenville atau bunga kertas dikenal di berbagai negara dengan nama yang berbeda-beda, sesuai dengan aksen dan bahasa negara tersebut. Misalnya saja nama Buganvilla di Spanyol, nama Bugambilia di Meksiko, Guatemala, Kuba, dan Filipina. Di Indonesia bunga bougenville ini disebut dengan bunga kertas, Napoleón di Honduras, Veranera di wilayah Kolombia, Nikaragua, El Salvador, Kosta Rika serta Panama, nama trinitaria di wilayah Kolombia, Panama, Puerto Rico, Republik Dominika & Venezuela), dan nama-nama lainnya.

Ciri-Ciri Bunga Bougenville

Bunga bougenville memiliki warna-warni yang teramat indah dan elok dipandang mata. Warna yang dimilikinya dapat beraneka ragam, seperti ungu, putih, merah, dan kuning.  Terkadang ada juga satu jenis bunga dengan variasi warna yang beragam. Keindahan bunga bougenville ini terlihat disebabkan bentuk batangnya juga mempunyai karakter tua.
Bunga bougenville atau bunga kertas jika tumbuh secara alami seperti di Indonesia, maka tingkat ketinggian tanaman ini cukup tinggi, yaitu bisa mencapai  10 meter. Batang tanaman ini berstektur agak keras, bercabang-cabang , serta mempunyai duri yang tajam. Selain itu tanaman ini juga mempunyai sulur yang rapat, daun yang lebar, serta membentuk bujur tirus yang bisa membuat rimbunan pokok di lokasi tumbuhnya. Tidak heran jika bunga ini selalu menjadi incaran beberapa pencinta tanaman hias untuk dijadikan tanaman bonsai.

Demikianlah informasi seputar tanaman hias bunga bougenville atau bunga kertas. Meskipun singkat, semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang tanaman hias. Dan semoga setelah membaca artikel ini, bagi anda yang belum pernah memiliki  Bougenville tak ada salahnya untuk mencoba menanamnya biar kenan kiri rumah anda menjadi lebih cerah!

Salam Paguntaker, Salam cocok tanam dan hijaukan kanan -kiri rumah tinggal anda!


EmoticonEmoticon