Monday, May 13, 2019

Sinyal Ponsel Lemah? Ini Tips Mengatasinya!

Info Paguntaka - Pernah merasa jengkel saat kita sedang asyik bertelpon ria, tiba - tiba pembicaraan terputus, karena sinyal hilang. Atau malah sering kali mengalaminya?! Bagi para pengguna handphone salah satu masalah yang sering dihadapi adalah lemahnya sinyal hingga hilang sinyal. Terkadang sinyal ponsel biasanya akan melemah bila kita mulai  memasuki wilayah atau daerah-daerah pelosok yang jauh dari kota. Tidak semua wilayah/ daerah di Indonesia telah terjangkau sinyal seluler, selain pada wilayah/ daerah pelosok terkadang saat kita sedang berada di dalam kota pun bisa mengalami hal yang serupa. Misalnya saat di dalam gedung atau ruangan biasanya kekuatan sinyal seluler pada ponsel mulai melemah, malah tak jarang sinyal itu hilang muncul hilang muncul alias tidak stabil. Apabila terjadi masalah semacam itu jangankan untuk bermain internet dan game online, untuk komunikasi seperti telepon dan sms-an pun bisa terkendala olehnya. Tidak stabilnya sinyal yang seperti itu sering membuat kita menjadi jengkel dan pusing sendiri. 


Ponsel Hilang Sinyal

Artikel kali ini kita akan bahas tips untuk memperkuat sinyal pada ponsel. Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperkuat sinyal ponsel, cara ini lumayan berhasil untuk meningkatkan sekitar 1 hingga 2  bar sinyal pada ponsel. Dengan cara kita memperkuat sinyal seluler pada ponsel, kita dapat terhubung kembali ke jaringan dan kita bisa melakukan komunikasi dan bahkan bisa juga internetan.
Berikut tips menguatkan sinyal seluler pada ponsel, ikuti langkah-langkanya dan simak baik-baik ya?!

1. Pastikan Baterai  Ponsel Selalu Terisi
Terkadang kita pernah mengalami dimana saat kita menerima pesan yang terlambat, padahal saat itu sinyal ponsel sedang dalam keada bagus atau stabil. Hal ini bisa saja terjadi karena dampak dari baterai ponsel yang mulai habis atau lowbatt dan kita mengaktifkan mode hemat daya baterai pada ponsel. Inilah yang dapat menyebabkan ponsel kita terlambat saat menerima pesan. Sebaiknya kita men-charge baterai ponsel saat mulai berkurang lebih dari setengah persen, jangan sampai menunggu baterai berwarna merah dulu baru di charge.

2. Memanfaatkan Jaringan Wifi
Apabila ponsel yang kita miliki telah didukung Unlicensed Mobile Access (UMA), kita dapat memanfaatkan dan menggunakan jaringan WiFi saat berada di wilayah/ daerah yang sangat sulit dari jangkauan sinyal. Dengan cara seperti itu kita tetap bisa melakukan komunikasi seperti telepon, SMS, dan bahkan bisa terhubung ke internet.

3. Jangan Dekat Perangkat Elektronik Lainnya
Salah satu penyebab sinyal ponsel kita buruk dan menjadi tidak stabil yaitu bisa terjadi karena ponsel yang sedang kita gunakan terlalu dekatan jaraknya dengan perangkat elektronik lainnya. Misalnya kita sedang memakai ponsel dan berdekatan dengan televisi atau radio. Maka dari itu sinyal pada ponsel terhalang dan kita harus menjauhkan ponsel tersebut dari perangkat elektronik yang lain.

4. Mengatur Jaringan
Penyebab lemah hingga hilangnya sinyal pada ponsel juga bisa dikarenakan setting (pengaturan) jaringan seluler yang terdapat di ponsel tidak tepat, mungkin bisa terjadi karena APN yang belum tercantum, atau mungkin bisa juga karena tipe jaringan tidak tepat. Jika memang seperti itu, kita dapat melakukan pengecekan pada pengaturan ponsel, cara ini mudah untuk dilakukan, begini langkah-langkahnya:

Pertama kita menuju ke menu Setting (Pengaturan), lalu kebagian SIM Cards & Mobile Networks , selanjutnya kita pilih nama provider telekomunikasi yang akan kita gunakan.

5. Refresh Koneksi Dengan Mode Air Plane
Semua ponsel kekenian saat ini tentuya sudah dilengkapi dengan mode air plane. Dengan fitur mode air plane kita dapat memanfaatkannya guna me-refresh koneksi jaringan seluler pada ponsel. Caranya sangat amat mudah yaitu kita cukup aktifkan  mode airplane pada ponsel. Setelah itu kita nonaktifkan kembali mode air plane itu, cara ini memiliki fungsi guna me-refresh koneksi pada ponsel dan mencari pemancar atau sumber sinyal yang lebih dekat.
Demikianlah beberapa tips untuk menguatkan sinyal yang lemah pada ponsel. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu mengatasi masalah sinyal ponsel yang tidak stabil. Sekian dan terimakasih.

Kata Bijak Info Paguntaka Hari Ini

“Saya katakan bahwa cita-cita kita dengan keadilan sosial adalah satu masyarakat yang adil dan makmur dengan menggunakan alat-alat industri, alat-alat teknologi yang sangat moderen. Asal tidak dikuasai oleh sistem kapitalisme.”

-Ir. Soekarno, Presiden pertama Indonesia 1901-1970-


EmoticonEmoticon