Tuesday, November 26, 2019

Cara Mengecek Tagihan Listrik Pascabayar PLN di HP Android

Info Paguntaka - Cara Mengecek Tagihan Listrik Pascabayar PLN di HP Android Handphone Android tentunya memiliki berbagai macam fitur dan juga kegunaan yang dapat mempermudah kita dalam menyelesaikan berbagai macam kebutuhan. Untuk saat ini yang mana perkembangan tekhnologi sangatlah maju handphone Android pun dapat kita gunakan untuk melihat tagihan listrik PLN rumah kita, sehingga kita tidak perlu lagi remot – repot datang langsung kekantor PLN. Bagi anda yang ingin memanfaatkan fitur ini kami akan memberikan informasi mengenai cara mengecek tagihan listrik pascabayar PLN di HP Android.

Perbedaan PLN Pascabayar dan PLN Prabayar

Tentu saja kita harus tahu dulu apa itu perbebedaan PLN Pascabayar maupun PLN Prabayar agar nantinya kita tidak salah memilih ketika hendak melakukan pemasangan maupun pembayaran PLN.

1.PLN Pascabayar

Pada jenis ini pengguna akan dengan bebas menggunakan listrik, tanpa perlu khawatir dengan kuota ataupun pulsa listrik yang tersedia. PLN Pascabayar ini sangat cocok bagi anda yang memiliki banyak peralatan elektronik dirumah, maupun untuk penggunaan tempat usaha yang memerlukan jumlah listrik yang tak terbatas.

Namun dalam pemakaiannya anda juga harus memperhatikan biaya yang akan dikenakan pada akhir bulan, karena tidak memiliki batasan anda bisa sesuka hati menggunakan listrik, sehingga menyebabkan tagihan listrik anda membengkak. Selain itu anda juga harus tepat waktu dalam membayar tagihan, karena PLN Pascabayar akan memberikan denda keterlambatan bahkan pemutusan aliran listrik anda.

2.PLN Prabayar

Jenis yang kedua ini saat ini sangat umum kita jumpai pada meteran listrik jenis baru, yang mana pengguna akan diharuskan mengisikan sejumlah pulsa agar mendapatkan mendapatkan aliran listrik dari PLN. Pulsa ini sendiri kegunaanya sebagai pembatas ataupun kuota listrik yang dapat anda gunakan. Sudah banyak penyedia yang menjual pulsa listrik ini, baik itu toko offline maupun toko online, anda juga dapat membelinya melalui ATM yang anda miliki.

Untuk pemakaiannya sendiri anda harus memperhatikan jumlah pulsa yang anda miliki, karena sewaktu – waktu pulsa yang anda miliki dapat habis tanpa anda sadari terlebih dahulu, tentu saja hal ini sangat merugikan anda. Selain itu, dari berbagai sumber banyak orang yang mengeluhkan meteran jenis ini yang lebih mudah mengalami kerusakan, baik itu error ketika hendak mengisikan pulsa maupun kerusakan berat lainnya.

Cara Mengecek Tagihan Listrik Pascabayar PLN di HP Android

Anda dapat menggunakan aplikasi PLN Mobile yang sudah disediakan oleh pihak resmi PLN sendiri, sehingga memudahkan anda melihat tagihan listrik.

  • Instal aplikasi PLN Mobile melalui situs resmi PLN maupun Google Play Store.
  • Buka aplikasi ini dan kemudian pilih pada menu pembayaran, kemudian pilih informasi tagihan dan token listrik.
  • Masukan kode pelanggan atau ID pelanggan yang anda miliki.
  • Anda akan diberikan sejumlah informasi mengenai jumlah tagihan listrik yang harus anda bayarkan untuk bulan ini.
  • Untuk melakukan pembayaran tagihan ini anda bisa langsung membayarnya melalui kantor PLN maupun melalui berbagai gerai yang sudah ditunjuk resmi oleh PLN, selain itu anda juga bisa membayar tagihan melalu transfer ATM, sehingga anda tidak perlu lagi mengantri untuk membayar lewat kantor PLN.

Segala macam urusan dapat kita selesaikan hanya menggunakan handphone Android, tidak terkecuali melihat tagihan listrik PLN  Pacabayar kita. Sehingga kita dapat memantau penggunaan dan juga jumlah tagihan listrik yang telah kita gunakan dengan sangat mudah.


EmoticonEmoticon