Wednesday, March 20, 2019

Mengenal Belimbing Manis Indonesia


Belimbing adalah jenis buah cukup populer dan dikenal masyarakat. Tidak susah menemukan tanaman ini karena tumbuh di berbagai daerah, baik di kota maupun di desa. Tahukah anda kalau ternyata ada banyak jenis belimbing yang ditanam pecinta tanaman buah? Secara global  ada dua jenis belimbing yang terkenal di Indonesia. Yaitu belimbing manis dan belimbing wuluh yang dibedakan dari bentuk, ukuran, rasa dan juga warnanya.



Ada baiknya kita mengetahui sekilas tentang tanaman belimbing manis (Averrhoa carambola). Siapa tahu, meski bukan sekarang kita akan menanamnya di kebun atau pekarangan rumah kita.
Belimbing / Belimbing Manis adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar bahkan hingga benua Amerika dan Eropa. 

Baca Juga: Jambu Madu Deli Hijau; Si Manis Yang Rajin Berbuah   

Di Indonesia, buah ini menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat, sejak tahun 2007.Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon belimbing memiliki cabang yang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Tidak seperi tanaman tropis lainnya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebaran pohon secara alami buah belimbing bias sangat luas, karena biji benih buah belimbing sering keli terbawa oleh kelelawar.
Bagian – bagian penting pohon belimbing.

1. Akar

Belimbing memiliki akar yang bercabang dan berbentuk kerucut panjang. Akar ini tumbuh lurus ke bawah tanah. Perakaran belimbing terdiri dari pangkal, ujung, batang, cabang, serabut, bulu, dan tudung akar.

Akar yang bisa menembus permukaan tanah hingga ke dalam ini berguna untuk menyokong tanaman dan juga menyerap zat atau unsur air yang ada di dalam tanah.

2. Batang

Tidak hanya akarnya saja yang kuat, lo, teman-teman! Batang tanaman belimbing yang berbentuk bulat ini juga kuat, kasar, dan juga berkayu. Diameter batang dapat mencapai 10 meter yang tumbuh tegak ke atas dan memiliki percabangan yang banyak. Karena memiliki cabang yang banyak, tanaman ini dikatakan sebagai tanaman teduh.


3. Daun

Belimbing memiliki daun tunggal yang berbentuk bulat oval memanjang berwarna hijau muda dan hijau tua. Daun yang memiliki permukaan datar, bertangkai pendek, memiliki pertulangan di dalam satu daunini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan.


4. Bunga

Bunga tanaman belimbing adalah majemuk (terdiri dari beberapa bagian) yang tumbuh di bagian ketiak daun atau di batang tua dengan mahkotanya yang berdekatan. Penyerbukan bunga ini dibantu dengan angina tau binatang yang ada di sekitar tanaman belimbing.

5. Buah

Buah belimbing berbentuk memanjang dan mirip dengan bintang jika dilihat dari bagian atas dan bawah buah. Buah belimbing biasanya berwarna hijau muda dan berwarna kekungingan jika sudah matang. Daging buahnya yang tebal dan lunak memiliki rasa asam dan manis.

6. Biji

Biji buah belimbing berbentuk pipih dan terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan dalam yang tipis dan lapisan luar yang keras. Biji ini juga dilapisi cairan atau serat yang ada di dalam buah belimbing dengan warna putih.

Bagaimana Paguntaker? Kelelawar saja bisa menanam belimbing lho. Sebaiknya tak usah tunggu lama – lama, mumpung masih ada lahan kosong, segera manfaatkan untuk menanam belimbing. Bahkan kalau mau, anda bisa menanamnya dalam pot.

Selamat bercocok tanam, Salam Ijo Kanan dan Kiri Rumah Kita!


EmoticonEmoticon