Friday, November 15, 2019

Perbedaan Antara Jaringan 4G Lte dan 5G

INFO PAGUNTAKA - Perbedaan Antara Jaringan 4G Lte dan 5G Sudah menjadi rahasia umum kalo jaringan 5G memiliki kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan jaringan 4G LTE. Tetapi kecepatan pada jaringan 4G LTE juga tidak bisa dianggap remeh, pasalnya jaringan 4G LTE saat ini memiliki kecepatan yang stabil. Lalu apa perbedaan antara jaringan 4G LTE dan 5G, apakah hanya kecepatannya yang berbeda..?

Perbedaan jaringan 4G LTE dan 5G dilihat dari teknologi yang digunakan


Jaringan 5G dibuat bukan untuk menggantikan jaringan 4G.Bahkan 4G LTE telah dikembangkan menjadi teknologi baru seperti 4G LTE-A (Long-Term Evolution Advance) dengan kecepatan mencapai 1 Gbps atau sama dengan jaringan ujung bawah milik 5G. Ada juga jaringan yang lebih cepat yaitu 4G LTE-Advance Pro. Sekarang saatnya untuk mengetahui sebenarnya apa yang membedakan teknologi jaringan 4G LTE dan 5G.

Memiliki spektrum yang berbeda

Jika pada jaringan 4G menggunakan sinyal LTE. Berbeda dengan jaringan 5G yang memiliki banyak spektrum dengan menggunakan kemajuan teknologi sinyal radio.

Memiliki kecepatan mengunduh dan mengunggah yang berbeda

Pada jaringan 5G memiliki kecepatan untuk mengunduh dan mengunggah mencapai 1 sampai 10 Gbps. Hal itu berbeda dengan jaringan 4G yang hanya memiliki kecepatan unttuk mengunduh sebesar 27.9 Mbps dan kecepatan untuk mengunggah sebesar 17.7 Mbps.

Baca juga : 5 Smartphone Xiaomi Paling Inovatif dan Memiliki Jaringan 5G

Bandwidth yang besar

Jika kalian berada dipusat keramaian seperti area konser atapun stadion jaringan 5G kalian tidak terganggu. Karena jaringan 5G menggunakan bandwidth dengan frekuensi tinggi, dengan bandwidth yang besar hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Berbeda dengan jaringan 4G LTE yang akan terganggu jika berada di pusat keramaian.

Perlu banyak antena

Pada jaringan 4G LTE 12 antena umumnya ada di setiap BTS untuk keperluan menerima dan mengirim data. Hal itu berbeda dengan jaringan 5G yang membutuhkan hingga 100 antena. Tentu itu bukan jumlah antena yang sedikit.

Jarak masing-masing BTS

Jaringan 4G jarak setiap BTS yang dibangun kurang lebih 1 mil antara BTS yang satu dengan yang lain. Jika pada jaringan 5G kita perlu membutuhkan sel kecil yang berjumlah banyak dengan letak yang lebih dekat satu sama lain.

Bahkan untuk membangun BTS jaringan 5G perlu ditempatkan diatas lampu jalan atau beberapa ratus kaki disekitar area perkantoran. Tentu untuk membangun BTS saja, menjadi tantangan tersendiri serta memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Dilihat dari perbedaan diatas antara jaringan 4G dan 5G yang terlihat signifikan adalah perbedaan kecepatan masing-masing jaringan. Namun untuk penggunaan dimasa sekarang nampaknya jaringan 4G LTE, 4G LTE-A dan 4G LTE-A Pro sudah cukup untuk memnuhi kebutuhan pengguna. Tapi apakah dimasa depan kita memerlukan jaringan yang lebih cepat dari jaringan 4G LTE?

Sekarang ini banyak operator seluler yang berlomba-lomba untuk mempersiapkan jaringan 5G. Ada yang sudah mengeluarkan teknologi jaringan 4.5 G yang dikabarkan memiliki kecepatan lebih tinggi dari jaringan 4G namun masih lebih lambat jika dibandingkan dengan jaringan 5G.

Perlu diketahui bahwa sebelum adanya teknologi jaringan 4G LTE, sebelumnya ada teknologi jaringan 2G dan juga teknologi jaringan 3G. Hal tersebut menggambarkan bahwa perkembangan teknologi terutama dalam hal jaringan berkembang sangan cepat.

Jaringan 4G LTE diharapkan akan menutupi kekurangan yang ada pada jaringan 2G dan jaringan 3G. Begitupun sebaliknya jaringan 5G diharapkan bisa melengkapi kekurangan yang selama ini ada pada jaringan 4G LTE.


EmoticonEmoticon