Wednesday, May 1, 2019

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1440 H / 2019 M, Kota Tarakan Kaltara


Berpuasa adalah kewajiban bagi kita, semua umat Islam. Dan tak terasa, sebentar lagi kita akan menyambut datangnya Ramadhan. Sudah siapkah anda? Atau masih ada diantara kita yang merasa belum siap dan tidak ingin menjalankan ibadah wajib ini? Sayang sekali jika anda melewatkan puasa pada Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba ini. Karena bulan Ramadan memiliki banyak keistimewaan yang tidak akan anda jumpai pada bulan – bulan lain. Bulan Ramadan ini punya banyak kelebihan dibanding bulan-bulan lain. Setelah mengetahui  keistimewaan bulan Ramadhan, semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa pun akan lebih semangat.

Beberapa hari yang lalu, seorang teman memberikan Jadwal Imsakiyah yang telah difoto copy pada saya. Sambil menyerahkan lembaran tersebut, dia minta maaf, karena Jadwal Imsakiyah yang diberikan tidak dalam bentuk cetakan berwarna seperti tahun kemaren. Sambil tersenyum saya mengucapkan terima kasih.

Tiba - tiba teringat masa kecilku ketika masih di kampung halaman. 
Beberapa tahun tahun lalu, ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar, jangankan Jadwal Imsakiyah. Jam dinding penunjuk waktupun belum ada. Ya Allah, kondisi ini hampir sama di semua rumah di kampung  saya tinggal. Jadi, untuk menandai buka puasa, Kakek saya dan orang – orang tua lainnya, menunggu senja dan keluarnya kelelawar. Kami, anak – anak kecil tak akan berani coba – coba buka puasa sebelum Kakek memberitahu bahwa sudah ada kelelawar yang keluar. 

Dan sebagai penunjuk mulainya makan sahur dan batas akhir Sahur adalah bunyi kokok ayam Jantan. Seingat saya Ayam jantan waktu saya kecil dulu selalu disiplin berkokok dua kali dalam semalam. Ayam kampung, dan kelewar ternyata pernah menjadi binatang yang berjasa menggantikan Jadwal Imsakiyah yang sekarang rutin dikeluarkan oleh Kantor Kementrian Agama dan dibagikan pada masyarakat.




EmoticonEmoticon