Wednesday, November 27, 2019

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Android Rusak

Info Paguntaka - Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Android Rusak Mungkin banyak diantara kita yang sering mengalami tiba-tiba tombol home atau tombol back tidak berfungsi, walaupun sudah di restart tetap tidak bisa digunakan. Permasalahan ini tentunya menyebabkan kita tidak bisa kembali ke desktop awal, padahal kita ingin membuka aplikasi yang lain.

Ada beberapa penyebab mengapa tidak berfungsinya tombol home dan back ini terjadi, beberapa diantaranya adalah, ponsel telah dirooting, seringnya tombol digunakan, pemasangan aplikasi yang tidak sesuai, dan beberapa penyebab lain.

Disini kita akan melakukan beberapa cara agar tombol home dan back bisa kembali normal. Cara-cara dibawah ini mungkin bisa diterapkan untuk memperbaiki kerusakan mengenai tombol home dan back Android yang mati.

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Android Rusak


1. Hapus aplikasi yang baru saja diinstal di ponsel

Beberapa permasalahn yang muncul adalah karena kita terkadang memakai atau mengistall aplikasi, dimana aplikasi tersebut membuat tombol home dan back tidak berfungsi karena crash antara aplikasi yang digunakan dengan layar ponsel yang tidak cocok.

2. Melakukan install ROM ulang

Penggunaan root ponsel memang bisa menjadikan kita bisa mengakses semua file system yang berada dalam ponsel, tapi parahnya apabila kita masuk ke system ponsel dan tidak sengaja menghapus file yang ada di system membuat fungsi tombol home dan back mati. Penggunaan root juga terkadang disertai instalasi custom ROM yang tidak sesuai dengan type ponsel yang membuat dua tombol tersebut langsung mati.

3. Reset factory

Melakukan factory reset merupakan jalan yang bisa dilakukan agar ponsel kembali seperti semula, apabila memakai cara factory reset ini tidak juga mengatasi masalah, maka kita lakukan langkah berikutnya

4. Menggunakan aplikasi bernama assistive touch  untuk android

Menggunakan aplikasi ini membuat kita bisa melakukan navigasi secara virtual, dan juga kita bisa mengatur tombol yang kita inginkan

5. Menggunakan aplikasi pengganti tombol fisik home

Aplikasi virtual yang digunakan untuk mengganti tombol fisik ini sudah banyak tersedia di google playstore karena memang kesalahan atau kerusakan ini memang sering terjadi. Dengan aplikasi ini tombol fisik yang ada kan terganti dengan tombol virtual yang muncul dilayar.

Itulah beberapa cara untuk bisa mengatasi masalah kerusakan tombol home dan back yang tidak berfungsi.

Penyebab Tombol Home dan Back Android Tidak Berfungsi


Kerusakan yang terjadi bisa dikarenakan beberapa sebab. Diantaranya sebagai berikut

1. Menekan terlalu sering atau terlalu keras

Kebiasaan seseorang biasanya apabila tombol yang ditekan tidak berfungsi maka akan dipaksa dengan jalan ditekan dengan keras dan keseringan dalam menggunakan tombol home sehingga sensitifitas ponsel menurun.

2. Karena ponsel basah

Apabila diatas layar kita ada kotoran atau air tombol home atau back kadang tiba-tiba tidak berfungsi, coba bersihkan terlebih dahulu permukaan layar dengan kain, sehingga kotoran atau air bisa bersih kembali.

3. Terjatuh

Kejadian yang satu ini sering terjadi, biasanya karena ditaruh di saku pakaian dan saat kita membungkuk ponsel yang ada disaku terjatuh yang menyebabkan tombol tidak berfungsi.

4. Melakukan kalibrasi secara rutin

Biasakan ponsel melakukan kalibrasi navigasi agar sensitifitas ponsel tetap pada performa yang prima, dan mengurangi kejadian tombol tidak berfungsi.

Dengan cara-cara diatas mungkin bisa kita lakukan tanpa kita harus ke tempat service terlebih dahulu, semoga cara diatas dapat bermanfaat.


EmoticonEmoticon