Monday, April 15, 2019

Tips Memilih Powerbank Agar Smartphone Awet Beratahan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa peran dari smartphone saat ini benar-benar sangat penting. Peranannya karena sudah dapat membantu di hampir semua pekerjaan, membuat kita ketergantungan dengan teknologi mungil ini. Bahkan jujur saja kita lebih rela ketinggalan dompet daripada harus ketinggalan handphone dirumah.

Hanya saja ponsel pintar ini sama seperti manusia yang memerlukan sumber daya untuk tetap bertahan hidup. Banyak pula yang mengeluhkan betapa singkatnya daya baterai handphone yang mereka miliki.

Keluhan-keluhan itu kini sudah terjawab dengan adanya teknologi tambahan yang akan membuat daya baterai lebih lama dari biasanya. Powerbank merupakan jawaban dari segala kesusahan para pengguna gadget pintar ini.


Hanya saja tak sedikit orang yang salah dalam membeli powerbank. Tak jarang pula yang mendapati powerbank dengan kualitas buruk karena ketidak pahaman kita dalam memilih powerbank.
Setidaknya ada beberapa tips yang bias digunakan sebagai referensi dalam memilih powerbank.

1. Tentukan kapasitas powerbank yang hendak dibeli

Sebelum membeli powerbank, sebaiknya anda tentukkan terlebih dahulu kapasitas powerbank yang anda butuhkan saat ini. Seperti contoh jika anda memiliki handphone dengan kapasitas baterai 1500 mah, maka anda bisa memilih powerbank dengan kapasitas baterai 4000 mah atau 5000 mah. Hal itu akan membuat daya tahan baterai ponsel anda lebih lama.


2. Garansi

Sebelum membeli powerbank, sebaiknya anda pastikan garansi yang diberikan adalah minimal satu tahun. Tentu saja garansi ini bukan berasal dari garansi konter maupun garansi personal. Garansi yang harus anda pastikan haruslah merupakan garansi resmi. Tidak sedikit orang yang menawarkan barang seperti powerbank dengan harga murah dan juga garansi satu tahun tapi hanya berbekal garansi konter. Garansi resmi tentu saja akan memudahkan kita untuk mengganti powerbank dengan yang lebih baik jika dalam pemakaian terjadi hal yang tidak sesuai dengan performa dari powerbank tersebut.

Harga boleh berbeda sedikit lebih mahal, asalkan anda menerima surat garansi resmi dari produk tersebut.

3. Sesuaikan dengan budget


Tips ketiga ini masih ada hubungannya dengan poin pertama diatas. Dengan kapasitas yang sudah kita tentukan, maka akan memudahkan kita menghitung pengeluaran untuk membeli powerbank. Anda tak perlu khawatir dengan kualitas powerbank, karena brand-brand unggulan sudah banyak yang menawarkan produknya dengan harga bersahabat. Memang bagus memilih powerbank dengan kapasitas yang jauh melebihi kapasitas baterai, tapi akan lebih bijak jika kita bisa menyesuaikan kapasitas powerbank dengan kapasitas baterai. Minimal 2 kali lebih besar dari kapasitas baterai ponsel. Bagaimana pun anda tidak akan selamanya bekerja diluar di luar ruangan.

4. Fast Charging


Powerbank yang memiliki fast charging tentu akan sangat membantu mempercepat pengisian baterai handphone. Jika anda memiliki cukup banyak budget, tidak salahnya anda memilih powerbank yang mempunyai teknologi fast charging.

5. Kelengkapan aksesoris powerbank


Powerbank yang memiliki kelengkapan aksesoris akan lebih menguntungkan untuk anda daripada dengan powerbank yang hanya memiliki aksesoris ala kadarnya. Jadi anda harus pastikan bahwa kelengkapan aksesoris seperti colokan untuk pengisian dari powerbank ke ponsel benar-benar terjamin.

6. Pelindung Powerbank


Powerbank pada dasarnya sama dengan ponsel yang rentan akan kerusakan akibat benturan-benturan yang tak disengaja kita lakukan. Pastikan bahwa anda sudah menemukan pelindung powerbank seperti sarung untuk membungkus powerbank dari dalam kemasan powerbank. Jika tidak ada, mungkin anda harus merelakan beberapa lembar uang untuk membeli sarung pelindung untuk powerbank anda.


EmoticonEmoticon