Thursday, April 18, 2019

Tips Membeli Smartphone Bekas / Second

Punya budget minim tapi merasa sudah waktunya ganti Smartphone biar lebih cerdas lagi, pusing kan? Biar hilang pusingnya cob abaca tulisan ini sampe tuntas ya. Kalau gak tuntas bacanya, saya ga jamin pusing anda akan hilang!

Pilihan membeli Smartphone bekas adalah cara yang bagus untuk menghemat uang ketika Anda bermaksud untuk meningkatkan performa smartphone lama anda ke smartphone yang lebih pintar yang mempunyai performa lebih baik. Tapi perlu digaris bawahi bahwa membeli smartphone bekasi bukan hanya tentang membeli suatu barang. Ada hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika Anda berbelanja atau membeli smartphone bekas yang akan digunakan.

1. Tahu kapan harus membeli

Waktu terbaik untuk membeli smartphone bekas merupakan tips pertama yang harus anda tahu. Hanya karena barang murah, lantas anda tertarik begitu saja ingin membeli sesegera mungkin sebelum dimiliki oleh pembeli lain yang mungkin akan mendahului anda. Padahal pertimbangan murah saja tidak cukup dalam membeli smartphone.

Penting bagi kita untuk memastikan apakah handphone yang akan ditawarkan pada kita benar-benar dari generasi saat ini atau minimal dari generasi sebelumnya. Dengan pertimbangan teknologi yang masih tidak terlalu jauh ketinggalan, maka kita akan puas dalam memiliki smartphone meskipun dari hasil membeli bekas. Jangan sampai anda menyesal karena handphone yang anda beli sudah tidak memadai untuk menginstal beberapa APK terbarukan.

2. Ketahui siapa yang menjadi penjual handphone anda

Mengetahui orang yang akan bertransaksi dengan anda sangatlah penting. Anda tidak bisa langsung percaya pada orang yang baru saja anda kenal lewat media sosial. Bisa saja orang itu tidak sepenuhnya menjual handphone bekas dengan performa bagus. Mencari tahu memang cukup sulit, apalagi jika di jaman sekarang yang semuanya bisa dimanipulasi. Tapi anda bisa menggunakan teman-teman anda dalam grup untuk bertanya-tanya tentang barang yang hendak anda beli.

Setelah anda yakin dengan penjual yang akan bertransaksi dengan anda, langkah selanjutnya adalah memastikan handphone bekas yang akan anda beli dalam keadaan baik dan sesuai dengan operator anda. Memang cara termudah untuk melakukan hal ini adalah dengan langsung membeli dari tempat handphone resmi atau setidaknya reputasinya sudah tidak diragukan lagi.

3. Cari referensi harga

Tips ini mungkin yang akan dijadikan sebagai patokan pertama saat anda sedang dalam tawar-menawar handphone. Mencari referensi harga dari setiap situs web, akan memberikan senjata tambahan dalam menilai seberapa pantaskah handphone bekas dengan harga yang ditawarkan. Hal ini juga akan meminimalisir penipuan. Performa handphone biasanya sangat berpengaruh pada harga itu sendiri. Semakin baik kualitasnya, maka akan semakin tinggi juga harga yang di tawarkan.

4. Perhatikan kondisi ponsel secara keseluruhan

Tips terakhir adalah memperhatikan kondisi ponsel secara keseluruhan. Dalam kondisi ini, mata anda harus benar-benar jeli dalam memperhatikan kondisi fisik dari ponsel yang hendak anda beli. Sedikit goresan pada layar ponsel atau bekas benturan akibat jatuh, akan mempengaruhi harga. Selain dari fisik, performa baterai dan juga kecepatan, haruslah dijadikan sebagai penilaian.

Dari beberapa tips diatas, ada satu hal yang paling penting yang harus kita sadari sedari awal bahwa ponsel yang akan kita beli bukanlah ponsel baru yang sama sekali belum di pakai oleh konsumen. Anda harus menyadari bahwa anda sedang mencari ponsel bekas yang mana, anda harus menerima kenyataan bahwa sebagus apapun ponsel bekas, tetap saja selalu ada kekurangan yang akan selalu dibawa oleh ponsel tersebut.

Tidak perlu terlalu ketat dalam menentukkan batasan, cukup catat saja apa yang benar-benar kita butuhkan dari ponsel bekas tersebut. Misal anda membeli ponsel bekas hanya akan digunakan untuk bermain game, atau hanya akan digunakan khusus sosial media. Jadi tentukanlah sekarang apa yang sebenarnya kita butuhkan dari handphone bekas.


EmoticonEmoticon