Monday, December 2, 2019

Cara Mengubah File Excel Menjadi PDF

Info Paguntaka - Cara Mengubah File Excel Menjadi PDF Excel atau Microsoft excel, merupakan aplikasi dari Microsoft office yang mengkhususkan dalam hal pengolahan hitungan. Dimana kita bisa melakukan perhitungan matematika dengan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang masih sering digunakan semua orang, mulai dari rumus matematika dasar sampai rumus matematika yang rumit sekalipun, orang akan selalu menggunakan Microsoft excel untuk membantu perhitungannya.

PDF atau portable document format merupakan file extensi yang digunakan untuk menyederhanakan berkas agar berkas bisa dilihat walaupun tidak mempunyai aplikasi untuk membukanya. Misalkan kita bisa mengubah file Microsoft word menjadi pdf, sehingga walaupun kita tidak mempunyai microssoft word kita bisa membukanya dengan extensi PDF.

Seiring dengan kebutuhan dari berkas yang dibutuhkan, tentu saja file dengan extensi PDF sering digunakan karena biasanya file yang bersumber dari aplikasi berukuran besar, sedangkan apabila kita menggunakan PDF file berukuran besar tersebut bisa kita kurangi sehingga mudah untuk di kirim.

Cara Mengubah File Excel Menjadi PDF

Cara Mengubah File Excel Menjadi PDF

Lalu bagaimana cara kita membuat file PDF dari Microsoft excel? Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi excel di PC atau laptop kita
  2. Perbedaan mengubah file excel menjadi PDF adalah dari penggunaan aplikasi Microsoft excel yang digunakan, apabila menggunakan excel dengan versi dibawah 2010 maka kita ke menu file, kemudian klik export, disitu akan tersedia pilihan berbagai bentuk convert yang disediakan, pilih PDF da nisi nama filenya, setelah itu klik OK maka file PDF sudah jadi
  3. Berbeda lagi apabila kita menggunakan Microsoft excel versi 2010 keatas, dimana kita hanya perlu ke menu dan pilih “save as”, kemudian jendela baru muncul, masukan nama file, lalu dibawahnya ada type file yang bisa kita pilih untuk bentuk extensi akhir dari file excel, kita klik pilih PDF. Dan file excel tadi sudah berubah menjadi file berbentuk PDF

Catatan penting, untuk perubahan dari file excel, word, bahkan corel draw apabila file sudah dirubah ke PDF maka tidak bisa dikembalikan ke bentuk file aslinya. Maka apabila kita ingin mengubah file tersebut menjadi PDF harus sudah dalam tahap akhir agar tidak terjadi kesalahan.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan apabila kita ingin mengubah file excel menjadi PDF lewat aplikasi Microsoft excel.

Cara Mengubah File Excel Menjadi PDF Secara Online

Cara Mengubah File Excel Menjadi PDF Secara Online

Selanjutnya mengubah file excel menjadi PDF secara online, apabila tidak ingin ribet saat mengubah file dan kita sedang dalam keadaan deadline pengiriman berkas, kita bisa memilih menggunakan cara online untuk mengubah file excel yang sudah kita punyai menjadi PDF. Saat sekarang ini dimana semuanya serba online dan praktis membuat hidup jadi serba mudah. Untuk langkahnya sebagai berikut :
  1. Buka browser kita dan menuju ke pencarian google cari dengan kata kunci excel to pdf. Akan banyak sekali situs yang menyediakan layanan mengubah file ini.
  2. Setelah memilih situs. Di berandanya akan ada pilihan untuk mengunggah file excel kita dan beberapa file convert bisa dari excel ke PDF, atau excel ke JPEG.
  3. Setelah itu unggah atau drag file yang akan kita rubah ke kolom yang disediakan
  4. Setelah file terupload maka otomatis situs akan langsung merubah file tersebut menjadi file PDF. Tenang saja file asli akan tetap aman.
  5. Setelah terconvert kita unduh hasil convert tadi
  6. Hasil unduhan adalah file yang berbentuk PDF dari file excel kita

Itulah beberapa cara untuk bisa merubah file excel kita menjadi file PDF.


EmoticonEmoticon